Berikut Jenis Tabungan Yang Ada Di Sejumlah BANK Untuk Diketahui

Pada kesempatan kali ini (Cara Mendapatkan Uang) akan membahas mengenai jenis-jenis tabungan atau simpanan di bank yang ada di indonesia. Sebelum membahas pokok pembahasan mengenai berbagai macam tabungan, alangkah baiknya kita mengupas terlebih dahulu mengenai tabungan itu sendiri.



Tabungan adalah tempat untuk menyimpan uang yang aman sekali dan banyak dipergunakan masyarakat dalam menyimpan uangnya. Adapun mengapa masyarakat harus menyimpan uang dalam tabungan sebab keamanan yang tinggi didapatkannya. Dimana nasabah tidak perlu resah dan khawatir uangnya akan hilang. Sekali lagi sebab tabungan memberikan jaminan keamanan.



Sementara itu, di beberapa bank di tanah air banyak menawarkan jenis-jenis simpanan yang sesuai keperluan dan kebutuhan masing-masing manusia. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejumlah tabungan yang ada, berikut ini penulis uraikan beberapa macam tabungan di Indonesia yang bisa anda pergunakan sesuai kebutuhan dan keperluan anda, antara lain :

jenis jenis tabungan
image: pexels.com
1. Tabungan konvensional

Tabungan ini adalah tabungan yang dikhususkan untuk menyimpan uang dan jika nasabah membutuhkan uang maka uang dalam tabungan tersebut bisa diambil setiap saat kapanpun juga baik melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun melalui bank BRI, BCA, Mandiri dan lainnya secara langsung.

Tabungan ini tak dibatasi masa waktu apapun seperti jatuh tempo, dan nasabah dapat menyetorkan uangnya kapanpun ia mau dengan jumlah tak terbatas. Tabungan yang ini termasuk ke dalam kategori tabungan konvensional dengan menawarkan bunga tabungan berkisar antara 0,5 persen sampai 2 persen. Tabungan konvensional ini aman sekali sebab dilindungi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

2. Tabungan berjangka atau deposito

Sama seperti tabungan simpanan, anda diharuskan menyimpan sejumlah uang dalam tabungan ini biasanya dalam jumlah besar. Namun dalam deposito berjangka contohnya deposito bunga bank yang didapat lebih besar ketimbang bunga bank tabungan konvensional sekitar 3 persen hingga 7 persen.

Selain itu, dalam tabungan berjangka atau deposito anda tak dapat seenaknya melakukan penarikan uang sebab harus sesuai jatuh tempo atau kesepakatan bersama antara anda dan pihak bank. Jika anda melanggar ketentuan tersebut maka anda akan dikenai sanksi berupa denda.

Baca juga : Cara Memilih Bank Terbaik Untuk Deposito

 

3. Tabungan pendidikan anak

Anak adalah titipan dari Allah SWT. Kewajiban orangtuanya untuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak. Sekarang ini banyak bank menawarkan tabungan pendidikan anak. tabungan ini dilihat dari namanya saja ditargetkan bagi pendidikan anak-anak kelak.

Jumlah uang yang harus ditabung dalam tabungan ini sudah ditentukan dalam jumlah tertentu oleh pihak bank dan dalam masa tertentu sehingga kelak mampu mencukupi pendidikan sang buah hati. Biasanya tabungan pendidikan anak disertai asuransi dan memberikan tingkat suku bunga bank yang lebih besar sekitar 4 persen hingga 5,5 persen pertahun.

4. Tabungan Haji

Nah, buat Anda yang muslim dan memiliki cita-cita untuk menunaikan ibadah haji, maka tabungan ini merupakan pilihan terbaik. Jenis simpanan yang satu ini diperuntukkan bagi orang yang ingin menunaikan ibadah haji. Jenis simpanan yang memudahkan para nasabahnya untuk menunaikan ibadah haji.

5. Tabungan Investasi

Tabungan yang diperuntukkan bagi orang yang ingin berinvestasi seperti dalam bentuk saham. Umumnya jenis simpanan ini memiliki sentral dari suatu pialang saham atau broker dan untuk nasabahnya sendiri akan menerima Rekening Dana Investor (RDI). Yang mana untuk dipakai dalam bertransaksi serta menerima hasil dari keuntungan investasi tersebut.

Baca juga : Tujuan Investasi

 

Nah, Setelah Anda mengetahui jenis tabungan di Indonesia, saatnya Anda tentukan tabungan yang sesuai kebutuhan dan keinginan.