Tips Optimasi Meningkatkan Kepercayaan Toko Belanja Online Shop

Optimasi meningkatkan kepercayaan toko belanja online / online shop supaya banyak pembeli – Jangan pernah putus asa kalau bisnis online shop/toko online lainnya yang anda jalankan sedang sepi, ada banyak cara meningkatkan bisnis online shop yang sudah Anda geluti. Punya online shop baju instagram terkenal,atau toko belanja online hijab tapi merasa penjualan masih kurang maksimal, padahal harga sudah murah dan promosi sudah jor-joran?

Optimasi Meningkatkan Kepercayaan Toko Belanja Online
Photo by Pixabay from Pexels

 

Banyak yang bertanya, tapi ujung-ujungnya tidak jadi beli? Bisa jadi, permasalahannya bukan di harga, promosi, dan sebagainya, tetapi karena faktor lain yang tidak Anda sadari seperti pada pembahasan kali ini!

Namun sebelumnya saya doakan supaya Si “ROHANA” (Rombongan Hanya Nanya-Nanya) Secepatnya bisa menjadi “ROJALI” (Rombongan Jadi Beli). Dan jangan sampai Si ROJALI kembali menjadi (Rombongan Jarang Beli) kalau online shop/toko online tidak di optimasi…!

 

Baca juga : Penyebab Produk Jualan Tidak Laku Di Pasaran

 

Tips Optimasi Meningkatkan Kepercayaan Toko Belanja Online Supaya Banyak Pembeli



 

Optimasi Homepage, Buat Produk Terlihat Lengkap dan Informatif

Homepage adalah halaman paling penting toko belanja online Anda, karena kemungkinan besar itulah halaman yang pertama kali orang lihat saat berkunjung ke toko online Anda.

Kalau Anda hanya memajang sedikit barang di halaman homepage, orang akan langsung berpikir bahwa online store Anda tidak pernah diupdate, sudah tidak diurus, atau memang barangnya tidak lengkap.

Sebaliknya, jika Anda rajin upload foto-foto produk terbaru, visitor akan merasa online store Anda hidup dan up-to-date.

 

Baca juga : Tanpa Produk Bisa Sukses Di Shopee Online Shop

 

Customer Servis Harus Mudah Dihubungi

Yang harus tersedia adalah pasang aplikasi live chat, karena dengan live chat pengunjung bisa chat tanpa harus buat akun dulu. Kata kuncinya disini adalah mudah, jangan dibikin ribet.

Apalagi sekarang live chat banyak yang gratis, mudah digunakan, dan bisa diakses dari smartphone.

Tapi jangan cuma pasang ya, CS-nya juga harus sering online, jangan offline terus. Jika sering offline, visitor akan merasa toko belanja online Anda tidak diurus dengan serius, sehingga dipandang kurang kredibel.

Selain live chat, pastikan nomor telepon, nomor WA, Line, alamat email, akun social media, dll mudah kelihatan oleh visitor, sehingga sewaktu-waktu dia butuh bantuan, dia bisa langsung hubungi CS dari channel-channel yang suada Anda siapkan.

 

Tampilkan Testimoni Pembeli yang Puas

Testimoni sangat powerful dalam menambah keyakinan visitor untuk membeli sebuah produk.

Jika dia melihat bukti sudah ada yang pernah beli dari toko Anda dan merasa puas, maka dia akan merasa lebih yakin dan tidak akan ditipu.

Kalau perlu, siapkan testimoni dalam bentuk real screenshot dari WA pembeli Anda, foto bukti resi pengiriman atau foto paket kiriman yang pernah dilakukan.

 

Pasang Badge Pihak Ketiga Agar Diakui Online Shop Terpercaya

Badge adalah semacam widget atau banner kecil yang biasanya diberikan oleh pihak ketiga sebagai bentuk pengakuan tertentu, dalam hal ini mengakui bahwa toko online Anda aman dan terpercaya.

Salah satunya bisa dari PolisiOnline, Trustednow, ataupun logo-logo keamanan bertransaksi menggunakan kartu kredit seperti Verisign, Comodo Secured, McAfee Secure, dll.



 

Khusus untuk keamanan pembayaran kartu kredit, Anda disarankan merubah protokol URL Anda menjadi https. karena ini merupakan salah satu cara agar website lebih aman dari tindakan hacking atau pencurian data-data pribadi seperti password ataupun kode kartu kredit si pembeli saat akan transaksi.

 

Tulis Keunggulan Toko Belanja Online Anda

Bagaimana orang bisa tertarik beli di toko belanja online Anda, kalau Anda sendiri tidak tahu keunggulan online shop Anda dan tidak menuliskannya?

Kalaupun ada, seringkali yang ditulis hanya keunggulan normatif saja.

Contoh keunggulan yang bisa dicantumkan adalah alamat toko fisik (jika ada), karena salah satu concern dan penyebab utama orang malas membeli suatu barang secara online adalah karena takut ditipu.

Jika Anda mencantumkan alamat toko fisik, calon pembeli akan lebih yakin untuk belanja.

Keunggulan lain yang bisa Anda cantumin adalah harga bersaing, delivery cepat, garansi belanja, dll.

Nah, kira-kira itu Optimasi yang bisa Anda lakukan sekarang juga agar lebih meningkatkan kepercayaan Online shop / Toko online Supaya pengunjung toko online Anda merasa lebih yakin dan tidak takut ditipu belanja di tempat Anda. Kalau Anda punya tips terkait lainnya, feel free untuk share di kolom komentar ya. Happy selling!