Mau Menanam Modal Investasi Bisnis? Lihat Aturan Dan Resikonya!

Sebelum menanamkan modal investasi di sebuah bisnis tertentu, Kenali terlebih dulu aturan serta resiko yang akan Anda dapat. Saat ini berbagai jenis investasi baru berkembang di masyarakat luas.

Modal Investasi
Photo by rawpixel.com from Pexels

Diantara jenis yang baru itu sebagiannya ada yang belum mempunyai payung hukum yang sangat kuat sehingga rawan sekali.

Sehingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan website resminya www.ojk.go.id di tanah air memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan pengawasan dan pengaturan terhadap berbagai aktifitas jasa finansial di bidang Pasar Modal, Perbankan, dan bidang Industri Keuangan Non Bank (IKNB).



Berdasarkan fakta-fakta di atas maka ikut sertanya seseorang dalam suatu kegiatan investasi mesti dilaksanakan secara hati-hati sekali maupun penuh kewaspadaan tingkat tinggi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Baca juga : Tips Investasi Bagi Pemula

 

Seseorang harus mampu mengenali produk investasi tersebut dan terus memantau perkembangannya dan ini sangat penting.

Contoh dari salah satu investasi yang selalu ditawarkan oleh seseorang untuk masyarakat luas adalah seperti investasi lahan misalnya kebun, usaha membuka café, tambak, dan lain sebagainya.

Investasi yang dilakukan di sektor itu artinya sama saja dengan melakukan bisnis, namun, kita sebagai investor hanya menanamkan modal dan secara tak langsung ikut terlibat dalam usaha bersangkutan.

Akan tetapi, perlu diketahui sebelumnya bahwasanya bisnis merupakan jenis investasi yang memiliki resiko tinggi sekali.

Apabila sebuah bisnis mengalami kegagalan maka resiko hilangnya uang dapat terjadi sebesar 100 %.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan kegiatan bisnis seperti di atas atau menanamkan modal uang di dalam sektor-sektor investasi di atas, anda perlu mengikuti aturan atau ketentuan penanaman modal investasi bisnis berikut ini, antara lain :

Ketentuan Menanam Modal Investasi



Uang Siap Hilang

Jadi sebelum melakukannya Anda harus tahu bahwa uang yang anda tanamkan dalam investasi apapun itu ialah uang yang siap hilang. Hal ini disebabkan resiko kerugian senantiasa menghantui dan tidak mungkin untuk dihilangkan.

Baca juga : Tips Sukses Investasi

 

Pahami Resiko Bisnis

Untuk mengurangi kerugian dari investasi bisnis tersebut, anda bisa membuat sebuah perencanaan bisnis yang baik, kemudian mampu memahami berbagai resiko yang dapat membuat bisnis itu mengalami kerugian dan kebangkrutan sehingga dapat diantisipasi sebelum hal itu terjadi.

Mengecek Return

Jika anda di janjikan keuntungan usaha dengan angka yang terlalu tinggi atau tak realistis (tidak masuk akal) maka anda jangan mudah percaya dan tergiur dengan penawaran seperti itu. Sebaliknya, anda harus curiga lalu memeriksanya secara seksama terlebih dahulu.

Semua Investasi Pasti Ada Resikonya

Oleh sebab itu, sebelum menanamkan investasi, anda diharuskan mengetahui terlebih dahulu profil dan portofolio perusahaan tersebut dan orang yang menawarkan jenis investasi bisnis yang ditawarkan kepada Anda seperti meminta tanda pengenal orang bersangkutan, meminta alamat kantornya dan meminta sebuah jaminan.

Pastikan orang tersebut adalah orang yang bertanggungjawab, jujur, dan memiliki komitmen yang baik.

Meminta Catatan Laporan Pertumbuhan

Yang terakhir jangan pernah lupa untuk meminta laporan tentang pertumbuan bisnis dan neraca keuangan tempat anda melakukan investasi. Dengan hal ini Anda bisa melihat bagaimana prospek bisnis kedepan.

Baca juga : Memilih Investasi Syariah Yang Aman Dan Menguntungkan

 

Demikianlah yang bisa cara dapat uang sampaikan berkaitan dengan aturan atau cara menanamkan modal investasi bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Selamat berinvestasi. Semoga sukses.