Ciri Ciri Orang Bisa Menjadi Pengusaha SUKSES! Apakah Itu Anda?

Ciri ciri orang bisa menjadi pengusaha sukses – “Aku tuh nggak bakat jadi pengusaha! Setiap bisnis, selalu gagal.” Pernah mendengar pernyataan itu terlontar dari teman-teman anda? Sebagian besar orang meyakini bahwa menjadi pengusaha adalah masalah ‘bakat’.



 

Setelah beberapa kali mencoba dan kurang berhasil, mereka kembali pada pekerjaan semula yang terikat pada kontrak dan jam kerja.

Ciri Ciri Orang Bisa Menjadi Pengusaha SUKSES
Photo by Lukas from Pexels

 

Bagaimana dengan anda, apakah anda merasa memiliki bakat untuk menjadi seorang pengusaha? Perhatikan ciri ciri orang bisa menjadi pengusaha sukses berikut. [ Baca juga : Riwayat Pengusaha Sukses Kebab Turki Baba Rafi ]

 

7 Ciri ciri orang bisa menjadi pengusaha sukses



 

1. Anda Memiliki Impian yang Besar untuk Membantu Orang Lain

Kalau anda sering membantu orang dalam mencari solusi atas permasalahan mereka, bisa jadi anda punya bakat terpendam untuk menjadi pengusaha. Idealnya, motivasi terbesar bagi pengusaha bukanlah profit, namun keinginan untuk menyediakan solusi atas permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

Seorang pengusaha sejati memiliki komitmen untuk memudahkan kehidupan manusia. Penemu smartphone, produsen produk kecantikan, bahkan pedagang sayur.

Bayangkan kalau tidak ada mereka, betapa sulitnya hidup kita. Sementara itu, anda pun turut merenungkan berbagai permasalahan yang belum ada solusinya. Fix, anda adalah ciri ciri untuk menjadi orang yang sukses.

 

2. Anda Orang yang Gigih

Anda pantang menyerah meskipun menemui banyak halangan. Seolah-olah anda sedang tersesat menuju suatu tempat, anda tidak hanya mengandalkan maps.

Anda tidak malu bertanya, anda menimbang segala sesuatu sebelum memilih jalan tertentu. Akan tetapi, anda tidak berhenti. Anda tahu anda akan mencapai tempat itu pada akhirnya.

Sebagian orang akan berpikir anda orang yang ‘maksa’. Yang tidak mereka ketahui, anda menilai diri anda sendiri sebagai orang yang tidak mudah putus asa.

 

3. Anda Tahu Kapan Seharusnya Untuk Melakukan Evaluasi

Pengusaha yang sukses tahu seberapa jauh mereka harus mencoba dengan cara yang sama, hingga harus mengubah metode mereka. Jika cara A tidak bekerja, anda mengerti bahwa anda harus mencari cara lain.

Terkadang, trial and error ini membutuhkan waktu yang sebentar; kadang lebih lama.

Anda termasuk ciri ciri orang berbakat dan bisa menjadi pengusaha sukses kalau anda tidak memaksakan kehendak, melainkan mempertimbangkan segala alternatif yang ada. Anda pun berpikir efektif dan efisien, sehingga segera menemukan jalan keluar terbaik.

 

4. Anda Senang Mengerjakan Banyak Hal

Anda tidak membatasi job descriptionmu. Anda sering mengeksplorasi kemampuan dan keahlian. Anda menerima berbagai tugas untuk mengetahui apakah anda bisa mengerjakannya.

Pada dasarnya, anda suka belajar dan ingin mengetahui berbagai hal. Maka dari itu, anda adalah ciri ciri orang berbakat untuk bisa menjadi pengusaha sukses karena anda tidak membatasi pikiran terhadap satu atau dua hal saja.

Kalau anda memang ingin menjadi pengusaha, sebaiknya belajar untuk fokus pada apa yang ingin anda wujudkan. Delegasikan tugas-tugas kepada tim kerja anda agar anda tidak kewalahan.

 

5. Waktu Kerja Selalu Dioptimalkan

Mungkin orang-orang di sekitar menyebut anda workaholic. Maklum, anda bekerja tak kenal waktu, dari pagi hingga malam.

Anda memang berbeda dari kebanyakan karyawan yang merasa cukup dengan bekerja mulai pukul 09:00 pagi hingga pukul 05:00 sore.

Anda masih menggunakan malam atau pagi untuk membuat rencana, mengerjakan sesuatu, bertemu rekan kerja, dan sebagainya.

Meskipun anda sangat berdedikasi atas apa yang anda kerjakan, ingat untuk meluangkan waktu untuk istirahat dan hiburan. Siapa tahu anda justru mendapatkan ide baru untuk bisnis anda lagi.

 

6. Bagi anda, Menambah Ilmu Pengembangan Diri dan Memperluas Networking Sangat Penting

Anda rajin menghadiri seminar kewirausahaan untuk menambah ilmu. Anda pun senang bercengkrama dengan para pemateri atau peserta seminar yang lain.

Pulang dari acara-acara seperti ini, semangatmu bertambah dan semakin melecutmu untuk bekerja lebih keras. Pikiran anda jadi terbuka terhadap ide-ide bisnis yang unik. Anda juga mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan pengusaha lainnya.

 

7. Hidup Dalam Ketidakpastian Bagi Anda Selalu Siap

Suka atau tidak, seorang pebisnis cenderung tidak memiliki penghasilan yang tetap. Bagi anda itu tidak masalah selama anda bisa memenuhi kebutuhan hidup dan terus berinovasi.

Anda pun optimis bahwa suatu hari nanti bisa punya pendapatan yang jauh lebih besar daripada teman-teman anda yang berstatus pegawai.

Selain itu, anda juga memahami bahwa suatu waktu tren bisnis bergulir dan mungkin anda harus merombak usaha. Anda siap menghadapi hal-hal seperti ini, maka dari itu anda pantas menjadi seorang pengusaha.

Kalau saat ini anda belum memiliki bisnis sendiri, mungkin anda terlalu banyak pertimbangan. Atau sebenarnya, anda hanya sedang mencari waktu yang tepat untuk melaunching usaha anda. Bulatkan tekad Anda dan segera kejar impian karena anda ciri ciri orang yang bisa menjadi pengusaha sukses.

%d blogger menyukai ini: