Tips Usaha Kuliner Unik Kekinian Biar Lebih Sukses Dari Kompetitor

Usaha kuliner unik kekinian bisnis yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Karena melihat dari segi ekonomi yang menjalankan bisnis ini, tidak sedikit yang merasakan kesuksesan dalam menjalaninya walau pertamanya menggunakan modal yang bisa di katakan pas pasan.

Usaha kuliner unik kekinian

Bisnis seperti ini memang mudah untuk di jalankan, tidak harus Anda yang memiliki keahlian khusus dalam memasak atau menciptakan kuliner unik sebab anda bisa terlebuh dahulu bekerja sama dengan saudara atau siapa saja yang punya keahlian tersebut. Namun yang harus dipahami, membangun usaha seperti ini juga tidak selalu mulus dan lancar hanya dalam satu malam.

Selalu dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak singkat, begitu juga dengan usaha lainnya.

Usaha yang satu ini bisa sukses kalau Anda memahami hal-hal yang penting dan tidak mengabaikannya, karena menyangkut makanan yang akan dikonsumsi pelanggang, dan ini perlu supaya setiap pelanggang yang berkunjung, tidak berhenti untuk kembali berkunjung dan mengunjungi kuliner yang anda pasarkan.

Nah, jadi buat pelaku bisnis terutama kuliner, hal seperti ini yang sangat perlu di terapkan. Silahkan simak dan langsung terapkan ke kuliner anda.

Tips Usaha Kuliner Unik Kekinian Biar Sukses Dari Kompetitor




➡ Rasa Sangat Berhubungan Dengan Kuliner

Makanan yang rasanya sedap dan enak pastinya selalu dicari setiap orang.

Nah, tips pertama ini yaitu dengan memahami bagaimana cara membuat makanan supaya memiliki cita rasa yang unik lain dari lainnya, ini akan membuat makanan anda terus diburu.

Misalnya, Kuliner yang anda jalani saat ini seperti makanan yang memang membutuhkan sambal supaya rasanya menjadi enak, Buatlah sambal tumis yang unik, pedas, yang lain dari lainnya.

Jangan menyediakan sambal yang di mana sudah banyak di sediakan di tempat-tempat yang menjual kuliner di sekitar Anda.

Saya yakin, dengan resep sambal tumis yang unik, pedas, yang anda ciptakan, kuliner yang Anda pasarkan pasti laris dan pengunjung kuliner akan selalu datang karena resep sambal tumis, unik, pedas yang sudah anda buat.

Makanan yang anda pasarkan bisa saja sama dengan yang ada disekitar anda, tapi bumbu rahasia seperti sambal yang anda buat pastinya akan berbeda.

Selalu perhatikan kalau 1 sampai 2 hari sambal yang Anda buat kurang di minati, maka buatlah lagi resep sambal unik entah di tumis atau di apakan. Begitu seterusnya sampai Anda benar-benar menemukan resep sambal yang benar-benar banyak peminatnya.

Kalau perlu lakukan voting atau tanya setiap pelanggang soal apa kekurangan dari kuliner atau sambal anda.

Namun Anda juga harus mengetahui, Walaupun kuliner anda terus banyak peminatnya, jangan pernah sekali pun mengurangi cita rasa dari kuliner yang Anda pasarkan.

Karena tidak sedikit para pengusaha kuliner kalau sudah terlihat memiliki kemajuan, Mereka malah mengurangi kualitas cita rasa pada kuliner yang di pasarkan. Bahkan ini terjadi bukan hanya di dalam bisnis dan usaha seperti ini.

➡ Rapi Dan Bersih

Kerapian dan kebersihan dalam menyajikan suatu makanan merupakan salah satu yang paling harus di terapkan dalam bisnis ini.

Jangan memperdulikan dimana lokasi saat ini sedang berjualan, Namun lebih memperdulikan serta memperhatikan kalau kuliner yang di pasarkan benar-benar higienis dan lokasinya bersih.

Ini supaya pelanggang yang konsumsi kuliner yang di pasarkan tidak hanya menjadikan perut kenyang atau merasa puas, tetapi juga sehat dikonsumsi.

Memberikan pelayanan seperti menggunakan pakaian rapi dan bersih juga makanan yang higienis akan membuat pelanggan berpikir kalau mereka itu sudah berada di tempat yang tepat dan sehat.

Terus tingkatkan pelayanan dengan melayani pelanggan seperti :

  1. Berpakaian rapi dan bersih
  2. Lokasi harus bersih dan juga bebas bau
  3. Ramah, sopan dan santun tidak cemberut
  4. Selalu dalam keadaan sehat dalam melayani
  5. Jaga emosi kalau ada permintaan atau komplain
  6. Sedikit humor juga tidak apa-apa

Nah, layanan seperti itu akan membuat banyak pelanggan berkunjung hingga berkali-kali.

➡ Andalkan Kreatifitas

Selalu berkreasi dengan membuat kuliner – kuliner baru yang unik dan memiliki cita rasa yang unik pula.

Ini juga sangat penting, karena akan membuat kuliner Anda semakin hari semakin memiliki banyak variasi.

Berbeda dari tetangga sebelah, Tidak berpatokan dengan kuliner yang itu-itu saja.

Dan Anda harus mengedepankan kuliner unik apa saja yang paling laris dan membatasi membuat kuliner yang tidak terlalu laris.

Usaha seperti ini juga bisa di ibaratkan seperti laboratorium yang mana Anda sendiri adalah pihak yang melakukan suatu percobaan.

➡ Lokasi Bukan Patokan

Tidak melulu lokasi sebagai penentu suksesnya bisnis kuliner yang sedang di jalani.

Dan tidak sedikit para pelaku yang berbisnis di bidang kuliner sukses mendapatkan uang yang banyak padahal lokasinya bukan di pinggir jalan tapi dapat serbuan dari para pengunjung.

Jadi, jangan berpikir kalau kuliner yang di pasarkan kurang di minati akibat lokasi tidak strategis, Perhatikan dan cobalah menerapkan hal-hal di atas terlebih dahulu.

➡ Modal Besar Bukan Halangan

Nah, di atas kan sudah di terangkan kalau tidak sedikit orang sukses di bidang kuliner hanya dengan modal yang pas-pasan.

Jadi, modal yang besar bukan halangan buat menjalaninya asal niat sudah ada, Anda bisa kok mencoba mengawalinya terlebih dahulu dari rumah. Usaha kecil-kecilan seperti kuliner yang bisa di jalani walaupun hanya di rumah seperti :

  • Siomay
  • Mie rebus
  • Jualan Ikan Bakar
  • Gorengan
  • Roti Bakar
  • Bubur Ayam
  • Jualan Es Buah

Atau bisa juga dengan menerima jasa catering kecil-kecilan buat tetangga atau teman dekat yang tidak memiliki waktu buat memasak.

Nah, asalkan anda selalu mengandalkan kreatifitas, bukan tidak mungkin kuliner yang Anda pasarkan akan terkenal luas dari mulut ke mulut.

➡ Sabar Dalam Menjalani

Jangan sekali-kali memiliki pikiran kalau pada awal memasarkan kuliner Anda, bisa langsung mendapatkan keuntungan yang lumayan. Semua usaha apapun membutuhkan kesabaran, kerja keras dan waktu.

Mungkin pada awalnya kuliner yang di pasarkan tidak laris dan hanya mengalami kerugian hingga beberapa hari. Tapi jangan langsung putus asa, Selalu lakukan inovasi pada kuliner Anda dengan mengandalkan kreatifitas.

➡ Lakukan Promosi, Promosi Dan Promosi Online Dan Offline

Salah satu yang juga bisa membuat usaha Anda kurang mendapatkan perhatian dari pelanggan baru yaitu dia, Karena jarang melakukan promosi.

Apapun usaha, bisnis atau jasa Anda, Kunci dari kesuksesan itu sendiri setelah menerapkan seperti langkah-langkah yang ada di atas yaitu promosi, promosi dan terus berpromosi.

Cara meningkatkan omset penjualan online bisa anda lakukan dengan berpromosi melalui Whatsapp, Facebook, ataupun lewat media sosial lainnya.

Jadi selain cita rasa dan keunikan dari kuliner yang anda miliki kalau tidak melakukan promosi, Anda akan kehilangan pelanggan- pelanggan yang baru. Dan supaya usaha kuliner unik kekinian yang Anda jalankan selalu stabil, berikanlah kejutan buat pengunjung di hari-hari tertentu. Semoga bermanfaat Amin ya Robbal ‘Alamin…

%d blogger menyukai ini: