Mencari Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis; Caranya?

Bagaimana cara memperoleh pinjaman modal usaha – Salah satu hambatan dalam memulai sebuah usaha biasanya ketiadaan modal terutama dalam bentuk uang. Apapun jenis usaha baik skala kecil, menengah apalagi usaha skala besar tentu memerlukan yang namanya modal. Banyak orang pergi kesana kemari hanya untuk mencari modal usaha. Padahal sekarang ini jaman teknologi maju untuk mendapatkan berbagai modal usaha sudah mudah. Anda bisa memperolehnya melalui orangtua sendiri, teman atau sahabat, tabungan pribadi, rekan-rekan kerja, tetangga, sanak kerabat, dana pinjaman online dan lain sebagainya.




Memiliki sebuah bisnis termasuk salah satu bentuk dari semangat entrepreneur yang patut dijaga terus menerus. Menjalankan suatu bisnis yang mana diri kita sendiri sebagai bosnya yang mengontrol dan menentukan maju mundurnya suatu usaha, dan membuka lapangan kerja baru merupakan alasan sebagian orang terjun ke dalam dunia bisnis.

Dalam membangun sesuatu sama halnya dalam membangun bisnis dimana membangun sebuah usaha mesti dimulai dari nol. Dan membangun sebuah usaha yang sukses tidaklah mudah. Harus dimulai dari memiliki modal usaha.

memperoleh pinjaman modal usaha
Image source : www.pexels.com/search/Capital-Loan/

Sebab memulai usaha apapun baik skala besar maupun kecil senantiasa membutuhkan yang namanya modal. Dan inilah ujian pertama seorang calon pengusaha sebelum menjadi pengusaha yang sebenarnya.

Namun apabila anda masih kesulitan atau masih kurang dalam memperoleh modal usaha seperti cara di atas maka anda dapat mengambil langkah alternatif lainnya.

 

Berikut cara memperoleh pinjaman modal usaha antara lain :




1. Dana atau Tabungan sendiri

Apabila anda telah bekerja bertahun-tahun lamanya kepada orang lain tentu pastinya ada sebagian uang yang anda tabung. Menabung termasuk cara yang aman sekali dan lumayan waktunya lama untuk mendapatkan modal usaha. Nah anda bisa menggunakan tabungan anda tersebut untuk memodali usaha yang akan anda jalani.

Mengumpulkan modal usaha lewat menabung tak cocok bagi orang yang mau secepatnya mempunyai suatu bisnis. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mulai sekarang anda mulai rajin menabung untuk mengumpulkan modal usaha yang kelak anda pergunakan untuk membangun bisnis yang anda inginkan.

Namun, apabila tabungan yang anda miliki tidak mencukupi untuk membiayai bisnis anda maka anda dapat menjual sejumlah aset berharga yang anda miliki. Misalnya seperti tanah, kendaraan, emas dan lain sebagainya yang bisa dijadikan tambahan modal bagi usaha anda.

 

2. Kerjasama

Apabila anda mempunyai pengalaman yang mumpuni dibidang bisnis yang anda jalani sekarang, anda bisa mengadakan kerjasama dengan orang lain yang memiliki modal untuk menanamkan uangnya di bisnis anda

Untuk mendapatkan modal usaha, anda bisa bekerjasama dengan sanak kerabat atau sahabat yang memiliki keinginan memulai bisnis yang sama dengan anda.

Jalinlah kerjasama dengan mereka untuk memperoleh bantuan modal usaha dan bantuan masalah operasional. Sebelumnya, anda mesti membahas kesepakatan bersama atas bagi hasil atas usaha tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Akan tetapi, cara ini tak berlaku bagi para pelaku usaha yang masih pemula

Karena pelaku usaha yang masih pemula tentunya belum mempunyai pengalaman bisnis walaupun penawaran kerjasama usaha yang anda tawarkan sangat menggiurkan.

Mendapatkan modal usaha melalui kerjasama atau joint venture merupakan salah satu tips dan kiat memperoleh modal usaha dengan mudah.

 

3. Pinjaman modal usaha dari bank

Meminjam modal usaha ke bank merupakan hal lumrah dan cara termudah dalam mendapatkan modal usaha. Bagi anda yang membutuhkan modal usaha maka anda bisa mendapatkannya dengan mendatangi bank.

Untuk memperoleh persetujuan bank terhadap pinjaman anda secara cepat maka anda mesti membuat proposal pinjaman yang membahas jenis bisnis yang akan anda jalani nantinya selepas mendapatkan pinjaman modal dari bank.

Untuk modal usaha dari bank dapat berupa pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan. Akan tetapi, terlebih dulu ada persyaratan dan dokumen yang wajib anda penuhi untuk disetujuinya pengajuan kredit modal usaha anda.

Proposal pinjaman harus ditulis dengan sejujur-jujurnya seperti macam usaha, pendapatan usaha, tempat atau lokasi usaha, dan pengeluaran usaha serta jaminan yang harus disertakan seperti BPKB kendaraan maupun sertifikat tanah. Untuk mendapatkan contoh proposal pinjaman ke bank, anda dapat mencarinya di internet yang banyak sekali contohnya.

 

4. Dana hibah dari perusahaan pemerintah dan swasta

Perusahaan terutama berskala besar biasanya memiliki anggaran untuk membantu perekonomian warga setempat. Anda dapat ikut serta dalam kompetisi yang mereka adakan untuk memperoleh pinjaman modal usaha dari pemerintah sekaligus sarana mempromosikan bisnis anda.

Pendek kata, dalam memulai suatu bisnis diperlukan pengorbanan baik secara materi, tenaga dan waktu. Oleh sebab itu, jika anda berniat memulai suatu usaha dan siap dengan modal usaha yang ada serta siap dengan segala resikonya maka anda bisa menjalankan bisnis sekarang juga.

Itulah cara memperoleh pinjaman dengan mudah yang sudah umum digunakan para calon pengusaha. Dengan tips dan kiat memperoleh modal usaha tersebut, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi para pembaca dalam mendapatkan pinjaman modal usaha.

%d blogger menyukai ini: