Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis Dari Pemerintah Dan Lainnya

Membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah, lembaga non profit, perusahaan swasta dan lain sebagainya sangat menyenangkan. Dengan mempunyai modal berupa uang atau dalam bentuk barang maka kita bisa mulai membuka suatu usaha.



 

Namun seperti yang diajarkan oleh Bapak Presiden Jokowi bahwa dalam memulai suatu bisnis mutlak diperlukan modal usaha uang. Modal usaha yang utama adalah strategi bisnis yang baik, keterampilan, pengalaman dan lain-lain.

cara mendapatkan modal usaha
Image by Raten-Kauf from Pixabay

 

Banyak cara dilakukan oleh orang yang hendak membuka suatu usaha untuk memperoleh modal usaha. Ada dua jenis modal usaha yakni yang gratis dan yang tidak gratis alias bersifat pinjaman.

Namun yang lebih banyak dicari orang adalah modal usaha yang bersifat gratis baik berupa dana hibah dari pemerintah maupun pemberian dari orang lain.

Cari modal usaha gratis menjadi sebuah kalimat bagi calon pebisnis untuk mendapatkan modal.

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan modal gratis. Dan ini memang ada. Saya telah membuktikan dengan mencari uang di internet untuk modal usaha.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari internet

 

Untuk memperoleh modal usaha gratis bisa berasal dari dua sumber yakni dari sumber lembaga pemerintah, dan lembaga swasta yang bersifat sosial seperti perusahaan.

Lebih baik lagi kalau anda bisa mendapatkan modal gratis dari dua lembaga tersebut. Boleh boleh saja asalkan anda mengetahui ilmu dan caranya.

Dengan uang berbagai peralatan dan biaya usaha bisa dibeli atau dibayarkan.

Namun untuk mendapatkan uang sebagai modal usaha ada beberapa strategi yang bisa dijalankan, simak dan pahami bagaimana cara mendapatkannya.

 

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis



 

Pinjam uang

Anda bisa meminjam uang kepada orangtua tercinta, sanak kerabat, anggota keluarga, teman, sahabat, kenalan dan lain sebagainya.

Utarakan niat baik anda ketika meminjam uang untuk kebutuhan membuka sebuah usaha agar hidup mandiri dan sukses.

Niscaya orang yang mencintai anda di atas akan meminjamkan uang kepada anda sesuai yang sobat minta.

Tapi pastikan kalau anda meminjam uang pada mereka katakan tanggal pengembalian secara tepat waktu.

Dan perkataan dengan tindakan sama agar mendapatkan kepercayaan penuh dari sang peminjam.

 

Jual barang

Anda bisa menjual barang berharga di sekitar anda. Misalnya ponsel yang sudah tak terpakai, perhiasan emas, komputer, laptop dan lainnya.

Ada banyak marketplace yang bisa digunakan untuk jualan. Yang dominan adalah shopee. Tapi sebelumnya Anda harus simak bagaimana cara daftar di shopee untuk jualan barang agar bisa dapat modal.

Salah seorang pengusaha terkenal bisa sukses memulai sebuah usaha dimulai dari modal hasil jualan sepeda motor.

Uang hasil penjualan sepeda motor ia gunakan untuk membiayai sebuah usaha hingga bisnis berkembang besar. Dan mampu membeli mobil untuk usaha serta sepeda motor baru yang lebih mahal dari yang telah dijual di muka.

 

Menjadi Karyawan

Untuk memperoleh modal usaha gratis sebenarnya cukup mudah. Salah satunya adalah anda bekerja kepada orang lain atau menjadi pegawai.

Dengan demikian anda akan memperoleh upah bulanan atau harian.

Nah, uang tersebut bisa dijadikan sebagai modal awal membangun sebuah bisnis. Sebuah modal usaha gratis hasil kerja keringat sendiri.

Ada dua type karyawan yaitu karywan tetap dan karyawan freelance atau lepas.

Untuk bekerja menjadi karyawan tetap, anda harus melamar kerja ke sebuah perusahaan terkenal dan bonafide.

Menjadi karyawan tetap akan banyak peraturan yang harus diikut.

Dan kedua adalah karyawan freelance yang tidak terikat oleh waktu.

Ada banyak pekerjaan dari seorang karyawan. Misalkan bagian sopir yang dituntut seseorang mahir mengendarai kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, administrasi yang dituntut menguasai komputer beserta program yang dibutuhkan, bagian marketing atau pemasaran dan lain-lain.

Anda bisa memilihnya sesuai bakat dan kemampuan.

 

Dana Hibah

Yang tak kalah penting adalah anda bisa mendapatkan modal usaha gratis yang berasal dari dana pemberian gratis atau dana hibah.

Berbagai sumber dana hibah bisa berasal dari lingkungan terdekat, anggota keluarga, angel, hingga lembaga pemerintah.

Ada berbagai kementerian yang suka memberikan modal usaha gratis kepada masyarakat Indonesia seperti kementerian koperasi dan ukm, dinas sosial, dinas tenaga kerja dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh dana hibah dari lembaga pemerintah dan swasta tidak mudah. Anda terlebih dahulu harus melengkapi dengan proposal usaha.

Lalu rajin berkunjung ke kantor setempat dan selalu akses informasi mengenai adanya dana hibah.

Selain itu, anda harus jeli sebab pemberian modal usaha gratis dari pemerintah biasanya dikemas dalam bentuk pelatihan wirausaha bagi calon pengusaha pemula.

Jadi, ketika mendengar kabar adanya pelatihan usaha gratis yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan maka selalu hadir untuk mengikuti pelatihan usaha gratis tersebut.

Dan pada akhir acara setiap peserta biasanya diberikan uang gratis sebagai bekal untuk membuka usaha di lapangan.

Bagaimana!!! mulai sekarang anda harus percaya bahwa memang ada, Anda pun bisa mendapatkan modal usaha gratis.

 



 

Jadi, banyak cara mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah bahkan tanpa jaminan pula. Ini biasanya bersifat gratis.

Ada banyak kementerian, dinas dan lembaga di pemerintahan yang konsisten mengucurkan bantuan modal kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkannya.

Seperti Kementerian Koperasi dan UKM yang pernah mengadakan program penciptaan satu juta pengusaha baru. Di akhir acara para peserta diberikan modal usaha gratis minimal satu juta rupiah.

Hal ini membuat banyak orang penasaran bagaimana cara mendapatkan dari kementerian koperasi dan ukm? Caranya sangat mudah.

Anda sering saja datang ke kantor Kementerian koperasi dan UKM terdekat. Bisa juga anda mengakses situs resminya www.depkop.go.id. Bisa pula anda mendengarkan media elektronik dan media cetak.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui acara dan program apa yang sedang dilakukan oleh kementerian tersebut.

Acara yang dilakukan kementerian koperasi dan UKM tidak akan jauh dari pemberdayaan koperasi dan ekonomi. Sehingga  di akhir acara akan ada santunan bantuan modal berupa uang atau barang .

Jika kita melihat saat ini sudah banyak lembaga penyedia pinjaman modal. Tidak seperti dulu. Sulit sekali untuk mendapatkannya.

Paling ya hanyalah bank. Namun saat ini lembaga penyedia modal usaha bukan hanya bank. Tapi bisa juga yayasan, donatur dan lain-lain yang tersedia banyak baik secara offline maupun online yang memberikan pinjaman secara online.

Baca juga : web pinjaman online

Mencari modal dalam Islam memang ada. Rasulullah SAW melarang seorang muslim untuk meminta minta. Beliau bersabda bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.

Makan hasil keringat sendiri lebih baik dari makan dari hasil keringat orang lain.

Oleh sebab itu, ketika ada seorang muslim yang meminta minta setiap hari maka Rasulullah SAW memberinya modal kapak untuk mencari kayu bakar.

Lalu kayu bakar tersebut dijual di pinggir jalan. Pendek kata, modal usaha yang utama dalam Islam adalah peralatan dan perlengkapan usaha.

Bagi masyarakat miskin yang tidak punya apapun sangat berat untuk mendapatkan modal usaha dari bank. Karena bank mensyaratkan jaminan.

Namun berkat ide kreatif presiden Jokowi lahirlah dana KUR atau kredit usaha rakyat. Dimana pelaku usaha kecil bisa meminjam uang di bank tanpa jaminan.

Baca juga : Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (Dana KUR)

Sebab pemerintah yang bertindak sebagai penjamin.

Namun kenyataannya bisa berbeda. Bank ketakutan uang pinjaman tak kembali. Kalau berhubungan dengan uang sangat manis.

Tapi pembayaran sangat pahit. Hal inilah yang membuat banyak kredit macet. Bank tidak ingin rugi.

Dan terakhir bagi mahasiswa yang mau membuka suatu bisnis maka cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa sangat gampang. Anda bisa mengajukan beasiswa untuk mendapatkan uang.

Kemudian uang beasiswa dapat digunakan sebagai modal disamping membiayai perkuliahan.

Selanjutnya, sobat bisa mengajukan proposal usaha yang kemudian diberikan kepada rektor, fakultas, jurusan dan rekan mahasiswa lain untuk mendapatkan bantuan pinjaman usaha secara gratis.

Demikianlah informasi bagi anda yang sedang butuh bantuan modal usaha gratis. Mudah-mudahan bisa menjadi jalan bagi anda semua.

Masalah modal bisa dicari dan didapatkan. Tapi masalah sikap dan perbuatan baik harus diciptakan sendiri. Sebuah usaha yang sukses adalah mereka yang mampu menguasai modal dengan baik serta mempunyai sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

%d blogger menyukai ini: