Medsos Cara Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Mudah

Media Sosial atau Medsos Cara Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Mudah – Beberapa waktu belakangan, ada banyak entrepreneur muda yang bermunculan. Banyaknya acara seperti seminar wirausaha, berita, dan buku bacaan yang mengupas tuntas kesuksesan yang diraih dengan wirausaha membuat banyak anak muda terjun ke dalam bisnis. Fenomena seperti ini tentu membuat banyak orang berpikir bahwa mereka hanya sekedar ikut-ikutan. Benar memang, untuk menjadi pebisnis, seseorang harus memiliki strategi, bukan hanya ikut-ikutan saja tanpa bermodalkan perencanaan yang matang. Dengan memiliki perencanaan yang matang yang dilakukan secara konsisten, cara meningkatkan omset penjualan anda akan terus bertumbuh.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dengan Terjun Di Bisnis Online

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Sangat disayangkan bahwa masih banyak pelaku usaha yang tidak menyadari akan pentingnya hal tersebut. Akibat tidak adanya perencanaan yang matang, sebagian mereka hanya mampu terjun saja tanpa memegang inovasi, kreativitas dan strategi lain. Alhasil, mereka hanya menerima omset yang minim, bahkan tidak jarang ada yang terpaksa menutup usahanya.

Baca juga : Usaha Fotocopy Cara Mendapatkan Uang Yang Terus Menjanjikan

Pakar Marketing Ednovate Indonesia, Hermas Puspito memberikan beberapa pemahaman mengenai cara untuk menjalankan usaha :

  • Seseorang yang telah terjun ke dalam dunia bisnis harus mampu mengembangkan bisnisnya dengan mempelajari berbagai strategi. Ada banyak pemula yang bersemangat hanya di awal saja, setelahnya bisnis berjalan tanpa ada perencanaan dan pengawasan. Sekalipun ada, pelaksanannya tidak konstan dan continue.
  • Seorang pelaku usaha tidak boleh hanya menggunakan manajemen berdasarkan rasa, tapi juga harus berdasarkan logika, yaitu mencapai target. Anda harus menguasai strategi tersebut jika tidak ingin tertinggal jauh dibelakang.
  • Seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakan semuanya seorang diri, karena itu ia membutuhkan tim yang mampu diajak bekerja sama. Semakin banyak yang anda kerjakan sendiri, semakin berkurang fokus yang anda miliki.
  • Setelah membentuk tim, seorang pelaku usaha harus meningkatkan omset secara bertahap. Tentukan target yang ingin dicapai dan lakukanlah strategi promosi dengan disiplin dan konsisten, maka target anda akan terwujud.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat sebuah bisnis dapat dijalankan di dunia maya. Menurut Hermas, berpromosi dan berjualan online menjadi satu cara meningkatkan omset penjualan yang paling efektif. Dengan dana yang minim, hasil yang didapatkan bisa sangat besar. Saat ini, masyarakat lebih cenderung mengakses internet dibanding media elektronik lain seperti televisi dan radio. Terlebih dengan keberadaan smartphone saat ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan internet dapat diakses dengan mudah.

Baca juga : Usaha Rumahan Sederhana Tapi Sangat Menguntungkan

Salah satu cara meningkatkan omset penjualan buat pelaku usaha dapat memanfaatkan peran media sosial untuk menarik konsumen. Pada dasarnya, pemasaran yang dilakukan di dunia maya dengan dunia nyata hampir sama saja. Jika di dunia nyata meningkatkan omset anda lewat menyampaikan pesan berantai dengan mulut, maka di dunia maya anda dapat menyampaikan pesan berantai tersebut dengan click share. Hanya bedanya, dunia maya tidak membatasi jarak dan waktu, karena itu pasar di dunia maya jauh lebih luas. Anda bisa menemukan banyak konsumen di dunia maya bahkan dari luar negeri sekalipun. Tentu hal ini sangat berdampak baik bagi omset perusahaan anda yang terus mengalami peningkatan.

Hermas menyebutkan tiga media sosial efektif yang dapat digunakan, diantaranya Twitter, Facebook, dan BBM. Pada dasarnya, hampir semua pelaku usaha memahami manfaat ketiganya, namun sayang hanya segelintir yang mau memaksimalkannya sebagai cara meningkatkan omset penjualan mereka.

  1. Promosi dengan Twitter akan jauh lebih efektif bila follower yang anda miliki berjumlah banyak. Buatlah konten menarik, tips and trick bermanfaat, dan bangunlah relasi. Jangan mengisi timeline anda hanya dengan produk yang anda jual saja.
  2. Gunakan Fanspage untuk berjualan dengan Facebook. Anda harus konsisten dan rutin dalam meng-update status, baik itu tentang produk anda maupun informasi lain yang bermanfaat.
  3. Gunakan BBM untuk menambah jumlah basis data. Dengan begitu, penjualan di masa datang dapat dengan mudah diperbesar.

Dibanding dulu, sistem pemasaran sekarang jauh lebih mudah dengan adanya media sosial. Karena itu, sudah seharusnya omset setiap pengusaha harus terus meningkat. Pembeli bisa datang dari mana saja dan kapan saja, asalkan kita mau memaksimalkan fungsi media sosial. Seperti mendatang penjualan yang banyak lewat Youtube dengan memaksimalkan Video Promosi Iklan sebagai cara meningkatkan omset penjualan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: