Pentingnya Pendidikan Keuangan Pada Anak Usia Dini

Anak merupakan amanah dari Allah SWT. Kita pastinya sangat berharap buah hati kita bisa mengatur keuangannya secara baik. Oleh sebab itu, kita sebagai orangtua harus mempengaruhinya sejak dini lewat kebiasaan dan perilaku baik yang bisa dicontoh dan ditiru oleh anak-anak tercinta. Tugas dan kewajiban anda sebagai orangtua adalah mengajarkan pendidikan keuangan yang baik pada anak anda sejak usia dini.



Berikut ini cara mengajarkan pentingnya pendidikan keuangan pada anak anda, antara lain :

Pendidikan Keuangan Pada Anak

Pendidikan Keuangan Pada Anak
Image: pexels.com

Menjadi suri tauladan atau contoh yang baik

Apakah buah hati tercinta menyaksikan anda menghabiskan gaji selepas satu hari gajian dengan pergi belanja ke supermarket?

Apakah anak tercinta menyaksikan anda sangat sibuk mengurusi tagihan pembayaran kartu kredit anda?

Memang sukar mendidik anak menjadi orang yang pandai dan bertanggungjawab soal finansial. Apabila anda merasa kesulitan mengajarkan buah hati soal keuangan maka anda bisa mengajarkannya dengan contoh teladan yaitu menunjukkan pada anak bahwa anda dapat membayar semua hutang dan anda segera harus menghapus hutang-hutang anda.

Perlihatkan kepada mereka bagaimana anda bisa menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung, dan cobalah mengajak anak pergi ke bank pada saat menyetor uang. Hal tersebut akan senantiasa diingat anak dan memberikan kesan yang baik

Membedakan keinginan dan kebutuhan

Di dunia banyak orang terlilit utang disebabkan tak dapat membedakan hal apa saja yang merupakan keinginan mereka dan hal apa saja yang mereka butuhkan.

Jika anda membeli mainan anak maka tanyakan apakah itu keinginan atau kebutuhan. Karena anda harus memilah dan memilih hal yang penting dan mana hal yang tak penting

Menggunakan aplikasi




Kesukaan anak-anak jaman sekarang adalah menggunakan tablet. Anda bisa memanfaatkan tablet untuk mendidik anak dengan cara memanfaatkan aplikasi Finance for kids yang dapat diinstall di apps store.

Aplikasi gratis ini membantu memberikan pendidikan keuangan untuk anak Anda. Misalnya Kids pocket money yang dapat membantu keluarga dan anak mengelola dan menghemat uang jajan.

Membuka tabungan junior

Tak ada salahnya anda membuka rekening tabungan bagi anak anda. Karena sekarang ini banyak sekali bank yang menyediakan tabungan yang diperuntukkan bagi anak-anak, bahkan ada tabungan anak-anak yang dikombinasikan dengan asuransi

Menentukan target menabung

Anda dapat mengajarkan pendidikan finansial bagi anak anda dengan cara menentukan jumlah target tabungan sampai akhir tahun ajaran sekolah. Kemudian berilah penghargaan apabila anak mampu meraih target tabungan dengan cara membelikan sesuatu yang anak inginkan dari tabungan tersebut.

Pendidikan finansial bagi anak harus diajarkan sedini mungkin dan diusahakan diajarkan lewat sebuah permainan agar mampu menarik dan menyenangkan bagi anak.

Demikianlah artikel yang mengupas mengenai pentingnya pendidikan keuangan pada anak. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses.