Peluang Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Peluang usaha ternak yang menjanjikan di masa depan – Salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan untung besar adalah bisnis dalam bidang peternakan. Seperti usaha ternak ayam, sapi, kambing, domba, ikan, lele, ayam, bebek dan lain sebagainya.



 

Jangan dibilang keuntungannya sepele, justru dari usaha peternakan di desa bisa untung besar. Seperti yang dialami beberapa pengusaha ternak sapi dan domba yang bisa naik haji dan beli rumah serta mobil mewah.

Peluang usaha ternak yang menjanjikan di masa depan
Photo by Pixabay from Pexels

 

Namun untuk meraih sukses dalam bidang peternakan tidaklah mudah. Seseorang mesti memerlukan sikap sabar dan pantang menyerah. Karena bisnis ini menguntungkan setelah beberapa tahun mendatang. Tapi ada beberapa jenis hewan yang diternakkan bisa untung dalam waktu cepat.

Kunci sukses usaha peternakan seperti ternak ikan adalah sabar. Seperti yang dialami oleh saya sendiri yang hendak mencoba membuka ternak ikan nila. Ternyata ikan nila panennya cukup lama.

Pendek kata, tidak ada usaha ternak hewan yang langsung untung besar dalam waktu dua minggu.

Semua perlu proses waktu minimal satu bulan sudah untung dari usaha peternakan binatang. Semua jenis hewan apapun seperti lele, belut, kambing, domba, ikas mas kumpai, ikan nila, mujaer, gurame, sapi dll membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk bisa panen.

 

Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan



 

 Usaha Ternak Sapi 

Peternakan sapi sudah terbiasa saya lihat di desa. Ini salah satu usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Modal usaha yang dibutuhkan lumayan besar ketimbang ternak kambing. Namun keuntungannya pun juga lebih besar.

Rincian modal usaha ternak sapi, antara lain pembuatan kandang seharga Rp 2 juta, bibit sapi unggul seharga Rp 5 juta, biaya pakan dan vitamin seharga Rp 400 ribu. Jadi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak sapi dalam jumlah satu ekor sebesar Rp 7,4 juta.

Usaha ternak sapi mengalami masa laris manis ketika menjelang idul adha atau hari kurban. Sapi biasanya diambil manfaat daging dan ati serta susunya. Pendek kata,anda tidak pernah rugi beternak sapi. Kuncinya adalah telaten dalam merawat sapi. Resiko kerugian memang ada.

Namun jika anda ingin membuka bisnis ternak sapi tanpa modal bisa juga. Caranya dengan memelihara sapi milik investor dengan sabar sehingga beranak pinak. Dan sobat kebagian satu anak sapi. Cara lain sobat bisa mendapatkan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah berupa bibit sapi. Benih sapi dirawat hingga beranak pinak. Apabila sudah beranak maka anda mendapatkan anak sapi. Sedangkan bibit sapi dikembalikan pada pemerintah.

 

 Usaha ternak kambing 

Salah seorang rekan saya menceritakan kegembiraanya bisnis ternak kambing. Ia membeli kambing seharga Rp 2 juta. Kemudian kambing tersebut digembalakan sehari-hari. Dalam satu bulan ada salah seorang pria yang menawar harga kambing tersebut dengan harga Rp 2,5 juta. Dalam satu bulan, rekan saya itu bisa memperoleh untung bersih sebesar Rp 500 ribu perbulan. Lumayan bukan dari satu ekor kambing?!

Siapa bilang bisnis ternak hewan tak menguntungkan di lahan sempit. Usaha peternakan hewan dapat dijalankan di pedesaan dan kota. Bisa dijalankan secara rumahan atau industri skala besar. Dapat dilaksanakan secara rumahan dan sampingan. Dan bisa dilakukan di lahan sempit apalagi yang luas.

Namun usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu cepat ini sangat cocok dijalankan di wilayah desa karena sumber daya alam sangat mendukung. Seperti pakan ternak yang alami dan tersedia banyak sekali, lahan luas dan lain sebagainya.

Jadi, pikirkan kesalahan anda bahwa tak ada usaha ternak yang cepat panen dalam satu bulan. Semua itu kalau anda berpikir cermat dan cerdas. Memang sih ada beberapa jenis hewan ternak yang bisa dipanen dalam satu bulan. Namun kebanyakan tak bisa dipanen dalam kurun waktu tersebut. Mayoritas hewan ternak baru dapat dipanen lebih dari satu bulan sampai tahunan.

Kalau di desa teman saya yang lain ada beberapa hewan yang sudah biasa diternakkan di samping rumah. Namun usaha peternakan hewan skala rumah tangga atau rumahan yang dijalankan secara sampingan dan menggunakan kandang ala kadarnya. Bahkan mertuanya hendak merenovasi kandang kambing dan sapi dengan biaya modal Rp 2 juta.

[Baca juga : Peluang Usaha Rumahan Di Desa ]

 

Usaha ternak dengan modal kecil yang menjanjikan di masa depan



 

Mungkin anda masih mencari apa saja jenis usaha di bidang peternakan yang menguntungkan dijalankan di desa secara rumahan dengan modal kecil? Banyak sekali. Untuk lebih jelas, berikut ini usaha ternak rumahan dengan modal kecil yang sangat menjanjikan bagi pemula di masa depan, antara lain :

 

1.  Usaha ternak ayam 

Di desa kawan lainnya ada lima buah gerai usaha beternak ayam potong. Jarak antara satu gerai usaha dengan gerai lain saling berdekatan. Namun semua gerai usaha ternak ayam potong laris manis diserbu para pembeli. Terutama waktu menjelang hari raya lebaran dan pada waktu bulan Ramadhan. Ada dua jenis ayam yang biasanya di ternakkan oleh para peternak yaitu ayam potong negeri dan ayam petelur.

 

2.  Usaha Ternak Burung 

Salah seorang kerabat yang biasa saya panggil “MAS” membuka usaha beternak burung. Adapun jenis burung yang ia ternakkan antara lain lovebirds, perkutut, murai batu dan lain sebagainya. Kunci sukses usaha ternak burung yang sedang populer adalah telaten dan rajin dalam memelihara burung dengan penuh kecintaan. Pangsa pasar usaha beternak burung sangat besar mengingat jumlah penggemar burung di tanah air sangat besar baik di kota ataupun di desa.

 

3.  Usaha Ternak Ikan Lele 

Bisnis beternak ikan lele masih menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan sebab pangsa pasar yang sangat luas. Anda tidak akan kesulitan dalam menjual ikan lele yang sudah siap panen. Setiap orang menyukai kuliner lele baik digoreng atau dipepes. Selain itu, anda bisa mengolah lele dan menjualnya ke gerai pecel lele kaki lima.

 

4.  Usaha Peternakan Kambing 

Ini adalah peluang usaha kerja sampingan tapi menjanjikan di masa depan yang dilakukan oleh mertua dan tetangga saya yaitu membuka usaha ternak kambing. Modal usaha yang dibutuhkan relatif nol persen. Sebab modal usaha bibit kambing didapatkan dari investor setempat. Setelah kambing bernak pinak, maka masing-masing mendapatkan satu anak. Untuk menjual kambing sangat mudah, para pengepul datang langsung ke peternakan kambing.

 

5.  Usaha Ternak blog 

Peluang usaha ini sangat cocok dijalankan di wilayah desa maupun kota. Karena modal usaha yang dibutuhkan sangat kecil. Jika anda kesulitan untuk memelihara burung atau hewan ternak karena makhluk hidup maka anda bisa buka usaha ternak blog. Harga satu buah blog ada harganya minimal Rp 50 ribu. Semakin banyak blog yang anda miliki semakin kaya anda. Untuk mempunyai blog hingga ribuan sangat mudah, anda bisa membuatnya di blogspot yang gratisan.

 

Jenis Usaha Ternak Paling Laris, Menguntungkan dan Mudah



 

Usaha dalam bidang peternakan memang sangat menjanjikan untung besar. Namun pada dasarnya, untuk menjalankan bisnis ternak hewan piaraan yang menguntungkan dalam waktu singkat tidaklah mudah. Hal itu sungguh sulit. Bukannya untung yang didapat. Melainkan kerugian dan kerugian usaha budidaya hewan ternak.

Salah satu jenis usaha beternak hewan yang merugikan adalah usaha beternak ayam secara rumahan. Ayam dipelihara melalui sistem kandang dan umbaran. Tapi ayam sulit cepat berkembang besar. Setiap hari harus membeli pakan ayam yang mahal sekitar Rp 10 ribu perkilogram. Pakan sebanyak itu habis dalam waktu dua minggu.

Memang yang berat dalam bisnis peternakan hewan adalah biaya pakan. Hewan ternak merupakan makhluk hidup yang harus makan setiap hari. Jika kita harus memberi makan hewan ternak maka akan timbul biaya pakan per hari.

Hal inilah yang membuat bisnis peternakan di desa selalu merugi. Karena biaya pakan sangat besar jika diakumulasikan perbulan.

Perhari biaya pakan sebesar Rp 1000. Kalau dikalikan sebulan atau 30 hari berarti biaya pakan sebesar Rp 30 ribu.

Sedangkan harga jual ayam saat ini sekitar Rp 35 ribu. Hal inilah yang membuat bisnis peternakan ayam pedaging di pedesaan terpencil merugi.

Setelah melalui pengamatan yang mendalam, dapat disimpulkan bahwa jenis usaha ternak yang paling menguntungkan dalam waktu singkat bukanlah jenis hewan ternak yang harus diberikan biaya pakan.

Potensi hewan ternak yang menguntungkan adalah yang tanpa biaya pakan. Dalam arti untuk mendapatkan pakan diperoleh secara gratis. Seperti usaha peternakan kambing, domba, sapi, dan lain sebagainya. Sebab pakan rerumputan bisa didapatkan di alam liar dengan jarak pendek.

 

Berikut ini jenis usaha ternak paling laris, menguntungkan dan mudah, antara lain :

 

 Usaha Ternak Ikan Hias 

Ada banyak jenis ikan hias di Indonesia saat ini. Anda bisa membuka usaha beternak ikan hias. Karena harga ikan hias jauh lebih tinggi dari harga ikan konsumsi.

Namun bisnis ikan hias memerlukan biaya modal pakan yang setiap hari harus diberikan. Resiko ikan mati juga sangat mungkin terjadi.

Kunci sukses bisnis ternak ikan hias seperti oscar, louhan dan ikan mas koi adalah cermat, rajin, teliti dan pantang menyerah. Dan jangan lupa untuk kombinasikan jualan sepaket dengan aquarium ikan hias agar keuntungan bisa 2 kali.

 

 Usaha Ternak Ikan Konsumsi 

Berbagai jenis ikan konsumsi yang digemari banyak orang adalah ikan mas, mujair, nila, nilem dll. Semua jenis ikan tersebut sangat mudah didapatkan di kolam penduduk desa.

Namun sayang kini bisnis peternakan ikan konsumsi mengalami penurunan. Banyak kolam ikan dibiarkan tak terurus. Jangankan menguntungkan, justru ternak ikan konsumsi merugikan karena harus diberi makan setiap hari. Sedangkan pertumbuhan ikan sangat lambat.

Kendala lain yang membuat usaha ternak ikan konsumsi berprospek suram adalah banyaknya pemangsa ikan baik hewan seperti kucing, biawak dll. Maupun pemangsa ikan konsumsi dari kalangan manusia yang memancing atau mencuri. Pemerintah tidak bisa berkutik melihat meredupnya bisnis peternakan ikan konsumsi di Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagi potensi usaha ternak paling cepat menguntungkan. Dan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Namun semua yang ditulis di atas sudah cukup sebagai perwakilan.

Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi anda semua. Memang bisnis peternakan hewan piaraan menguntungkan. Tapi sangat mungkin justru terjadi sebaliknya. Terjadi kerugian yang sangat besar. Anda perlu menilai potensi dan untung rugi suatu usaha ternak hewan agar tak terjadi kerugian di masa depan. wujudkanlah mimpi anda jadi kenyataan. Dimulai dari hal kecil. Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil.

%d blogger menyukai ini: