Nasi Uduk Peluang Usaha Yang Menjanjikan Setiap Saat

Salah satu makanan khas yang ada di Indonesia adalah nasi uduk, yang sudah terkenal luas ke berbagai daerah pelosok sekalipun. Bahkan nama makanan ini di setiap daerah bisa jadi berbeda-beda seperti  nasi uduk betawi , MCD, dan sebagainya. Nasi uduk yang dimasak dan ditambah dengan santan serta daun salam dan juga sereh, membuat makanan ini menjadi lebih wangi dan juga menggugah selera. Yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk dan juga bawang goreng. Untuk lauk bisa juga ditambahkan tempe goreng, tahu, dan seabagainya.




Minat masyarakat yang sangat suka dengan makanan yang satu ini bisa menjadi sebuah peluang usaha makanan bagi anda. Apalagi ketika anda memiliki resep rahasia makanan yang khas, pasti akan banyak mendatangkan pelanggan.

Baca juga : Ide Jualan Laris Di Bulan Puasa

 

Umumnya usaha kuliner ini dijalankan ketika pagi hari untuk sarapan bagi yang hendak pergi ke sekolah atau bekerja. Memulai usaha kuliner modal kecil ini terbilang sederhana, bahkan bisa menjadi penambah keuangan bagi para ibu-ibu di rumah. Hanya dengan memajang etalase dan juga meja di depan rumah, anda sudah bisa berjualan. Agar lebih bervariasi, biasanya selain menjual nasi uduk, juga dibarengi dengan menjual berbagai macam aneka gorengan.

Nasi uduk peluang usaha makanan yang mudah
Image Source : resepcaramemasak.info

 

Cara membuat nasi uduk





Dalam membuat nasi uduk yang enak dan berkualitas, maka anda harus memilih bumbu atau bahan-bahan yang tepat. Akan lebih baik ketika anda bisa mencari langsung kepada produsennya. Sebab hal ini jelas akan berpengaruh kepada kualitas rasanya, dan juga terkait dengan masalah harganya juga. Sehingga dengan mendapatkan bahan dari produsen, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Berikut adalah daftar bumbu serta bahan yang akan digunakan dan cara memasaknya.

Bahan :

  1. Beras 300g, jangan lupa cuci hingga bersih
  2. Santan kelapa kental sebanyak 450ml
  3. 2 lembar daun salam yang muda
  4. 2 cm Kayu manis
  5. 2 batang daun serai (pengharum makanan)
  6. 2 butir cengkeh
  7. Garam 1 sdt (sendok teh)
  8. Merica secukupnya

Cara membuatnya :

  • Langkah awal rebus terlebih dahulu santan serta masukkan juga serai, daun salam, kayu manis, cengkeh, garam dan merica.
  • Aduk sampai mendidih.
  • Kalau sudah, campurkan beras dan santan.
  • Lalu lanjutkan dengan mengukusnya sampai benar-benar beras masak atau sudah menjadi nasi.

Nah, pastinya tidak akan lengkap tanpa adanya sambal kan?

Jadi lanjut untuk membuat sambalnya…

 

Cara membuat sambal nasi uduk

Bahan :

  1. 10 buah cabe rawit
  2. 3 buah cabe merah keriting
  3. 3 buah bawang merah
  4. 1 buah Tomat
  5. Terasi matang secukupnya
  6. Gula pasir secukupnya
  7. Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Masukkan minyak secukupnya lalu goreng semua bahan yaitu cabe merah keriting, bawang merah, cabe rawit, dan tomat.
  • Kalau sudah, tiriskan minyaknya.
    Selanjutnya uleg bahan tadi yang sudah anda goreng (bisa memakai ulekan dan cobek atau menggunakan blender).
  • Lalu tambahkan secukupnya gula pasir, garam dan terasi matang.

Sambal pun siap disajikan dengan makanan favorit anda.

 

Lokasi jualan nasi uduk



Selain itu, anda juga perlu memikirkan lokasi yang tepat. Walaupun sebenarnya setiap lokasi sangat bisa untuk dijadikan sebagai tempat berjualan. Anda bisa memilih di depan rumah, pinggiran jalan raya, mall, perumahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Waktu untuk membuka usaha kuliner ini juga fleksibel. Ketika anda melayani para anak sekolah dan para suami yang hendak bekerja, maka anda bisa membuka usaha ini sejak subuh, sehingga para ibu yang tidak sempat memasak bisa tetap menyediakan sarapan bagi keluarga.

Ketika anda membukanya di kios atau dekat mall, maka anda bisa membuka dari pagi sampai siang. Dan ketika anda membuka sebuah warung tenda, maka anda bisa menjual nasi uduk ketika malam tiba.

Untuk masalah promosi makanan ini juga tidaklah sulit. Ketika anda membuka usaha makanan seperti ini di depan rumah, tanpa anda berpromosi pun, orang-orang di sekitar anda sudah tahu bahwa anda sedang berjualan nasi uduk.

Baca juga : Cara meningkatkan omset penjualan

 

Rasa yang khas mungkin bisa menjadi sebuah promosi yang sangat efektif. Ketika rasa nasi uduk buatan anda, lain daripada yang lain, maka otomatis para konsumen akan merekomenadasikan anda kepada rekan dan saudaranya.

Jadi, ketika anda berminat untuk memulai usaha kuliner ini,  ciptakanlah nasi uduk yang khas dan istimewa , berkreasilah sehingga nasi uduk anda bisa menjadi nasi uduk favorit pelanggan terdekat anda.

%d blogger menyukai ini: