Cara Menghemat Uang Agar Bebas Dari Hutang

Pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghemat uang agar bebas dari hutang? Sekarang ini ditengah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat mungkin sebagian kalangan masyarakat tidak begitu merasakan dampaknya secara langsung. Namun apabila pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar tersebut terus menerus berjalan maka secara pelan-pelan masyarakat di tanah air akan merasakan efek dari hal itu. Dimana terjadinya kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok terutama sembako yang masih tidak bisa lepas dari impor.

cara menghemat uang agar bebas dari hutang
cara menghemat uang agar bebas dari hutang | Image: pexels.com

Sebagian masyarakat akan merasakan dampaknya akibat kenaikan harga-harga sembako. Sehingga salah satu cara bagi mereka untuk bisa bertahan hidup atau survive di tengah krisis tersebut dengan cara menghemat uang agar selalu bebas dari hutang. Menghemat uang berguna untuk masa depan sebagai tabungan kelak, yang kemudian tabungan itu bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan kelak seperti investasi, membeli barang tertentu, berlibur dan lain sebagainya.

Pada mulanya, mungkin anda tak gampang atau merasa kesulitan dalam berhemat karena sulitnya mengubah kebiasaan. Namun perlahan-lahan setelah dicoba seperti langkah-langkah di bawah ini maka anda sedikit demi sedikit akan terbiasa hidup hemat.

 

Cara Mudah Menghemat Uang Agar Bebas Dari Hutang




Berikut ini kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghemat keuangan anda, antara lain :

Membawa bekal makanan di rumah

Apabila anda terbiasa makan di rumah makan yang berada di sekitar lingkungan tempat kerja maka untuk menghemat uang anda, anda bisa membawa bekal makanan dari rumah. Sebab biasanya makan di rumah makan bisa menghabiskan uang sekitar Rp 10.000-Rp 15.000, namun dengan membawa bekal makanan dari rumah bisa memotong biaya pengeluaran hingga 50 persen. Lumayan bukan?! Bayangkan saja apabila dikalkulasikan dalam satu tahun, maka anda bisa menghemat uang sebesar Rp. 1.200.000 – Rp.1.890.000. Tentu angka uang yang lumayan bukan yang bisa dihemat?! Itulah cara mudah menghemat uang agar bebas dari hutang.

Mengganti kopi yang mahal dengan kopi hitam biasa yang lebih murah

Salah satu kebiasaan para pekerja pada umumnya adalah jajan dengan mengkonsumsi kopi di warung atau kafe. Kopi yang mereka pesan bukanlah kopi hitam biasa melainkan kopi yang berbagai macam rasa dan campuran seperti kopi susu, cappucino, kopi luwak, kopi latte, kopi mocca, dan lain sebagainya yang harganya jauh lebih mahal ketimbang segelas kopi hitam biasa. Nah supaya cara anda bisa menghemat uang agar bebas dari hutang nantinya, namun sambil tetap dapat merasakan aroma kopi yang bercita rasa khas maka anda dapat mengganti kopi susu sachet atau kopi cappucino latte dengan kopi hitam yang harganya jauh lebih murah. Sehingga anda bisa menghemat pengeluaran sebesar 25 persen – 50 persen. Lumayan bukan?!

Membuat daftar belanja

Sebelum berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, terlebih dulu anda hendaknya membuat catatan atau daftar belanjaan yang harus dibeli di rumah. Karena cara ini terbukti menghabiskan sedikit uang anda ketimbang anda pergi berbelanja tanpa membawa catatan daftar belanja yang harus dibeli.

Tips agar bebas dari hutang



Biaya untuk hidup itu sangatlah murah, yang mahal hanyalah gaya hidup. Ilustasi tersebut kemudian sangat mencerminkan bagaimana manusia yang hidup di zaman now saat ini dapat bermasalah dengan keuangan. Tuntutan dari gaya hidup orang-orang di sekitar membuat Anda mau tidak mau harus selalu keep up dengan arus trend yang ada. Tak jarang kemudian Anda lupa bahwa Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk selalu memenuhi setiap hasrat gaya hidup mewah seperti arus.

Tak jarang kemudian orang-orang bertindak irasional dalam pengelolaan keuangan pribadinya. Tak jarang kebutuhan primer justru terkesampingkan dan atau justru lebih parah, terlibat hutang! Terjerat hutang bukan lah cara hidup yang menyenangkan. Hidup akan jauh lebih tenang apabila tidak ada tanggungan hutang yang senantiasa membayangi. Oleh karena itu sebaiknya Anda memang mulai membiasakan diri untuk membatasi gaya hidup Anda dari kemungkinan untuk berhutang.

Tidak Bawa Kartu Kredit

Gaya hidup modern banyak mempersuasi orang dewasa untuk memiliki kartu kredit atas dasar alasan transaksi yang lebih praktis. Namun apabila Anda ingin bebas dari kemungkinan berhutang, maka tidak memiliki kartu kredit merupakan upaya preventif yang cukup manjur. Tergiur untuk membelanjakan duit menjadi tertunda kalau Anda tidak membawa sebuah kartu kredit. Dengan demikian tidak adanya kartu kredit pun akan memaksa Anda untuk lebih fokus pada perencanaan penggunaan uang yang Anda miliki saja. Anda akan lebih terdorong untuk membelanjakan dana sesuai dengan skala prioritas dan Anda juga akan memiliki dorongan untuk berhemat karena tidak bisa meminjam uang dengan gampang apabila kehabisan uang.

Perlu diketahui pula apabila kartu kredit menerapkan bunga yang cukup tinggi, sehingga dengan tidak menggunakan kartu kredit Anda tidak hanya terlepas dari hutang pokok tetapi juga tambahan-tambahan biaya yang cukup memberatkan. Untungnya?! Biaya yang seharusnya untuk membayar bunga kartu kredit bisa Anda alihkan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda yang lain. Hal ini merupakan solusi tepat bagaimana agar bebas dari hutang.

Baca juga : Bank Penyedia Kredit Tanpa Agunan KTA Yang Layak Dipilih

 

• Melunasi Hutang yang Ada

Nah, apabila Anda sudah pernah terlilit hutang maka cara untuk bebas darinya memang sedikit lebih pelik. Butuh determinasi dan komitmen yang kuat untuk bisa lepas darinya. Pertama-tama Anda bisa membuat list daftar hutang yang Anda miliki. Hal ini penting untuk memastikan tingkat urgensi dari pembayaran masing-masing hutang tersebut. Buat rencana prioritas kemudian mana-mana saja hutang yang harus disegerakan pembayarannya dan mana yang masih bisa ditangguhkan. Selanjutnya Anda harus mengatur manajemen keuangan Anda dengan menyesuaikan penghasilan dengan pengeluaran. Pada poin ini ada baiknya apabila Anda menahankan diri terlebih dahulu untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan mengalokasikan dana untuk itu ke pelunasan hutang. Tidak ada salahnya pula apabila Anda kemudian mengambil pekerjaan sambilan atau jualan sampingan melalui internet.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet

 

Selain mendapatkan uang tambahan yang dapat membantu mempercepat pelunasan hutang, Anda juga akan berkurang waktu nganggurnya karena fokus bekerja sehingga lebih sedikit pula potensi bagi Anda untuk memikirkan hal-hal tidak penting yang berpotensi hanya menyebabkan keborosan. Pastikan pula bahwa Anda meminimalisir opsi melakukan pinjaman untuk melunasi hutang karena hal tersebut hanya akan membuat rentetan hutang Anda semakin panjang.

Sederhananya pengeluaran Anda sangat bergantung dengan gaya hidup sehingga untuk membebaskan diri dari hutang, Anda harus menempa diri untuk memulai gaya hidup yang lebih baik yaitu lebih down to earth dan menghindari hedonisme. Bukan berarti Anda tidak boleh memanjakan diri, hanya saja pastikan porsi bersenang-senang Anda sesuai dengan kemampuan sehingga tidak membawa dampak kesusahan yang lebih panjang di kemudian harinya karena hutang.

Demikianlah cara menghemat uang agar bebas dari hutang. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi para pembaca yang ingin menghemat uang di saat krisis. Selamat menghemat uang! Semoga sukses!

%d blogger menyukai ini: