Keuntungan Kredit Tanpa Agunan Syariah Untuk Dipertimbangkan

Apa keuntungan kredit tanpa agunan berbasis syariah? Ya cukup menarik untuk dipertimbangkan. Namun, tentu akan lebih bermanfaat lagi jika sebelumnya dilakukan perbandingan sederhana guna mengetahui apa saja perbedaan pinjaman tanpa agunan bank konvensional dengan kta bank syariah.

kredit tanpa agunan syariah

Kredit tanpa agunan yang ditawarkan sejumlah bank konvensional dengan bank syariah jelas sangat berbeda. Pada bank konvensional KTA umumnya menerapkan sistem imbalan berupa simpanan yang tinggi dengan besar persentase dihitung dari besar uang yang dipinjamkan kepada nasabah.



Adapun pada bank syariah sistem pinjaman tanpa jaminan tidak menganut sistem bunga, tetapi lebih pada sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil yang optimal.

Kredit tanpa agunan dari bank syariah sendiri sudah mencakup pembiayaan multiguna. Pembiayaan multiguna disini berarti Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan berbasis syariah untuk pembiayaan yang bertujuan pemenuhan kebutuhan nasabah dalam rangka mendapatkan barang atau benda (di luar kendaraan bermotor, bangunan, tanah, dan logam mulia) dan juga untuk tambahan modal usaha.

Dengan demikian, bagi Anda yang ingin menambah modal usaha supaya bisnis yang dijalankan semakin berkembang bisa memanfaatkan fasilitas dari bank syariah ini. Jelas lebih menguntungkan karena seperti yang disampaikan sebelumnya tidak ada sistem bunga dalam kredit tanpa agunan berbasis syariah, sehingga Anda bisa lebih fokus menjalankan bisnis.

Baca juga :

 

Dengan demikian, pasti Anda setuju bila memilih pinjaman tanpa agunan bank syariah memang lebih menguntungkan.



Tidak heran bila kredit tanpa agunan berbasis syariah kini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia yang terkenal cukup konsumtif. Sekarang ini pun sudah semakin banyak bank berbasis syariah menawarkan fasilitas kta ini. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menyediakan pembiayaan hingga mencapai 100 juta rupiah.

Namun, tentunya Anda harus benar-benar selektif memilih guna memaksimalkan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda perlu melakukan perbandingan pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan bank syariah yang satu dengan bank syariah lainnya.

Bank penyedia kta syariah seperti :

  • BNI Syariah
  • Bank BRI
  • Mandiri Syariah
  • CIMB Niaga
  • Bank Syariah Bukopin
  • Bank Permata
  • Bank Danamon

Bila perlu tanyakan rekomendasi kepada ahlinya terlebih dahulu. Lalu apa saja keuntungan pinjaman tanpa agunan berbasis syariah?

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan Syariah



Dari perbandingan yang sudah sempat dilakukan di awal, diketahui bahwa sistem KTA bank syariah cukup berbeda dengan sistem pinjaman tanpa agunan bank konvensional.

Adanya perbedaan dalam sistem yang diterapkan tersebut pun berpengaruh besar pada proses KTA selanjutnya yang diketahui menawarkan lebih banyak keuntungan bagi Anda yang memanfaatkan pinjaman kta bank syariah.

1. Jaminan Manajemen Finansial Lebih Aman

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan yaitu adanya jaminan manjemen finansial yang lebih aman.

Hal ini karena berdasar dari kasus finansial kredit yang pernah terjadi pada tahun 2007 tidak memberi pengaruh besar pada investasi yang berbasis syariah.

Padahal di sisi lain sejumlah bank konvensional mengalami kesulitan dan bahkan ada yang sampai gulung tikar.

2. Fasilitas Lengkap

Fasilitas yang ditawarkan tidak kalah lengkap dengan bank konvensional.

Hal ini karena sejumlah bank syariah kini sudah cukup modern dengan semua jenis transaksi yang memadai.

3. Halal

Pinjaman tanpa agunan bank syariah bertujuan supaya hubungan kerjasama yang dilakukan bersama nasabah bersifat halal.

Hal ini didasarkan pada sistem bagi hasil yang diterapkan dan bukan sistem bunga.

4. Ikut Membantu Dengan Zakat

Dengan ikut serta memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan bank syariah, Anda bisa dibilang turut aktif dalam pemberian zakat meski secara tidak langsung.

Hal ini karena bank syariah diketahui selalu mengeluarkan 2,5% keuntungan yang diperoleh untuk keperluan zakat.

Nah, dari beberapa keuntungan kredit tanpa agunan berbasis syariah tersebut diatas semoga bisa menjadi pertimbangan buat Anda yang sedang mencari pinjaman atau kredit.