7 Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan •KTA•

Cara mendapatkan kredit tanpa agunan pada dasarnya cukup mudah akan tetapi ada beberapa persyaratan yang wajib untuk dipenuhi agar bisa mempermudah prosesnya. Tapi saat ini Anda sudah lebih dipermudah lagi dengan tidak perlu lagi antri ke bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mengajukan kredit, karena Anda bisa mengajukan permintaan kredit tanpa agunan dengan cara online.

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan KTA
Perkembangan internet yang cukup pesat akhir-akhir ini membuat sebagian besar masyarakat menjadi KTA sebagai salah satu solusi cepat untuk mendapatkan suntikan dana segar yang dapat digunakan untuk keperluan modal usaha, membayar hutang, membeli berbagai barang impian Anda, dan berbagai keperluan konsumtif lainnya, tanpa harus bingung untuk memikirkan barang yang akan dijaminkan ke Bank.

Apa Saja yang Harus Anda Pahami Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan?

 



 

Sebelum mengetahui apa saja cara mendapatkan kredit tanpa agunan, ada baiknya bila Anda memahami beberapa hal yang penting sebelum mengajukan kredit tanpa agunan.

Hal utama yang perlu Anda pahami adalah apapun nama pinjaman atau kredit yang ditawarkan, dana tersebut adalah pinjaman yang harus Anda kembalikan secepat mungkin atau sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, karena bila Anda tidak mematuhinya maka akan ada konsukuensi yang akan Anda dapatkan karena kalalaian ini.

Agar Anda terhindar dari hal-hal yang merugikan tersebut, maka sebaiknya Anda memahami beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan mengambil KTA, diantaraya adalah :

Sebaiknya jumlah kredit yang Anda ajukan tidak lebih dari 30% dari penghasilan Anda.

Lengkapi sendiri semua berkas-berkas yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan pengajuan KTA.

Pastikan bahwa Anda tidak memiliki hutang kartu kredit atau KTA di Bank atau lembaga keuangan lainnya. Karena bila Anda memiliki riwayat hutang dalam batas waktu tertentu maka bisa jadi Anda akan masuk dalam daftar blacklist di Bank Indonesia. dan hal ini akan mempersulit Anda untuk mendapatkan KTA dari lembaga keuangan manapun.

Lunasi dulu tunggakan atau kredit Anda pada lembaga keuangan yang lain sebelum mengajukan yang baru.

Mintalah bantuan kepada lembaga keuangan yang akan Anda akan gunakan dananya untuk mencari tahu tentang status finansial Anda di Bank Indonesia, apabila di blacklist maka ajukanlah permintaan untuk memperbaiknya.

Adapun sejumlah rekomendasi bank yang bisa Anda pilih sebagai bank penyedia pinjaman uang tanpa agunan/jaminan adalah:

  • Bank BRI
  • Bank Mandiri
  • Standard Chartered Bank
  • MayBank

Baca juga : Tips Agar Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Disetujui oleh Bank

 

7 Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan

 



Setelah memahami beberapa hal yang penting saat memutuskan untuk mengajukan kredit tanpa agunan pada lembaga keuangan, maka selanjutnya adalah mengetahui apa saja kriteria dan cara mendapatkan kredit tanpa agunan yang benar, sehingga Anda tidak memerlukan calo atau perantara yang mungkin akan merugikan Anda saat mengajukan proses kredit.

Baca juga : Keuntungan Kredit Tanpa Agunan Syariah

 

Berikut ini 7 cara mendapatkan kredit tanpa agunan, yaitu :

  1. Mengajukan permohonan kredit tanpa agunan dengan mengisi formulir aplikasi yang telah disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya.
  2. Anda adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia, dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
  3. Telah berusia lebih dari 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun.
  4. Memiliki jumlah penghasilan yang tetap (pekerjaan tetap), dan memiliki penghasilan minimal 2,5-3 juta perbulan, lampirkan bukti slip gaji ataupun rekening bank, serta salinan surat SIUP/Surat Izin Praktek/Profesi.
  5. Tentukan limit atau batas kredit tanpa agunan yang Anda pilih.
  6. Pastikan KTA yang Anda ajukan sudah mendapatkan fasilitas dan perlindungan asuransi jiwa.
  7. Tanyakan berapa suku bunga yang dikenakan, biaya administrasi, iuran tahunan, dan jumlah denda apabila pembayaran kredit dilakukan terlambat.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan memberikan tambahan informasi yang benar mengenai cara mendapatkan kredit tanpa agunan.