Memilih Investasi Syariah Yang Aman Dan Menguntungkan

Investasi syariah yang aman dan menguntungkan selalu menjadi pertanyaan banyak orang, banyak orang kini melirik basis syariah. Mengapa begitu dan apa manfaat investasi?, hal ini disebabkan banyak orang yang sudah mulai sadar dengan bahwa bunga bank konvensional tidak baik untuk kehidupan baik dari segi agama maupun dalam segi finansial.

Baca juga : Produk Pembiyaan Bank Syariah dan Bedanya Dengan Konvensional

investasi syariah yang aman dan menguntungkan
investasi syariah yang aman dan menguntungkan – Image: pexels.com

Kini banyak masyarakat muslim yang ramai-ramai memilih investasi yang berjenis syariah. Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika nasabah memilih bisnis yariah adalah nasabah tersebut tidak akan mendapatkan bunga yang dijadikan keuntungan di setiap bank konvensional.



Lalu jika ingin ingin melakukan investasi aman namun mendapatkan keuntungan bagaimana?, dalam sistem syariah yang akan jadi keuntungan adalah bagi hasil atau yang disebut nisbah yang didapatkan dari bank dan pengelolaan uang dari nasabah. Untuk dijadikan gambaran adalah seperti ini sebanyak 55 persen keuntungan dari nisbah tersebut untuk nasabah sedangkan sebanyak 45 persennya akan menjadi keuntungan dari bank.

Meski dengan sistem nisbah atau bagi hasil, kedua belah pihak tidak dapat memastikan dengan pasti hasil yang diterima kedua belah pihak. Keuntungan tersebut akan diketahui saat periode akhir dari kesepakatan awal. Dengan sistem bagi hasil tersebut keuntungan akan dibagi secara adil.

Berbagai Produk Investasi Syariah Yang Aman Dan Menguntungkan Yang Bisa Dipilih



Banyak sekali investasi syariah yang menguntungkan nasabah dan aman yang bisa dipilih. Bagi Anda yang bingung dengan berbagai jenis investasi di basis syariah, berikut ini macam-macamnya :

Tabungan Deposito Jenis Mudharabah

Mudharabah merupakan suatu perjanjian yang dilakukan antara nasabah yang berfungsi sebagai pemilik modal dengan bank yang dijadikan sebagai pengelola investasi atau modal tersebut, kedua belah pihak tersebut saling bekerja sama untuk saling mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Baca juga : Jenis Tabungan Yang Ada Di Sejumlah BANK

 

Asuransi Syariah

Saat melakukan asuransi yang berjenis konvensional, nasabah akan meminta perlindungan pada perusahaan asuransi tersebut dan premi yang dibayarkan akan menjadi hal milik perusahaan asuransi tersebut.

Sedangkan asuransi syariah nasabah akan saling mengikat diri mereka dan menanamkan dalam hati untuk dapat saling menolong ketika ada yang mengalami masalah.

Sebab pada asuransi syariah terdapat pos yang disebut dengan rekening dana kebajikan. Rekening kebajikan ini diambil dari sebagian premi para nasabah yang memang sejak awalnya digunakan untuk dihibahkan kepada nasabah lain yang sedang mengalami musibah.

Baca juga : Jenis Jenis Asuransi

 

Tabungan Pendidikan

Banyak bank yang berbasis syariah yang memberikan produk tabungan pendidikan berbasis syariah. Tabungan dengan jenis seperti ini memiliki setoran bulanan. Setoran bulanan ini akan memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan yang dilakukan di lembaga konvensional.

Tabungan pendidikan berbasis syariah juga terdapat asuransinya hal ini bertujuan agar suatu ketika pemilik tabungan tersebut mengalami musibah pendidikan anak dari pemilik tabungan itu tetap terjamin.

Baca juga : Pentingnya Pendidikan Keuangan Pada Anak Usia Dini

 

Bagaimana Jika Investasi Syariah Mengalami Kerugian?

Pertanyaan ini sering dipertanyakan semua pihak yang ingin melakukan investasi di bidang syariah. Menjawab pertanyaan tersebut secara teoritis tentu saja kerugian juga akan ditanggung oleh nasabah yang memiliki investasi tersebut.

Namun pihak yang menaungi investasi tersebut akan lebih keras berusaha agar kerugian tidak akan terjadi dan mereka tetap berusaha mendatangkan keuntungan bagi para investornya.

Bahkan banyak lembaga syariah yang mengatakan bahwa deposito yang jumlah uangnya berada di bawah nominal 100 juta dana nasabah tersebut akan dijamin oleh pemerintah.

Keuntungannya lagi hasil investasi yang didapatkan dari investasi syariah akan dibersihkan dengan mengeluarkan zakat yang dilakukan pihak lembaga tersebut atau oleh pemilik investasi. Anda tertarik memilih cara mendapatkan uang dengan investasi syariah yang aman dan menguntungkan? segeralah lakukan investasi syariah yang menguntungkan.