7 Cara Meningkatkan Penjualan Agar Jualan Laris Manis

Cara meningkatkan penjualan agar jualan laris manis – Menjadi pedagang adalah sebuah profesi yang tepat, ketika anda ingin belajar menjadi seorang pengusaha, atau ketika anda juga sudah merasa bosan dengan keseharian di kantor yang begitu-begitu saja. Ketika anda hendak membuka sebuah usaha atau jualan sesuatu, maka sebelum melakukannya, anda harus memikirkan banyak hal. Dan yang anda pikirkan tidak hanya masalah modal usaha belaka, namun juga anda harus dituntut bagaimana cara membuat barang atau jualan yang anda tawarkan tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat sehingga menjadi barang atau jualan yang laris manis dan banyak dicari oleh banyak orang.

cara meningkatkan penjualan agar jualan laris manis
image: pexels.com

Dalam sebuah bisnis, ada hal yang lebih penting dibandingkan dengan sebuah produk, yaitu pemasaran. Anda harus memiliki cara dan selalu meningkatkan strategi penjualan yang jitu dan handal agar membuat jualan anda laris atau laku keras di pasaran. Marketing atau penjualan adalah sebuah kunci sukses dari sebuah bisnis. Namun kualitas dari produk yang anda tawarkan juga harus berbanding lurus dengan kualitas cara pemasaran yang anda jalankan. Agar nantinya setiap konsumen selalu menjadi pelanggang setia anda.

Apabila anda sudah bisa memastikan bahwa produk yang anda tawarkan adalah produk yang berkualitas tinggi, maka untuk menunjangnya ciptakanlah sistem penjualan yang baik juga efektif agar perkembangan produk anda bisa berjalan dinamis dan juga terkontrol.

Membuat sebuah jualan agar cepat laku, memang tidak semudah membalik telapak tangan. Anda perlu mengerti berbagai macam cara dalam hal meningkatkan penjualan. Namun ketika cara anda berhasil membuat barang yang anda tawarkan menjadi barang yang laris manis di pasaran, maka tidak heran ketika anda akan mendapatkan kentungan yang berlipat. Nah, agar jualan anda menjadi laris manis, ada beberapa tips jitu yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk anda.

 

Cara meningkatkan penjualan agar jualan laris manis




1. Mengenali Pelanggan

Identifikasi pelanggan adalah faktor yang sangat penting, sebab pelanggan yang tepat ditunjang dengan produk yang tepat akan mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya ketika anda berbisnis baju korea, pastinya baju anda akan laku keras di saat anda membididk konsumen remaja yang memang sedang demam korea. Maka dari itu, identifikasi ini penting untuk mengefektifkan strategi pemasaran yang anda terapkan.

 

2. Tentukan Segmen Pembeli

Jadi saya ulangi lagi, ketika anda hendak berdagang, maka anda harus paham dan yakin bahwa jualan anda dibutuhkan orang. Untuk mengetahui itu, ada membutuhkan sedikit riset. Namun hal ini sangatlah penting. Jangan sampai barang dagangan anda tidak terjual hanya karena anda tidak tahu kepada siapa barang tersebut harus dijual, atau anda menawarkan barang kepada orang yang tidak membutuhkan. Sebagai contoh, misalnya anda sebagai seorang mahasiswa dan memiliki banyak teman kampus, karena memang hampir sebagian waktu anda dihabiskan di kampus. Kemudian anda berniat untuk berjualan tas import yang tentunya harganya juga tidak murah. Ketika anda melakukan hal ini dan menawarkan tas tersebut kepada rekan-rekan kampus anda, maka yang terjadi adalah tas anda tidak akan laris manis, atau bahkan malah tidak laku. Hal ini dikarenakan memang teman-teman anda bukan segmen yang tepat bagi produk anda tersebut.

 

3. Puaskan Pembeli

Setelah anda paham dengan segmentasi dari pembeli produk anda, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat para pembeli tersebut merasa puas dengan produk anda. Jangan pernah membuat pembeli merasa kapok untuk berbelanja di tempat anda. Anda bisa memberikan kepuasan dengan menonjolkan nilai plus dari produk anda, misalnya dengan kemudahan pembayaran, variasi item yang anda tawarkan, atau bisa juga update yang rutin dengan produk-produk baru. Ketika pembeli merasa puas, kabarkanlah bahwa anda akan selalu mengupdate produk-produk baru yang lain, sehingga pembeli tersebut akan kembali membeli produk anda.

 

4. Melakukan Promosi

Sebisa mungkin lakukanlah kegiatan promosi dengan sekreatif mungkin dan secara konsisten dan terus-menerus. Misalnya saja ketika anda bepergian, sempatkan untuk selalu membawa brosur dari produk yanga anda tawarkan, sehingga anda bisa sekalian menyebarkannya kepada saudara, kerabat, atau di tempat umum. Bisa juga dengan memanfaatkan sosial media yang sedang tren dengan membuat status berkaitan dengan produk anda.

Baca juga : Cara meningkatkan omset penjualan

 

5. Menjadi Pedagang Cerdas

Dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, maka anda pun juga wajib untuk menyesuaikan diri agar tidak tertinggal dengan pedagang yang lain. Oleh karena itu, di era teknologi ini, anda pun juga harus tahu tentang teknologi, seperti internet, android, dan sebagainya dan juga anda harus bisa menggunakannya. Dengan adanya fasilitas internet, anda bisa meningkatkan serta memaksimalkan penjualan produk anda, anda bisa berpromosi dengan gratis, dan sebagainya.

 

6. Gunakan Internet Marketing

Salah satu strategi yang sedang booming adalah strategi internet marketing. Misalnya dengan menampilkan jualan anda di jejaring sosial, anda bisa mengetahui apa yang mereka butuhkan dan juga selera mereka terhadap produk yang anda tawarkan. Selain itu, aktivitas dengan toko online sudah semakin marak dilakukan oleh banyak orang. Banyak sekali para konsumen yang ingin berbelanja tanpa harus antri atau tanpa harus keluar rumah, sehingga internet marketing adalah solusi yang tepat. Dengan memanfaatkan internet marketing ini melalui blog, facebook, dan sebagainya anda bisa memperluas jaringan dan juga bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen tanpa adanya batas ruang serta waktu.

 

7. Lokasi Strategis

Anda juga harus memperhatikan pemilihan lokasi yang tepat untuk usaha anda. Lokasi yang strategis akan lebih mudah dijangkau oleh pelanggan anda sehingga mereka juga tidak kesulitan ketika hendak mencari lokasi dari toko anda.



Nah, dari semua cara di atas dalam meningkatkan penjualan, sebaiknya selalu melakukan promosi secara offline dan online entah itu di toko, di online shop shopee, tokopedia, lazada, bukalapak. Ataupun melalui penjualan sales juga bisa dan yang pastinya selalu memilih strategi pemasaran kekinian agar jualan anda semakin laris laku keras.

%d blogger menyukai ini: