Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Untuk Mendapatkan Uang Extra

Bisnis sampingan pilihan untuk ibu rumah tangga – Semakin banyak kebutuhan yang harus dicukupi menjadi faktor utama mengapa kita memilih untuk menciptakan pekerjaan sampingan. Karena seringkali jika mengandalkan satu sumber penghasilan, belum tentu cukup menutupi semua kebutuhan yang ada.

Dari cicilan wajib bulanan, biaya keperluan sehari-harinya, biaya sekolah, hingga kebutuhan tidak terduga harus terpenuhi semuanya. Atas alasan itulah, kita dipaksa untuk pintar-pintar memutar otak, mencari cara agar dapat menghasilkan uang tambahan.

 



 

Jaman sekarang, menyelesaikan segala urusan pekerjaan sudah jadi kewajiban utama, namun disaat kita ingin mendapatkan uang extra untuk melengkapi kebutuhan senang-senang kita juga harus berfikir menciptakan pekerjaan sampingan.

Nah, untuk itu cara dapat uang membagikan ulasan dari beberapa ibu rumah tangga yang asyik menekuni pekerjaan sampingan mereka dan dapat membantu ekonomi keluarga.

Yaa! Menekuni pekerjaan sampingan dan menghasilkan uang sendiri memang bukan hal yang mustahil. Dan pekerjaan-pekerjaan inilah yang paling mungkin dijalani para ibu rumah tangga sehingga dapat membantu keuangan keluarga.

 

Pilihan Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Untuk Tambahan Uang Extra

 



 

1. Bisnis online shop | Bisnis sampingan ibu rumah tangga kekinian

Bisnis online shop
Bisnis online shop – Photo by bruce mars from Pexels

 

Menjual barang secara online memang kini sedang marak-maraknya dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang memang pekerjaan ini sudah menjadi kekinian. Mudah saja untuk megawalinya, kamu hanya memerlukan gadget berupa smartphone atau laptop sebagai modalnya.

Barang yang dijual pun bisa berupa apa saja, mulai dari kuliner buatan sendiri, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga pernak-pernik kecantikan. Keuntungan menjalankan usaha ini salah satunya adalah minimnya modal.

Sebut saja Ibu Tiya, seorang wanita dan termasuk mama muda yang menjalani bisnis online shop kosmetik ini tidak perlu memiliki stok barang di rumah karena menjadi reseller saja sudah bisa menghasilkan keuntungan.

Cukup dengan menjual produk dari online shop lainnya, Ibu Tiya bahkan tidak perlu repot melakukan proses pengemasan dan pengiriman barang.

Asalkan rajin menjaring customer dan mengupdate koleksi-koleksi baru, pelanggan dijamin bisa terus bertambah. Mau mencobanya, mulailah dari bisnis kosmetik.

 

2. Ibu Vani membuka jasa laundry kiloan dengan memberikan service terbaik

Jasa Laundry Kiloan
Bisnis Jasa Laundry Kiloan – Photo by Bia Sousa from Pexels

 

Tugas mencuci baju seringkali jadi salah satu pekerjaan yang berat bagi kita, khususnya yang gak memiliki asisten rumah tangga, baik mahasiswa atau pekerja kantoran sibuk sehingga tidak lagi punya waktu untuk urusan cuci-mencuci.

Hal inilah yang sebenarnya bisa dijadikan peluang usaha bagi kita yang ingin menambah penghasilan.

Cara memulai bisnis laundry yang dilakukan Ibu Vani adalah membuka jasa laundry kiloan hanya dengan bermodalkan satu mesin cuci yang ada di rumah, dirinya lantas membuka jasa laundry kiloan di rumah.

Ibu Vani senang dapat memberikan pelayanan memuaskan dengan harga jasa laundry yang terbilang murah, dia menjamin usaha ini akan mendapat banyak pelanggan.

Selain keuntungan berupa uang, Ibu Vani mendapat keuntungan dari segi waktu karena pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah sambil mengurus anak-anak.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Laundry

 

3. Ibu sofiah mengasah Skill memasak dengan membuka usaha jasa katering

Usaha Jasa Katering
Usaha Jasa Katering – Photo by Kaboompics .com from Pexels

 

Dapur dan memasak adalah dua hal yang tentunya akrab dengan ibu sofiah, wanita berusia 32 tahun yang mempunyai dua orang anak.

Buat ibu sofiah,memasak memang sudah jadi kegiatan sehari-harinya. Menyiapkan makanan untuk suami dan anak-anak ibarat tugas wajib yang tidak bisa ditinggalkan.

Usaha jasa katering ibu sofiah gak harus dimulai dengan modal belasan juta, ia gak perlu membeli peralatan masak canggih dan mahal.

Cukup dengan memulai dari menerima proyek-proyek katering dalam skala kecil ibu sofiah dapat dengan pede memulai usahanya.

Saat ada arisan keluarga atau acara ulang tahun teman anak, ia memanfaatkan alat-alat masak yang sudah ada di rumah dengan dana secukupnya membeli bahan-bahan makanan.

Sembari mencari pengalaman, proyek-proyek kecil ibu sofiah menghasilkan modal untuk usaha dengan skala yang lebih besar bahkan sekarang merambah ke bisnis makanan online.

 

4. Ibu Reisa memanfaatkan ilmu dengan membuka jasa les privat

Jasa Les Privat
Jasa Les Privat – Photo by Startup Stock Photos from Pexels

 

Profesi sebagai ibu muda yang kerja di rumah jangan dianggap sebelah mata.

Banyak dari kita yang sebenarnya mengantungi ijazah sarjana namun sekarang lebih memilih untuk fokus mengurus keluarga dan tidak menggunakan ilmunya dalam bidang pekerjaan tertentu.

Nah, daripada ilmu dan keahlian itu tidak diamalkan, alangkah baiknya jika kita memilih untuk membuka jasa les privat.

Seperti yang dilakukan Ibu Reisa, seorang ibu muda yang punya gelar sarjana sastra Inggris. Ibu Reisa memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk mengajar anak-anak secara privat.

Untuk usahanya ini Ibu Reisa hanya perlu menyediakan tempat dan memanfaatkan buku-buku pinjaman perpustakaan, alhasil pendapatan tambahan datang dengan sendirinya.

Baca juga : Tips Sukses Membuka Usaha Bimbel

 

5. Ibu Nova menjalankan usaha jasa penerjemahan bahasa asing

Jasa Penerjemahan Bahasa Asing
Jasa Penerjemahan Bahasa Asing – Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

 

Ibu Nova menekuni jasa penerjemahan bahasa asing selama setahun dan dia merasa bangga karena usaha ini dapat dijalankan dari rumah cukup berbekal koneksi internet dan kemampuan berbahasa asingnya. Alhasil ibu rumah tangga satu ini mendapatkan pengalaman bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan keahliannya tersebut.

Ibu Nova hanya perlu melakukan promosi ke berbagai medsos, forum-forum tertentu dan dengan sendirinya klien akan memberikan order via email.

Tapi menurut Ibu Nova, jasa penerjemahan ini tidak bisa dijalankan dengan sembarangan.

Meski sistem kerjanya terbilang mudah, kemampuan dan skill menerjemahkan bahasa asing yang kita miliki harus benar-benar mumpuni. Baik bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Perancis, hingga Jerman misalnya – masing-masing memiliki aturan penerjemahan yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum memulai usaha jasa ini pastikan dulu bahwa kemampuanmu memang mencukupi.

Nah, masih banyak lagi berbagai bisnis sampingan pilihan untuk ibu rumah tangga yang dapat menghasilkan dan menutupi masalah keuangan keluarga. Namun karena sudah ngantuk nanti saya tambahkan lagi ya.., Jangan lupa di share dan di bookmark. Biar nanti bisa lanjut bacanya…