10 Bocoran Strategi Membangun Bisnis Restoran Ala Instagramable

Strategi Membangun Bisnis Restoran Ala Instagramable – Di era globalisasi seperti sekarang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan semakin ketat untuk berebut tempat yang semakin hari jumlahnya berkurang. Tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja lokal, kini tenaga kerja asing juga membanjiri perusahaan di Indonesia.

Bocoran Strategi Membangun Bisnis Restoran Ala Instagramable
Photo by Helena Lopes from Pexels

 

Hal tersebut memacu generasi muda menjadi sosok yang tak hanya pintar dalam hal akademik saja, tapi juga harus pandai membaca peluang dengan menciptakan lapangan usaha.



 

Nah, dimulai dari bisnis kecil-kecilan yang nantinya mampu berkembang, untuk anda yang doyan banget dengan kulineran, mengapa tidak memulai membuka bisnis restoran? Jika tertarik Berikut bocoran strategi pemasaran mudah yang bisa anda terapkan!

 

Baca juga : Tips Mudah Agar Bisnis Makanan Online Anda Selalu Laris Pembeli

 

Bocoran Strategi Membangun Bisnis Restoran Ala Instagramable



 

1. Jangan malas riset pasar

Sebelum memulai berbisnis, ada baiknya anda melakukan riset untuk mengenali kriteria pasar yang menjadi sasaran tembakmu.

Dengan melakukan riset, anda bisa mengetahui apa yang sedang diinginkan dan dibutuhkan pasar sehingga bisnis restoran yang anda jalankan selalu sesuai dengan ekspektasi mereka.

 

2. Ciptakan nama brand yang unik

Dalam bisnis, sesuatu yang unik pasti lebih mudah diingat. Maka itu, ciptakan diferensiasi melalui nama usaha atau brand yang berbeda dari kompetitor yang pernah ada.

Jangan lupa, selain unik, nama yang anda pilih haruslah menarik, familiar, dan sensasional agar dikenal banyak orang.

 

3. Peralatan makan yang instagramable

Bisnis masa kini adalah bisnis yang tidak hanya menjual produk, tapi juga menjual pengalaman baru bagi para pelanggan.

Anda bisa memulai dengan menyediakan alat makan atau pernak-pernik pendukung yang bisa menarik perhatian.

Jika mereka terkesan, pasti tak akan segan mengunggahnya di Instagram untuk berbagi pada kawan-kawan.

Hal tersebut dapat menjadi alat marketing yang ampuh tanpa bayar mahal sebab sosial media adalah lahan promosi yang menjanjikan.

 

4. Interior yang instagramable

Ada baiknya jika nama yang unik serta peralatan makan yang menarik didukung desain interior instagramable yang dikerjakan secara maksimal. Restoran yang instagramable berpotensi menjadi viral.

 

5. Menu anti mainstream

Nah, hal yang terpenting dari semuanya adalah soal menu yang disajikan.

Berkonsultasi dengan pakar kuliner bisa membantumu untuk membuat konsep hidangan.

Pada era serba digital, menu-menu anti-mainstream akan menarik minat pembeli untuk mengunggahnya di sosial media.

 

6. Modifikasi seragam

Para pelayanan juga bisa menjadi salah satu daya pikat restoran. Modifikasilah seragam mereka agar tampil atraktif dan bernilai seni.

 

7. Rasa lezat

Rasa yang melekat di lidah pelanggan menjadi daya tarik mereka untuk kembali lagi dan lagi, bahkan tak segan berbagi rekomendasi. Alat marketing yang paling ampuh adalah testimoni yang baik.

 

8. Harga rasional

Harga rasional membantu meningkatkan demand restoran, jadi tidak perlu berambisi meraup untung berlebihan dengan memasang harga yang tak masuk akal.

 

9. Filosofi pembeli

Anggapan bahwa pembeli adalah raja sudah tak berlaku sekarang. Pembeli bukan lagi raja, melainkan keluarga yang harus disapa akrab serta dilayani secara hangat.

 

10. Program menarik

Buatlah program tematik serta promo-promo menarik agar pelanggan tidak bosan datang ke restoranmu. Contohlah beberapa restoran besar yang rajin menghadirkan program dan promo terbaru.

Bagaimana, sudah siap menjadi pengusaha sukses? Buktikan kemampuanmu sekarang! jika bisa membangun lapangan kerja mengapa harus mencari kerja?