Cara Menabung Yang Benar Biar Sukses Di Masa Mendatang

Cara menabung yang benar biar sukses di masa mendatang – Menabung yuk kita menabung jangan bingung. Nanti-nanti kita pasti juga dapat untung. mengenai pentingnya menabung sejak dini, tidak ada kata rugi dalam menabung. Justru dengan menabung, kita kelak akan mendapatkan untung.

cara menabung
Image By pexels.com

Dalam ilmu perencanaan keuangan ada tiga hal yang tidak bisa lepas dari menabung, yaitu investasi, proteksi, distribusi, dan akumulasi.

Menabung tak bisa dipisahkan dari investasi karena menabung bisa disebut juga menyimpan uang untuk investasi di masa depan.



Pengertian menabung yaitu menyisihkan sebagian pendapatan harta atau uang kita untuk masa mendatang atau masa depan. Dengan begitu, menabung bisa dilakukan oleh siapa saja, anak kecil maupun orang dewasa, orang berpenghasilan rendah maupun penghasilan tinggi, dan lain sebagainya.

Namun, menabung bukanlah jalan terbaik untuk masa depan seseorang yang lebih baik. Dikarenakan dengan menabung berarti akan berhadapan dengan faktor inflasi. Sehingga uang tabungan kita, setiap tahunnya akan menyusut seiring tingkat inflasi.

Jadi, menabung bukan langkah tepat bagi seseorang dalam mengelola keuangan yang benar. Ada jalan keluar dari semua itu supaya harta atau uang yang kita tabung mesti melampaui angka inflasi yaitu dengan cara berinvestasi.

Anda dapat mulai dengan berinvestasi di sektor bisnis, investasi emas, properti, deposito, saham, reksadana, investasi tanah dan lain sebagainya.

 

Cara Menabung Untuk Masa Mendatang



Angka inflasi adalah musuh nomor satu investasi anda. Oleh sebab itu,supaya nilai uang anda tak tergerus oleh inflasi maka langkah yang tepat adalah mengubah sebagian uang yang anda miliki atau tabung saat ini dengan emas atau perak.

Baca juga : Tips Investasi Bagi Pemula

 

Anda dapat membeli koin dinar emas ataupun membeli emas batangan atau koin dirham perak. Karena emas atau perak sebagai pelindung nilai dari tergerus inflasi.

Jika anda mempunyai penghasilan sekitar Rp.2 juta perbulan maka penghasilan sebesar itu harus bisa disisihkan sekitar 10 persennya atau Rp.200.000 untuk investasi membeli emas. Kemudian, sisa uang gaji itu dipergunakan untuk kebutuhan konsumsi bulanan atau harian keluarga dan untuk modal kerja.

Baca juga : Cara Menghemat Uang

 

Lalu uang yang disisihkan sebesar Rp.200.000 perbulan dikemanakan?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, uang tersebut dipergunakan untuk membeli emas yang kelak ditujukan untuk tujuan mulia yakni untuk membiayai pendidikan anak kelak, maupun ongkos berangkat naik haji dan lain sebagainya jika sudah terkumpul dalam jumlah besar.

Pendek kata, kumpulkan uang-uang itu sehingga mencapai nominal tertentu sehingga sanggup untuk membeli satu koin dinar emas atau membeli emas batangan seberat 5 gram.

Selain itu, cara sukses menabung untuk masa mendatang selanjutnya adalah anda bisa melakukan teknik ini yaitu setiap kali mendapatkan uang recehan seperti Rp.5000 ke bawah masukkanlah pada celengan.

Kemudian setelah celengan anda penuh oleh uang recehan segera tukarkan ke pom bensin atau bank terdekat dengan bentuk uang pecahan Rp.50.000. Kumpulkan uang Rp.50.000 itu sehingga sanggup untuk membeli emas batangan.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan bahwa anda jangan sampai tergantung pada satu penghasilan.

Carilah penghasilan tambahan yang bersifat rutin agar tidak tergantung pada satu sumber penghasilan. Banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa anda kerjakan seperti menjual jasa keahlian, jual beli barang, membuka usaha lain, dan lain sebagainya.

Semoga artikel tentang cara menabung yang benar ini biar sukses di masa mendatang bermanfaat buat Anda terutama admin cara dapat uang – Jangan lupa di share biar lebih bermanfaat ya…