5 Komponen Penting Dalam Sebuah Bisnis Ala Robert Kiyosaki

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya setiap orang menginginkan usaha atau bisnis yang sedang digeluti menjadi berkembang dan juga maju menjadi lebih besar. Dan untuk membuat bisnis anda bisa berkembang, maka anda harus memperhatikan beberapa komponen yang bisa menunjang pengembangan usaha anda. dan komponen bisnis itu, bukan hanya sekedar uang belaka. Sebab, banyak juga perusahaan yang mengalami gulung tikar, bukan karena kekurangan uang, namun lebih kepada kurang bagusnya manajemen yang diterapkan.

komponen penting dalam sebuah bisnis Ala Robert Kiyosaki
Image by : richdad.com

 

Jika anda ingin usaha anda berkembang, apalagi usaha yang masih anda lakukan semuanya sendiri, maka komponen bisnis ini penting untuk anda perhatikan agar anda bisa mengontrol perkembangan bisnis anda dengan lebih optimal.



 

Menurut Robert Kiyosaki di dalam bukunya yang berjudul “The Advisor Series : Before You Quit Your Job” ia menjelaskan ada sejumlah komponen yang penting di dalam sebuah bisnis, Apa saja itu?

 

5 komponen penting dalam sebuah bisnis



 

1. Arus Kas

Catatan dari arus kas dalam usaha yang sedang anda kembangkan adalah sebuah komponen yang sangat penting.

Di dalam komponen ini, terdapat laporan pengeluaran dan pemasukan, laba dan rugi, neraca perdagangan dan lain sebagainya.

Catatan ini anda harus anda buat dengan sangat jelas, sehingga anda bisa melihat grafik dari perkembangan usaha anda setiap saat.

 

2. Komunikasi

Komunikasi juga merupakan komponen yang penting, atau lebih tepatnya kita sebut dengan pemasaran. Banyak sekali perusahaan yang akhirnya harus gulung tikar karena tidak dapat berkomunikasi secara baik dengan konsumen. Sehingga poin komunikasi atau pemasaran ini perlu menjadi perhatian khusus bagi anda.

Jika usaha anda ingin berkembang, anda perlu memperhatikan komunikasi pemasaran ini meliputi segmentasi, targeting, pesaing, konsumen, distribusi, iklan, penatapan harga, strategi pemasaran, trend pasar dan lain sebagainya.

 

3. Sistem

Cara agar usaha anda maju dan bisa berkembang, maka anda perlu mempersiapkan sistem dalam perusahaan anda tersebut. sebab dengan sistem ini, semua pekerjaan dalam perusahan anda bisa berjalan dengan baik. Sehingga ketika anda sedang tidak ada, maka sistem itu yang akan bekerja dengan sendirinya.

 

4. Produk

Produk menjadi komponen yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, karena produk inilah yang akan anda berikan kepada konsumen. Sehingga anda harus yakin betul bahwa memang produk yang anda tawarkan ini adalah produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Jadi ketika anda hendak membuat sebuah produk, berorientasi lah kepada solusi masyarakat, bukan hanya kepada tujuan kepuasan belaka. Sebab dengan konsep solusi, maka produk anda akan dicari oleh banyak orang. Dan jangan lupa, berikan diferensiasi produk anda dengan produk sejenis yang ada di pasaran.

[ Baca juga : 5 Penyebab Produk Jualan Tidak Laku Di Pasaran ]

 

5. Legalitas

Legalitas juga menjadi faktor yang penting dalam sebuah usaha. Sebab jangan sampai izin usaha anda dicabut ketika anda usaha anda sedang berkembang. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan legalitas dari usaha anda.

Semoga bermanfaat