Mau Menghasilkan Uang Dari Hobi Menulis ? Jadi Blogger Purna Waktu

Mau menghasilkan uang dari hobi menulis ? – Dewasa ini, blog bukan hanya buku harian virtual yang bisa dinikmati oleh publik. Menulis konten yang unik dan menarik perhatian masyarakat justru mengubah citra blog sebagai ‘lapak curhat’ menjadi sumber untuk menghasilkan uang.

Menghasilkan Uang Dari Hobi Menulis
Photo by Judit Peter from Pexels

 

Dulu, blogger ‘hanya’ dikenal sebagai seseorang yang menuliskan ide atau pengalamannya ke dalam blog. Beberapa tahun kemudian, blogger bisa dijabarkan melalui banyak hal: mulai dari ‘kantor’ yang fleksibel, deadline tulisan yang bisa diatur dan disadur sendiri, undangan ke berbagai acara sampai mendapat penghargaan sebagai influencer.



 

Ditambah lagi saat ini sudah banyak brand yang mengambil langkah berani dengan menggandeng para blogger sebagai bagian dari kegiatan mereka, sehingga profesi blogger tak bisa lagi dianggap remeh.

Maka wajar jika tak sedikit yang tadinya menjadikan blogger sebagai ‘gelar’ sampingan beralih menjadi blogger purna waktu.

Hmmm, kelihatannya menggoda, bukan?

Namun selain membuat artikel yang berkualitas, ada satu lagi hal yang tak boleh luput jika mau benar-benar terjun menjadi blogger purna waktu:

FINANSIAL! Ya, bekerja tanpa status yang benar-benar terikat seperti blogger sangat berisiko membuat finansialmu naik turun. Tapi jangan khawatir, blogger kawakan Mbak Ani berta punya triknya supaya bisa jadi blogger purna waktu tanpa khawatir soal keuanganmu.

Mbak Ani, begitu biasa ia disapa, mulai menulis blog sejak tahun 2008 saat masih bekerja kantoran dan mulai serius berkiprah sebagai blogger sejak tahun 2013.

Hebatnya, saat menjadi blogger purna waktu karir Mbak Ani terus melejit dan mampu mengelola keuangannya sehingga tak perlu takut kelimpungan dengan masalah penghasilan yang kadang tak menentu. Bagaimana caranya? Simak yuk!

 

Sebelum Menghasilkan Uang Dari Hobi Menulis Kelola Dulu Keuanganmu



 

1. Menabung 2x Biaya Pengeluaran Bulanan

First things first, jangan lupa tentukan waktu yang tepat bagimu untuk beralih menjadi fulltime blogger.

Selagi masih memiliki penghasilan tetap tak ada salahnya untuk menabung biaya emergency sebesar dua kali pengeluaran bulananmu supaya setelah resign dari pekerjaan kamu masih punya pegangan saat belum mendapatkan proyek berbayar.

Bayangkan jika dikali 12 bulan, jumlahnya bisa mencukupi biaya hidupmu selama beberapa waktu walau statusmu tak lagi resmi terikat.

 

2. Networking = Investasi

Sambil menabung, rajin-rajin cari peluang dengan networking saat diundang hadir di sebuah acara.

Bertegur sapa dan saling blogwalking dengan teman-teman blogger atau pihak penyelenggara tidak hanya memperluas pergaulan, namun juga menciptakan hubungan baik dalam jangka waktu panjang, which is a priceless investment! Siapa tahu, nantinya kamu akan diajak bekerjasama untuk menghasilkan uang dari hobi kamu menulis. Oh iya, jangan lupa membawa kartu nama agar mudah dikontak!

 

3. Tentukan Rate Card Setelah Resign

Bicara soal uang yang di dapat blogger, salah satu tolak ukurnya bisa dilihat melalui rate card yang terdiri dari bayaran untuk menulis di blog atau post di media sosial saat di-engage oleh sebuah brand sehingga si blogger punya ‘harga’ yang pantas.

Namun rate card bisa ditentukan dari seberapa menarik konten yang ada di blog berikut engagement-nya. Akan tetapi, jika masih bingung menentukan rate card tidak apa-apa kok menerima kerja sama dalam bentuk barter agar memudahkan agency atau brand.

Terakhir, jika sudah resign dari pekerjaan jangan lupa beritahu klien atau calon klien bahwa kamu sudah memberlakukan bayaran karena statusmu sudah freelance.

Dengan catatan bayaranmu juga sesuai dengan attitude yang baik sehingga nantinya kontenmu juga memenuhi KPI mereka. Jika sudah diberitahu sejak awal, mereka akan mengerti kok jika serius bekerjasama denganmu.

Ketiga cara ini memang terlihat sederhana, namun bisa dilihat bahwa jika ingin menjadi blogger purna waktu harus memiliki bekal finansial yang cukup banyak. Kabar baiknya, cara-cara ini berhasil dilakukan oleh Mbak Ani, lho. Jika Mbak Ani bisa menghasilkan uang dari hobi Menulis, Sahabat Cara Dapat Uang juga bisa, dong! Selamat mencoba!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Profesi blogger saat ini memang tidak bisa dianggap remeh kalau dilihat dari segi penghasilan
Author Rating
51star1star1star1star1star
%d blogger menyukai ini: