Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung Lebih Banyak Setiap Hari

Cara ampuh untuk hidup hemat agar bisa menabung | Anak muda zaman now memang punya banyak impian. Ingin bisa jalan-jalan keliling dunia, menambah pengalaman, mencicipi restoran mahal, memperluas pergaulan, serta segenap impian lain yang tentu menghabiskan banyak biaya.

Cara hidup hemat agar bisa menabung
Cara hidup hemat agar bisa menabung – Photo Credit: pexels.com

 

Efek buruk dari impian tersebut adalah berkurangnya jatah tabungan, cashflow berantakan, hingga timbulnya banyak hutang bila tidak pandai-pandai membuat rincian pengeluaran.

 



 

Satu-satunya solusi yang bisa diterapkan setiap hari adalah memulai hidup hemat dan menabung lebih terarah. Agar hasilnya lebih pasti dan lebih banyak, bagaimanakah cara ampuhnya?

 

Bagaimana Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung Lebih Banyak ?



 

Hidup hemat dengan cara hilangkan kebiasaan makan/jajan di luar

 

Tidak hanya disiplin dalam mengelola keuangan, menabung lebih pasti dan lebih banyak setiap hari juga bisa diterapkan dengan cara menghemat uang yaitu menghilangkan kebiasaan makan/jajan di luar.

Kamu baru boleh makan/jajan di luar bila mendatangkan manfaat, misalnya untuk bertemu rekan bisnis yang akan memberimu project besar atau mentraktir seseorang yang sudah memberimu jalan menuju karir brilian.

Di luar itu, kamu bisa hilangkan (tidak cuma mengurangi) kebiasaan makan/jajan di luar.

Biasakan makan makanan di rumah, pergi dalam keadaan perut kenyang, serta nutrisi harian tercukupi agar tidak ‘lapar mata’.

 

Selalu monitor pengeluaran agar bisa menabung

 

Saya pribadi sangat menerapkan hal ini, bahwa saya wajib mencatat pengeluaran sekecil apapun agar saya tahu ke mana larinya gaji bulanan yang sudah saya hasilkan sekuat tenaga.

Setelah mencatatnya, saya membuat review di akhir pekan dan akhir bulan, manakah pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting dan tidak perlu diulang agar tidak menjadi kebiasaan berujung pemborosan.

Untuk selanjutnya, saya harus punya anggaran khusus (dan tetap) berapa banyak yang harus ditabung setiap bulannya.

Pisahkan rekening tabungan dengan rekening transaksi bulanan agar tidak tercampur ya!

 

Sisihkan penghasilan dengan teknik Goal setting

 

Goal setting juga dikenal sebagai penetapan tujuan, konsep ini diciptakan oleh Edwin Locke pada era 60-an. Goal setting adalah proses mengidentifikasi prioritas pekerjaan/tugas lalu mengembangkan strategi dan kiat-kiat untuk mencapainya.

Tanpa goal setting yang jelas, maka sudah pasti kamu akan susah menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung di bank.

Oleh sebab itu, tentukanlah dari sekarang, apa goal setting yang ingin kamu capai, misalnya kamu ingin bisa jalan-jalan ke Eropa, berwisata rohani, melanjutkan pendidikan, memiliki properti, membeli kendaraan pribadi, atau bahkan mimpi untuk segera naik pelaminan tanpa merepotkan orang tua.

Goal setting yang kamu buat harus diyakini secara kuat sehingga menimbulkan ‘beban mental’ hingga kamu dapat mencapainya.

Agar lebih seru, buatlah goal setting board sekreatif mungkin lalu tempel pada dinding kamar agar selalu teringat.

 

Tantang dirimu untuk selalu menabung

 

Ya, tantang dirimu untuk meraih hal-hal yang terkesan sedikit impossible but still measurable.

Misalnya, kamu ingin memiliki mobil pribadi sebelum usia 25 tahun, maka kamu wajib menabung lebih pasti dan lebih banyak, memangkas pengeluaran, serta memaksimalkan sisa dana untuk mencukupi kebutuhan harian.

Tahan hasratmu pergi ke mall dan melakukan pemborosan.

 

Memutar penghasilan untuk bisnis dan investasi

 

Orang sukses yang mampu menabung lebih banyak pastilah mereka yang tidak hanya puas dengan gaji bulanan saja, tapi memutar otak untuk ‘menggandakan uang’ melalui bisnis dan investasi yang bisa dijalankan.

Baca : Perbedaan investasi Dan Menabung

 

Jangan ragu mencari ide-ide bisnis segar bermodalkan gaji yang sudah kamu kumpulkan atau berkenalan dengan investasi yang aman bagi para pemula dengan modal kecil terlebih dulu.

Ada banyak pilihan dan resiko yang ditimbulkan, tapi semua menjanjikan keuntungan yang tidak dapat diremehkan. Karena itu, kumpulkan info sebanyak-banyaknya sebelum membuat keputusan ya!

Nah, itulah beberapa cara ampuh hidup hemat agar bisa menabung untuk lebih banyak dan lebih pasti. Semoga dapat menginspirasi!