DanaPinjaman: Tips Cara Mudah Mendapatkan-nya

Cara mendapatkan uang melalui DanaPinjaman juga merupakan hal yang banyak orang ingin ketahui, apalagi bagi mereka yang saat ini memerlukan suntikan pinjaman dana segar baik untuk menambah modal usaha, membayar hutang, ataupun untuk keperluan mendesak seperti biaya melahirkan istri atau biaya rumah sakit. Harus diakui saat ini banyak lembaga keuangan yang menyediakan dana pinjaman untuk dialirkan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit, baik kredit dengan agunan maupun tanpa agunan.




 

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Dengan Agunan

Mungkin Anda sering membaca brosur atau iklan yang berbunyi “butuh dana cepat?” baik yang dibagikan secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media cetak. Dan ternyata iklan ini cukup banyak menarik perhatian masyarakat yang benar-benar dalam keadaan kepepet dan butuh segera uang tunai untuk berbagai keperluan seperti biaya anak masuk sekolah, biaya rumah sakit, renovasi rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya yang tidak bisa dielakkan atau ditawar-tawar lagi. Pada saat seperti inilah Anda benar-benar akan mencari tahu apa saja cara mendapatkan uang melalui DanaPinjaman.

DanaPinjaman Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Dana
Cara Cepat Mendapatkan DanaPinjaman – Image Source: www.pexels.com

Sebenarnya ada dua opsi yang paling mudah untuk mendapatkan uang dari “DanaPinjaman” dalam kondisi yang sangat mendesak, yaitu kredit tanpa agunan dan kredit dengan agunan.



Kedua opsi pinjaman ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang wajib untuk Anda ketahui agar menjadi bahan pertimbangan Anda saat Anda memutuskan untuk memilih salah satu jenis pinjaman tersebut.

Mekanisme Kredit Tanpa Agunan (KTA) prosesnya jauh lebih cepat dan praktis, bahkan ada beberapa lembaga keuangan yang menawarkan DanaPinjaman bisa cair hanya dalam waktu satu jam dengan jumlah limit kredit yang lumayan besar.

Sedangkan pinjaman Dengan Agunan seperti BPKB kendaraan, emas, sertifikat, dan yang lainnya akan menyesuaikan jumlah besaran DanaPinjaman yang diberikan sesuai dengan taksiran harga dari barang agunan Anda.

Salah satu kelemahan dari “KTA” adalah tingkat suku bunga yang diberikan cenderung lebih tinggi, ketimbang bunga pinjaman dengan agunan.

Bila Anda tidak disiplin membayar pinjaman dengan agunan Anda maka lembaga keuangan bisa langsung menyita barang agunan Anda, sedangkan untuk (KTA) semakin lama Anda melunasi pinjaman Anda maka kemungkinan semakin tinggi bunga yang akan diberikan kepada Anda, dan akibatnya hutang Anda akan semakin menumpuk dan jumlah akan semakin membesar setiap bulannya.

 

Cara Cepat Mendapatkan DanaPinjaman





Berikut ini cara mendapatkan uang dengan cepat melalui DanaPinjaman baik yang menggunakan barang jaminan atau agunan ataupun kredit tanpa agunan, yaitu :

1. Pastikan KTP Anda masih berlaku, karena pengajuan permintaan pinajaman hanya akan diberikan kepada WNI yang berdomisili di Indonesia yang dibuktikan dengan KTP.

2. Isilah formulir pengajuan pinjaman sesuai dengan KTP Anda

3. Sebaiknya Anda sendiri yang mempersiapkan berbagai berkas keperluan pengajuan kredit, hal ini untuk memudahkan Anda mengontrol dan mengetahui apabila ada berkas yang kurang (slip gaji, KK, NPWP) atau SITU dan SIP bagi Anda yang seorang wiraswasta.

4.  Hindari menggunakan calo atau perantara orang untuk mengajukan pinjaman , karena saat ini pengurusan pengajuan pinjaman prosesnya relatif cepat, bahkan saat ini sudah ada cara yang paling modern yaitu “Pinjam uang online“.

5. Bila Anda mengajukan pinjaman dengan agunan, maka bawalah dokumen yang menunjukkan barang tersebut milik Anda (BPKP atau sertifikat rumah/tanah) atau barang agunan yang akan dijadikan jaminan (emas, berlian, dan yang lainnya)

6.  Pastikan Anda tidak memiliki hutang di lembaga keuangan lainnya  dalam jangka waktu yang terbatas karena bila ada kemungkinan besar Anda akan  masuk daftar blacklist dari Bank Indonesia . hal ini akan memperkecil kesempatan Anda untuk mendapatkan pinjaman dana.

7.  Sebaiknya jumlah angsuran yang harus Anda lunasi setiap bulan tidak lebih dari 30%  dari pendapatan Anda.

Semoga informasi tersebut diatas dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda yang mungkin saat ini sedang mencari tahu cara mendapatkan uang melalui DanaPinjaman.

%d blogger menyukai ini: