Tips Melakukan Pembiayaan Melalui Pegadaian Sebelum Menggadai

Ada banyak tips melakukan pembiayaan melalui pegadaian yang dapat Anda gunakan. Hal ini sangat penting, karena pegadaian dapat menjadi solusi masalah keuangan Anda. Seperti yang kita ketahui, menggadaikan barang sudah menjadi kebiasaan bahkan kebudayaan masyarakat Indonesia saat mereka mencari cara mendapatkan uang cepat dan mempunyai barang yang tidak ingin mereka jual.

tips melakukan pembiayaan melalui pegadaian
Tips melakukan pembiayaan melalui pegadaian – Image: pexels.com

Sebenarnya, pegadaian sama halnya dengan bank atau perusahaan penyedia jasa kredit atau pinjaman. Namun, yang membedakan, pegadaian menggunakan barang atau aset klien sebagai jaminan. Tanpanya, Anda sebagai klien tidak akan bisa mendapatkan pinjaman atau uang yang Anda butuhkan. Ada banyak barang yang dapat Anda gadaikan. Namun, agar Anda mendapatkan keuntungan dari menggunakan jasa pegadaian ini, ada beberapa tips dan hal yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Cara Menghemat Uang

 

Tips Gadai Di Pegadaian



Pilih barang yang mempunyai nilai yang cukup tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar jumlah pinjaman yang Anda dapatkan juga cukup besar dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Selain itu, pilih barang yang mempunyai nilai stabil. Mengapa? Hal ini agar Anda dapat memprediksi berapa banyak pinjaman yang Anda dapatkan dan juga berapa angsuran yang harus Anda bayar untuk menebus barang tersebut. Barang juga harus dalam kondisi baik, agar nilai yang Anda dapatkan tinggi. Yang paling penting, jangan menggadaikan barang dengan nilai yang tidak terjangkau oleh Anda. Resikonya menggadaikan barang dengan jenis ini adalah Anda kehilangan barang Anda karena tidak mampu membayar pinjaman yang Anda terima.

Baca juga : Tips mendapatkan pinjaman tanpa jaminan

 

Sama seperti pinjaman lainnya, pinjaman yang Anda dapatkan dari pegadaian pasti akan dibebani oleh bunga. Jadi perhitungkan hal ini agar Anda dapat membayar dan mendapatkan barang Anda kembali. Pastikan, besar angsuran dan bunga tidak melebihi kemampuan finansial Anda. Menggadaikan barang memang cara mudah untuk mendapatkan pinjaman, karena sudah ada jaminan yang tetap yaitu barang atau aset yang Anda miliki. Karena ada barang atau aset yang digunakan sebagai jaminan ini, Anda hanya dapat menggunakan pegadaian sebagai sumber untuk mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan mendesak dan cepat untuk dilunasi. Jangan menggunakan pinjaman dari pegadaian untuk kebutuhan jangka panjang, misalnya investasi atau memulai sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan jumlah pinjaman yang Anda dapatkan akan jauh lebih kecil dari nilai barang.

Bila Anda ingin menggunakan pinjaman untuk kebutuhan jangka panjang, Anda dapat menjual barang Anda atau meminjam dari bank.

 

Investasi Emas Pegadaian




Selain memberikan dana pinjaman, Pegadaian juga mempunyai program yang bernama MULIA (Murabahah Logam Mulia Investasi Abadi). Anda dapat menggunakan program ini untuk berinvestasi emas melalui pegadaian. Anda hanya perlu datang ke kantor pegadaian, mendaftar, memenuhi semua persyaratan dan membayar 25% dari harga emas yang Anda beli. Anda sudah mempunyai investasi emas untuk masa depan Anda. Emas ini dapat Anda jual lagi ke pegadaian, bila Anda membutuhkan uang. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pihak yang membeli emas Anda.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat membeli emas dari pegadaian. Pastikan saat membeli emas, Anda mendapatkan semua dokumen yang menjadi bukti pembelian emas Anda, seperti kuitansi, sertifikat emas dan lainnya. Bila ada salah satu dokumen yang tidak lengkap, segera tanyakan kepada petugas. Jangan sampai investasi emas Anda di pegadaian akan berujung pada kerugian. Jadi, kita semua berharap Anda mendapatkan keuntungan dan manfaat lebih dari pegadaian, dengan beberapa tips melakukan pembiayaan melalui pegadaian diatas.

%d blogger menyukai ini: