Tips Investasi Bagi Pemula Sebelum Memilih Investasi Pilihan

Tips Investasi Bagi Pemula – Tak terasa waktu berganti waktu serta tahun berganti tahun dan bulan berganti bulan, detik berganti detik. Tak terasa waktu berlangsung dengan sangat cepat. Kebanyakan orang menyadari kesalahannya ketika usia tua.

tips investasi bagi pemula
Photo by William Iven on Unsplash

Dimana ia tidak memiliki apa-apa seperti investasi. Padahal kebutuhan sangat banyak di usia tua. Oleh sebab itu, peran investasi sangat penting dalam kehidupan seseorang untuk menata hidupnya apalagi di masa usia tua.

Tips Investasi Bagi Pemula



Adapun jenis investasi banyak sekali jadi sangat perlu mengetahui tips sebelum mulai seperti ada saham, investasi emas, tabungan, reksadana, investasi properti, dan lain sebagainya.

Baca juga : Tips investasi Emas

 

Namun, melakukan investasi bukanlah perkara yang gampang.

Akan tetapi, setiap investasi mempunyai resiko masing-masing. Dan salah satu hal yang bisa menghancurkan nilai investasi anda adalah inflasi.

Oleh sebab itu, bagi anda yang masih bingung dalam memulai investasi, berikut ini sejumlah tips investasi bagi pemula, antara lain :

1.Berinvestasi sedini mungkin

Mengapa berinvestasi harus sedini mungkin?



Karena semakin dini atau semakin awal seseorang berinvestasi maka semakin ringan beban keuangan di masa mendatang. Contohnya suatu ketika suami, anak, atau istri anda memerlukan biaya lumayan besar untuk keperluan tertentu.

Maka anda tidak perlu risau sebab anda sudah melakukan investasi atau pembiayaan secara berkala perbulan waktu masih muda.

Dengan berinvestasi sejak awal seperti tabungan deposito berarti anda bisa mendapatkan banyak bunga atau bagi hasil

Baca juga : Manfaat investasi

 

2. Diversifikasi investasi

Seperti sebuah nasihat bijak Warren Buffet yang menyatakan jangan menyimpan telur di keranjang yang sama. Berarti dalam hal berinvestasi anda tidak dapat hanya mengandalkan pada satu macam investasi.

Anda harus melakukan diversifikasi investasi, dimulai dari investasi yang beresiko rendah, sedang hingga yang beresiko tinggi.

Jika anda berinvestasi dengan tingkat resiko yang tinggi biasanya anda ditawari keuntungan yang lumayan tinggi pula. Sedangkan berinvestasi dengan resiko yang rendah dan menengah maka itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila suatu ketika investasi beresiko tinggi menderita kegagalan

Baca juga : Tujuan investasi

 

3. Mengelola utang dan tabungan dengan baik

Kebanyakan orang membikin suatu kesalahan dalam keuangan mereka dengan cara menghabiskan uang dari penghasilan mereka pada saat itu juga.

Mereka beranggapan hal itu akan tertutupi sebab besoknya mereka akan memperoleh pendapatan lebih besar.

Jika hal itu anda lakukan maka sebaiknya menghentikan dengan segera atau menghindari hal demikian. Sebab anda harus memikirkan dan mempersiapkan untuk hal-hal yang tidak terduga di masa mendatang

4. Mengenali investasi

Inflasi adalah salah satu hal yang menghancurkan sebuah nilai investasi. Inflasi sangat mempengaruhi keuntungan investasi.

Inflasi akan membikin keuntungan investasi anda menurun.

Contohnya, anda menginvestasikan sejumlah uang dan memperoleh keuntungan sebesar 21% Sedangkan, inflasi pada tahun sekarang di kisaran 17 % sehingga jika dihitung anda hanya memperoleh pengembalian keuntungan investasi sebesar 4 %.

Demikianlah tips investasi bagi pemula Semoga bermanfaat bagi para pengunjung Cara Dapat Uang.