Prospek Keuntungan dan Rincian Modal Usaha Apotek Mini

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan usaha apotek/apotik mini di pedesaan. Seseorang teman saya yang tinggalnya berada di kampung terpencil membagikan ide untuk membuka usaha apotek dan saya juga ingin membagikannya kepada anda semua.



 

Jangan khawatir, kawan saya ini sudah sangat paham dan mengetahui seluk beluk prospek bisnis apotek di pedesaan memiliki tingkat persaingan cukup ketat dengan rincian modal usaha mahal.

Keuntungan dan Rincian Modal Usaha Apotek
Image source inolabs.net

Sedangkan usaha apotek mini di desa tingkat persaingan agak lemah.

 

Prospek Bisnis Apotek Mini Di Desa Era BPJS



 

Kalau dulu kita mendapati di desa tidak ada satu gerai apotek mini sederhana. Namun kini berbeda. Di pedesaan kawan saya ada 3 gerai usaha apotek. Tapi yang laris manis hanya satu yakni apotek atau toko obat lalala yang hanya berukuran 2 meter x 3 meter.

Namun yang menjadi kekurangan dari bisnis apotek mini di desa adalah belum adanya gerai usaha apotek mini sederhana secara waralaba atau franchise. Semuanya hanya mendirikan toko obat dengan merek atau brand sendiri.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Di Desa

 

Hal inilah yang membuat munculnya peluang usaha mendirikan apotek franchise di desa. Misalnya apotek kimia farma, dll. Tentu akan lebih menguntungkan dan banyak peminat seperti wirausaha minimarket waralaba.

 

Keuntungan Bisnis Apotek

 

Ada berbagai macam keuntungan dari seseorang membuka usaha apotek mini, antara lain :

1. Turut serta membantu pemerintah dalam mensejahterakan lahir dan batin. Apalah artinya uang banyak jika kesehatan terganggu atau memburuk.

2. Laris manis. Sebab sehat merupakan kebutuhan utama manusia. Berapapun modal uang yang diperlukan untuk sehat akan dikeluarkan.

Sehingga bukan lagi rahasia umum bahwa banyak orang yang telah menghabiskan banyak uang hingga ratusan juta rupiah hanya untuk kesembuhan. Misalnya orang terkena jantung, kanker dll.

3. Penghasilan besar. Jangan ditanya bahwa prospek usaha apotek mini di desa dari segi keuntungan. Sebab berdasarkan penglihatan saya di lapangan keuntungan bisnis apotek mini sangat besar.

Toko obat teman saya saja dalam satu hari mampu mendapatkan uang sebanyak satu laci penuh yang berisi uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Itu keuntungan dari satu apotek.

Jika anda mempunyai lebih dari satu apotek mini maka keuntungan tentu lebih besar lagi.

Omzet dari apotek per bulan berdasarkan perhitungan penulis sekitar Rp 10 juta. Dengan keuntungan 10 persen dari omzet.

Untuk meningkatkan omzet bisa dilakukan dengan cara menjual obat dengan harga lebih murah, menjual obat secara keliling menggunakan mobil, promosi gencar, dll.

 

Rincian Modal Usaha Apotek Mini

 

Adapun rincian modal usaha apotek mini dari awal sampai berdiri, antara lain :

 

Obat

Untuk membeli obat bisa langsung membelinya ke distributor obat-obatan dengan harga murah. Tapi biasanya supplier obat datang ke apotek kita dengan menawarkan kerjasama pembayaran jatuh tempo.

 

Surat ijin usaha apotek

Untuk membuka usaha apotek mini diperlukan surat ijin usaha seperti dari Dinas Kesehatan. Biaya pengurusan surat ijin usaha apotek lumayan mahal.

 

Etalase

Alat ini berguna untuk memajang obat-obatan sehingga bisa dilihat oleh konsumen. Harga etalase bagi bisnis apotek sekitar Rp 2 juta.

 

Lokasi usaha

Untuk lokasi usaha pastikan berada di tempat strategis misalkan di pinggir jalan yang ramai, di dekat peermukiman warga dll

 

Tambahan pengeluaran

Biaya lain-lain termasuk gaji karyawan, biaya listrik dan air.

Demikianlah prospek, keuntungan dan rincian biaya modal usaha apotik/apotek mini dari awal sampai berdiri. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mau wirausaha dengan membuka bisnis apotek di desa era bpjs

%d blogger menyukai ini: