Kiat Investasi Tanah Investasi Yang Sangat Menguntungkan

Kiat investasi tanah investasi yang sangat menguntungkan – Salah satu bentuk investasi di bidang properti lainnya selain investasi rumah kontrakan, apartemen dan ruko adalah investasi dalam bentuk tanah atau kavling.

Kiat Investasi Tanah investasi yang sangat menguntungkan
Photo by Artur Roman from Pexels

 

Banyak orang sudah memahami bahwasanya investasi dalam bentuk tanah senantiasa sangat menguntungkan.

Hal ini dikarenakan semua orang memerlukan tanah sebagai tempat tinggal, kepentingan usaha atau dagang, bercocok tanam dan kepentingan lain sebagainya.

 



 

Namun, seiring pembangunan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat lahan tanah semakin sedikit sehingga harganya selalu naik setiap tahunnya.

Ditambah lagi dengan pertumbuhan jumlah penduduk di tanah air yang semakin bertambah besar yang sudah pastinya membutuhkan tanah yang jumlahnya terbatas (tak bertambah) membuat harga tanah-tanah kian melambung tinggi dari tahun ke tahun seiring pula dengan inflasi.

Hal ini membuat bisnis tanah sangat menggiurkan…

Baca juga : Tips Investasi Bagi Pemula

 

Investasi tanah merupakan investasi jangka panjang sama seperti bisnis lainnya bisa saja mengalami kerugian jika tidak dipikirkan secara matang.

Hal ini dikarenakan keadaan tanah dan kondisi tanah di sekitarnya turut mempengaruhi nilai dari tanah tersebut.

Berikut ini sejumlah tips investasi tanah yang menguntungkan supaya investasi tanah tetap menjanjikan dan menguntungkan, antara lain :

Cek Lokasi Sebelum Investasi Tanah

Cek Lokasi Sebelum Investasi Tanah
Photo by Arul from Pexels

Lokasi …

Lokasi sekali lagi lokasi merupakan faktor yang sangat penting dalam investasi tanah sebab salah satu investasi terbaik untuk masa depan.

Pilihlah lokasi atau letak tanah yang berdekatan dengan pusat usaha seperti industri supaya resiko investasi tanah bisa berkurang dari apa yang diharapkan.

Bisa juga anda memilih lokasi tanah yang sedang tumbuh dan berkembang pesat misalnya di kawasan perumahan atau pemukiman warga.

Tanah-tanah tersebut akan memiliki harga jual yang tinggi dan harganya lebih cepat naik.

Lingkungan yang aman di lokasi tanah tersebut juga turut mempengaruhi harga tanah.

Jika lingkungan di lokasi tanah tersebut sangat aman maka harga tanah pun akan serta merta lebih cepat naik

Melihat Kondisi Tanah

Melihat Kondisi Tanah
Photo by radartulungagung.jawapos.com

Pilihlah kondisi tanah yang paling disukai orang yaitu keadaan tanah berbentuk persegi, trapesium, tanahnya lebih padat dan datar untuk kemudahan mendirikan bangunan.

Jangan sampai tanah yang di investasikan tersebut kurang memungkinkan untuk membangun.

Memiliki Surat Tanah Legalitas

Memiliki Surat Tanah Legalitas
Photo by www.hukumonline.com

Pastikan tanah yang anda beli itu bebas dari sengketa dan tanah tersebut mempunyai aspek legalitas yang dibuktikan dengan surat-surat kepemilikan yang sah seperti sertifikat tanah, SPPT PBB tahun terakhir, izin mendirikan bangunan, dan lain-lain.

Anda bisa memeriksa kesesuaian antara kondisi tanah di dalam surat resmi dengan kondisi fisik tanah di lapangan.

Melakukan Negosiasi Harga Tanah

Melakukan Negosiasi Harga Tanah
Photo by rawpixel.com from Pexels

Sebelum melakukan negosiasi harga, terlebih dulu pastikan anda telah mencari informasi mengenai harga pasaran tanah di sekitar wilayah tersebut sebagai bahan perbandingan dan mendapat potongan harga.

Memiliki Dana Cadangan

Memiliki Dana Cadangan
Photo by www.banksinarmas.com

Karena investasi tanah bersifat jangka panjang.

Keuntungan yang besar bisa didapat biasanya setelah menjalani masa yang cukup panjang seperti lima tahun ke atas.

Oleh sebab itu, pastikan anda memiliki dana cadangan yang mampu menutupi keperluan darurat sewaktu-waktu.

Keuntungan Investasi Tanah

Keuntungan Investasi Tanah
Photo by pengajarforex.logdown.com

Tidak sedikit orang kebingungan dalam memilih jenis investasi.

Adapun manfaat investasi dalam sektor properti sangat menjanjikan dan menggiurkan dengan keuntungan lumayan besar apalagi lokasinya berada di tempat yang strategis.

Akan tetapi, bukan hanya keuntungan atau kelebihan yang mesti dilihat seorang investor di investasi properti melainkan juga ia harus mampu melihat kekurangan dari investasi yang dipunyainya.

Sebelum membeli investasi baik berupa tanah maupun rumah, pastikan terlebih dulu legalitas kavling tanah dan rumah tersebut secara free, clean, dan clear agar tidak menyesal di kemudian hari.

Free maksudnya tanah ataupun rumah itu bebas dari sengketa ya …

Hal ini dapat dilihat dari nama pemilik tanah atau rumah sesuai dengan yang tercantum dalam akta atau sertifikat tanah atau rumah.



Sedangkan clean maksudnya tanah itu tak dalam kondisi sedang dipakai untuk aktifitas ekonomi apapun maupun tidak ditempati oleh orang yang tak berwenang.

Adapun clear maksudnya ukuran tanah itu sudah sangat sesuai atau tepat sebagaimana yang tercantum dalam sertifikat berikut batas-batasnya yang sangat sesuai.

Adapun keuntungan berinvestasi di sektor tanah adalah dilihat dari segi biaya perawatan tanah yang sangat kecil.

Satu bidang tanah kosong tak membutuhkan pemeliharaan yang sukar, justeru sebaliknya sangat mudah dalam perawatan.

Hal ini sangat berbeda jauh jika anda berinvestasi di sektor properti dengan bangunan seperti kantor, ruko, rumah maupun kios toko yang memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit.

Sementara itu harga jual tanah setiap tahun semakin meningkat.

Biasanya sesudah lima tahun, nilai harga tanah meningkat sebanyak dua kali lipat.

Jika anda mempunyai sebuah properti yang capital gain dan return yang lumayan tinggi hendaknya tidak menjual properti tersebut dalam masa singkat.

Apabila ini dilakukan berarti ibarat anda menjual angsa bertelur emas.

Tetapi, anda hendaknya menunggu dulu harga properti tersebut sampai mencapai harga yang meningkat secara signifikan dan maksimal.

Perlu dipahami ..!!!

Pada umumnya kenaikan harga properti secara signifikan akan terasa sekali jika sudah melampaui 5 tahun.

Lalu kelebihan investasi tanah adalah sebidang tanah dapat dikembangkan seperti pembangunan perumahan skala kecil berupa rumah-rumah cluster.

Selain itu, apabila lokasi tanahnya berada di tempat strategis seperti di pinggir jalan raya maka tanah itu dapat dijadikan beberapa kavling untuk dibangun ruko-ruko, atau paling tidak dijadikan warung tenda atau kafe.

Namun yang menjadi kekurangan dari investasi tanah kosong tak produktif adalah tanah tersebut tak bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Hal ini berbeda sekali dengan berinvestasi di sektor ruko atau rumah yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan dengan cara disewakan.

Demikianlah kiat dan tips bagi anda yang ingin memulai investasi tanah untung besar serta kelebihan dan kekurangannya.

Semoga artikel kiat atau tips ini bisa bermanfaat bagi para pembaca cara dapat uang sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk investasi dalam bidang properti khususnya tanah jenis investasi yang menguntungkan. Selamat berinvestasi!