Manfaat Investasi Sesungguhnya Bagi Yang Biasa Berinvestasi

Manfaat investasi sesungguhnya bagi yang biasa berinvestasi — Banyak orang mengenal kata investasi, namun seringkali tidak mengerti tentang arti dan penting sebuah investasi. Adapun jika menabung dengan investasi dibandingkan maka akan sangat jauh pentingnya tujuan investasi ketimbang menabung. Bandingkan saja, investasi menurut para ahli akan mendatangkan hasil berlipat-lipat ganda di masa datang dengan pengorbanan sedikit di awal, dan mampu menyaingi dampak inflasi. Sedangkan menabung hanya menumpuk-numpuk harta kekayaan yang bisa saja terkena inflasi.




Investasi adalah cara tepat untuk merencanakan finansial lebih baik. Berbagai jenis investasi bisa dipilih, seperti emas, properti, saham dan sebagainya. Setiap investasi memiliki resiko dan keuntungan tersendiri, sehingga sebelum berinvestasi sangat penting untuk mengetahui seluk beluknya. Secara umum terdapat berbagai manfaat investasi untuk finansial kita. Apa saja manfaatnya berikut ini penjelasannya.



Manfaat Investasi Sesungguhnya Bagi Yang Biasa Berinvestasi Untuk Masa Depan

Manfaat investasi sesungguhnya bagi yang biasa berinvestasi
Photo by rawpixel.com from Pexels

Ada beberapa orang yang masih ragu mengenai manfaatnya dalam berinvestasi. Jika anda masih ragu maka berikut ini sejumlah manfaat dari investasi bagi masa depan finansial yang cerah antara lain :

1. Menjalankan kebiasaan hidup hemat

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Begitulah peribahasa yang diajarkan sejak kecil. Menjalani hidup hemat tidaklah mudah apalagi seiring naiknya harga-harga kebutuhan pokok dewasa ini seperti beras, rempah, sayur-sayuran dan lain-lain. Namun kita tetap harus menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk diinvestasikan.

Sehingga untuk bisa investasi tak terlepas dari gaya hidup hemat. Untuk berinvestasi bisa berupa membayar premi asuransi, membeli logam mulia, saham, deposito dan lain sebagainya dan hasilnya akan dirasakan nanti di masa mendatang

Dengan melakukan investasi, maka sebagian penghasilan Anda akan terpotong untuk kebutuhan investasi tersebut. Memang terkesan membebankan di tahap awal. Tapi setelah itu bisa merasakan hasil dari investasi yang dilakukan.

Asalkan dijalankan secara tepat, maka investasi tersebut tentunya akan menghadirkan penghasilan berkali lipat dari dana yang diinvestasikan.

Pilihlah jenis investasi yang paling cocok untuk anda dan nikmati keuntungannya di kemudian hari. Lakukan konsultasi kepada pihak profesional, agar investasi yang dipilih benar-benar menguntungkan.

2. Simpanan di hari tua

Kita tidak hanya perlu memikirkan masa sekarang tapi yang lebih perlu dipikirkan adalah di masa mendatang. Jika seseorang tidak berinvestasi selagi muda maka masa tua akan sengsara.

Begitupula seorang yang sudah berinvestasi di masa muda maka masa tua tinggal memetik hasilnya dan hidup bahagia.

Dengan berinvestasi di masa sekarang minimal kita bisa bahagia di masa tua nanti dengan sanggup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jauh lebih baik di masa tua banyak investasi dibandingkan masa tua tanpa investasi

3. Jaminan pendapatan tetap

Seorang yang melakukan investasi seperti investasi rumah berharap di masa mendatang ia akan panen hasil investasinya.

Investasi biasanya baru dinikmati setelah sepuluh tahun berikutnya dan nilai dari investasi itu sendiri akan semakin naik setiap tahunnya.

Pendek kata investasi sanggup menciptakan penghasilan sendiri tanpa harus kerja keras

4. Menciptakan kebahagiaan keluarga

Dengan membuat investasi sejak dini berarti anda telah menanamkan keuntungan yang akan dipanen setelah 20 tahun kemudian secara berlipat-lipat ganda. Sehingga tidak perlu direpotkan lagi soal rencana piknik keluarga, biaya kesehatan anak dan istri, dana pendidikan anak dan lain sebagainya.

Karena investasi yang anda tanamkan dulu sudah berlipat-lipat hasilnya. Jika anda, anak, isteri atau anggota keluarga lainnya meninggal dunia atau sakit maka anda selalu siap dana untuk itu. Karena sebelumnya telah berinvestasi dalam asuransi, saham, deposito reksadana, logam mulia dan aset lain sebagainya.

Kebahagiaan keluarga tentunya menjadi prioritas bagi kebanyakan orang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat keluarga atau orang yang kita sayangi merasa bahagian. Seperti membelikan barang kesukaannya, mengajaknya rekreasi, membiayai pendidikan setinggi mungkin dan sebagainya.

Sayangnya terkadang keinginan itu terganjal oleh berbagai kendala, seperti kebutuhan harian, pengobatan penyakit, kebutuhan tidak terduga dan sebagainya. Dengan berinvestasi maka segala kebutuhan itu bisa terpenuhi, karena memberikan tambahan penghasilan lain.

5. Bebas dari hutang

Konsumtif adalah sifat dasar manusia, sehingga mereka sangat senang berbelanja tanpa memperhatikan kondisi finansial. Parahnya lagi barang atau jasa yang dibelinya itu sebenarnya belum begitu dibutuhkan.

Terkadang mereka tergoda untuk membeli gadget terbaru, membeli berbagai barang bermerek, membeli paket liburan dan sebagainya. Kebiasaan buruk yang tidak terbendung itu mengakibatkan mereka melakukan berbagai cara yang berdampak fatal di kemudian hari.

Untuk mendapatkan berbagai keinginannya itu mereka melakukan berbagai cara keliru yang merepotkannya di masa mendatang. Kebiasaan buruk itu seperti memakai kartu kredit tanpa kontrol sehingga tagihan membengkak dan tidak mampu membayar angsurannya dengan teratur. Cara lain yang ditempuh adalah mengajukan kredit atau meminjam dana kepada orang yang dkenalnya.

Karena tidak mampu membayar utang konsumtif tersebut, maka akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dari orang yang meminjaminya uang. Kerugian ini akan diderita seumur hidup, karena sekali orang tidak percaya kepadanya maka selanjutnya tidak akan bisa mempercayainya lagi.

Dengan berinvestasi maka anda cenderung jauh terjerat hutang karena memiliki investasi yang menghasilkan uang sendiri.

6. Penghasilan yang menggiurkan

Menjadi investor adalah pilihan tepat untuk merealisaikan kesuksesan. Karena investasi bisa mendatangkan keuntungan finansial besar. Sehingga banyak sekali pengusaha besar melakukan investasi di bidang lain, di samping bisnis yang ditekuninya.

Tapi saat ini setiap orang bisa menjadi investor di bidang apapun. Meskipun dengan dana terbatas, tergantung dari jenis investasi yang dipilih.

Bila bidang investasi tersebut merupakan hal baru atau belum begitu menguasai seluk beluknya, sangat tepat kalau memahaminya terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi yang dipilih dan agar terhindar dari berbagai resiko kerugian yang bisa saja menimpa investor.

Kalau pendapatan bulanan selalu habis untuk mencukupi kebutuhan harian, salah satu cara tepat untuk menambah kemapanan finansial adalah dengan berinvestasi.

Memanfaatkan penghasilan tidak terduga, seperti bonus perusahaan, tunjangan atau THR (Tunjangan Hari Raya) bisa dimanfaatkan untuk mendukung investasi.

Jangan pernah menghabiskan segala dana tambahan itu dalam sekejab untuk keperluan yang terlalu konsumtif. Karena perilaku itu hanya akan merugikan kondisi finansial Anda dalam jangka pendek dan juga jangka panjang.



Demikianlah artikel mengenai manfaat investasi sesungguhnya bagi masa depan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Tetaplah untuk berinvestasi! Semoga sukses bersama anda!