5 Penyebab Produk Jualan Tidak Laku Di Pasaran! Segera Perbaiki

Penyebab produk jualan tidak laku di pasaran – Kamu seorang pebisnis online maupun offline? Pasti ingin dong semua agar produk yang dijual laris dan diminati oleh para konsumen yang menjadi target kamu?

Penyebab produk jualan tidak laku di pasaran
Photo by energepic.com from Pexels

 

Tapi pernahkah terpikirkan oleh kamu jika ternyata produk yang sudah disediakan itu tidak laris/laku dipasaran atau bahkan tak disenangi oleh para konsumen? Wah pasti pusing sekali itu.

Dalam dunia bisnis, untung dan rugi merupakan hal yang biasa dan itu adalah dampak dari risiko usaha. Tapi yang menjadi perhatian buat para pelaku usaha di luar sana adalah apakah produk yang mereka jual itu laku atau tidak di pasaran luas. Jika laku, syukurlah.



 

Kalau tidak laku..? Tentu kita akan menjadi uring-uringan, bukan..?

Tapi tenang saja, berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan produk kamu tidak begitu laku di pasaran. Apa sajakah hal itu, dan apa yang harus dilakukan jika barang kurang laku/laris di pasaran?

 

Penyebab Produk Jualan Tidak Laku Di Pasaran Dan Solusinya



 

Jangan terlalu mahal, sesuaikan saja

Mungkin produk yang kamu jual harganya kemahalan!

Mahal merupakan sebuah hal yang ditakutkan oleh para konsumen kamu. Apalagi kalau produk yang kamu jual itu memiliki kualitas yang biasa saja. Wah bisa marah konsumen!

Untuk mengatasi hal ini, pastikan dahulu harga produk yang kamu jual masih dalam batas wajar.

Dan jangan lupa untuk melakukan riset pasar seperti harga ke produk saingan atau produk sejenis untuk bisa menentukan harga yang pas dan diinginkan oleh para konsumen tanpa merugikan kamu.

 

Baca juga : cara meningkatkan penjualan agar jualan laris

 

Periksa kondisi kualitas produk

Mungkin kualitas produk kamu biasa saja, Konsumen ingin produk yang dibelinya berkualitas bagus dan tidak abal-abal atau yang parah apalagi palsu.

Apabila kualitas produk yang kamu jual itu buruk atau gagal, maka siap-siaplah konsumen tidak berniat untuk membeli produk yang dijual kembali.

Kamu harus bisa meningkatkan kualitas produk-produk yang dijual. Dan jangan pernah sesekali menurunkannya, karena nantinya itu akan berdampak besar ke penjualan produk-produk yang lain.

Cari terus solusi untuk mengatasi kegagalan produk yang kamu jual.

 

Baca juga : cara meningkatkan omset penjualan

 

Pilih target pemasaran yang tepat sasaran

Mungkin saja kamu salah memilih target penjualan!

Target konsumen merupakan sebuah hal yang krusial jika kamu menginginkan produk yang dijual laku di pasaran.

Oleh karena itu, pilihlah segmen pasar yang pas dengan produk yang ingin kamu jual.

Selalu melakukan riset pasar terlebih dahulu dan tentukan target konsumen produk-produk kamu sebelum memasarkannya secara luas.

Misal kamu menjual sepatu laki-laki, pastikan kamu tahu target pasar kamu, jangan pernah jual sepatu laki-laki kamu ke perempuan karena itu tidak nyambung.

Jadi dengan cara menentukan segmentasi pasar untuk produk kamu di pastikan akan laku.

 

Bangun citra bisnis yang positif

Citra bisnis kamu mungkin perlu untuk diperbaiki.

Citra merupakan unsur yang harus diperhatikan oleh perusahaan manapun di dunia.

Produk-produk yang kamu jual bisa tidak laku karena citra perusahaan atau toko kamu sudah jelek di mata konsumen dan sangat perlu di perbaiki.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan agar citra toko kamu bagus dan selalu berikan layanan yang baik untuk para konsumen.

Membangun dan mempertahankan citra positif salah satu cara menarik pelanggan agar tertarik pada produk kamu.

Dengan memberikan pelayanan secara sopan dan baik, maka kamu sudah melakukan investasi ke konsumen tersebut supaya bisa membeli produk-produk yang lain lagi nantinya.

 

Lakukan pemasaran produk online dan offline secara rutin

Mungkin kamu tidak sering melakukan promosi!

Ada banyak cara untuk berpromosi atau beriklan, baik itu lewat surat kabar, televisi, radio, sampai internet.

Promosi merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, semua pengusaha wajib mengetahui hal ini.

Apabila produk kamu tidak laku di pasaran, maka penyebab lainnya adalah kurangnya promosi yang dilakukan sehingga produk yang dijual kalah saing dengan produk lain.

Jika kamu ingin mempromosikan produk-produk yang dimiliki, lakukan strategi pemasaran dan harus disertai dengan rencana atau analisis yang baik serta matang.

Jangan sembarang melakukan promosi, percuma jika produk kamu memiliki kualitas yang oke jika ternyata promosi yang dilakukan asal-asalan dan tak sesuai dengan target.

Jangan pernah takut mengeluarkan dana untuk promosi atau endorse, karena yang nantinya untung adalah kamu!. Dan kalau ingin melakukan promosi secara online gunakan beberapa alat marketing untuk memudahkan kamu berpromosi.

Nah kira-kira itulah beberapa hal yang menyebabkan produk kamu tidak laku/laris di pasaran. Jika memang hal-hal ini yang menyebabkan produk yang kamu jual tidak laku, segera lakukan pencegahan supaya di kemudian hari produk yang dijual bisa mendapatkan tempat di hati para konsumen. Semoga menjadi solusi…