Berniat Usaha Franchise, Perhatikan hal seperti Ini Sebelum Mulai!

Bagi sebagian orang, memulai usaha dengan membuka franchise adalah sebuah pilihan yang lebih mudah. Karena tentunya franchise tersebut sudah memiliki nama yang populer, sehingga untuk mengenalkan produk anda kepada masyarakat akan jauh lebih mudah dibandingkan anda membuat produk sendiri yang belum jelas kualitasnya, dan juga belum dikenal oleh khalayak ramai. Namun, tak selamanya berbisnis franchise itu selalu mendatangkan peluang yang manis, karena dari sekian banyak franchise dengan berbagai jenis usahanya, ternyata hanya sebagian kecil yang memang usaha franchise yang mumpuni. Selebihnya hanyalah sebuah bisnis untung-untungan saja.

usaha franchise
Image: pexels.com

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Anang Sukandar, selaku Ketua Umum dari Asosiasi Franchise Indonesia. Ia mengatakan bahwa dari sekitar 1.500 jenis franchise yang ada di Indonesia, yang memenuhi syarat tidak lebih dari 10 persen, hanya sekitar 75-80 jenis franchise saja. Selebihnya hanyalah bisnis untung-untungan yang tentunya memiliki resiko yang sangat tinggi.

Baca juga : Ide bisnis UKM yang menjanjikan

 

Franchise dan waralaba di tahun ini memang lagi naik daun, buat yang baru memulai maupun pebisnis yang sudah senior di bidang usaha franchise ini tetap saja mengundang daya tarik tertentu, disebabkan kelebihan dari bisnis seperti ini tidak sedikit.

Jika anda tertarik untuk membuka usaha franchise ini, maka anda harus jeli di dalam memilih franchise yang anda minati. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum anda benar-benar memilih salah satu dari franchise tersebut. Paling tidak jika anda ingin benar-benar mendapatkan franchise yang tepat, anda membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk melakukan riset tersebut.

 

Beberapa langkah yang harus anda perhatikan ketika melakukan riset usaha franchise yaitu sebagai berikut :




Anda harus menentukan minat anda terlebih dahulu sebelum memilih franchise yang ada, apakah minat anda berada pada bidang kesehatan, jasa, kuliner, atau yang lainnya. Anda juga bisa mencari ide dan memilih dari banyaknya daftar waralaba dan franchise untuk memulai seperti contoh :



Setelah anda menemukan minat anda, maka pilihlah 3 setidaknya 3 jenis franchise yang akan anda ambil. Tiga jenis franchise inilah yang akan anda seleksi nantinya.

Kemudian kenalilah secara mendalam dari 3 jenis franchise yang sudah anda pilih tadi. Anda harus mempelajarinya dan membandingkan sistem yang digunakan dari ketiga jenis franchise tersebut.

Agar bisnis francise anda bisa lebih mudah untuk meraih kesuksesan, maka anda perlu untuk mengajukan pertanyaan yang sedikit mendetail terkait bisnis franchise tersebut.

Anda bisa menanyakan terkait sejarahnya, siapa yang menjadi franchisee pertamanya, dan jika diperbolehkan maka mintalah anda untuk bisa bertemu dengan orang yang menjadi franchisee pertama tersebut. agar anda bisa belajar pengalaman bisnisnya dan bisa menemukan kekhasan dari franchise tersebut.

Apabila berbagai macam pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan baik dan jelas, maka ini adalah sebuah pertanda bahwa memang usaha tersebut adalah usaha franchise murni dan bukan franchise untung-untungan saja.

Baca juga : Strategi Pemasaran Sederhana Untuk Produk UKM

 

Dengan begitu, anda bisa yakin dan mantap ketika hendak mengambil peluang usaha franchise tersebut. sehingga uang yang anda investasikan untuk bisnis ini tidaklah sia-sia, mengingat uang investasi usaha franchise ini tidaklah sedikit.

%d blogger menyukai ini: