Tips Membuka Usaha Reparasi Komputer dan Service Laptop

Tips membuka usaha reparasi/service komputer dan laptop serta cara mempromosikannya – Berbagai peralatan dan perlengkapan rumah tangga saat ini kebanyakan terbuat dari barang elektronik.



 

Dimulai dari ac, tv, kulkas atau lemari es, magic jar dan magic com, lampu hemat energi otomatis, radio, tape recorder, handphone, laptop dan netbook, dan masih banyak lagi perangkat elektronik dalam sebuah rumah tangga yang tak muat jika dituliskan dalam artikel ini.

 

Tips Membuka Usaha Reparasi Komputer dan Laptop
Tips Membuka Usaha Service Komputer dan Laptop

 

Teman saya bernama ‘atta’ seorang lulusan STM bagian teknik elektro mampu memperbaiki berbagai alat elektronik. Ia mengalami kesukaran dalam mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi dengan banyak sebab.

Seperti ia pernah bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan tapi kontrak kerja tidak diperpanjang dengan alasan tak jelas. Akhirnya ia memilih untuk membuka usaha rumahan jasa service elektronik kecil-kecilan.

Namun kendala terbentur dengan cara mempromosikan usaha perbaikan peralatan elektronik. Konsumen hanya sebatas teman, saudara dan tetangga.

Padahal jika dikembangkan secara lebih luas, bisnis service elektronik bisa sangat menjanjikan untung besar lho.

Atas dasar itulah, cara mendapatkan uang berniat memberikan seberkas inspirasi kepada para pembaca sekalian mengenai bagaimana tips membuka usaha service komputer, hp dan lainnya serta cara mempromosikan jasa service yang jitu.

 

Tips Membuka Usaha Reparasi Komputer dan Laptop



 

Usaha reparasi komputer/laptop, Hp Saat ini, sudah tidak asing lagi jika orang sering menggunakan Hp atau komputer dan pastinya akan selalu di cari daripada harus membeli lagi yang baru padahal kerusakannya ringan.

Bahkan, pemiliknya pun beragam, dari mulai pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Nah, fakta ini tentu bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis apabila Anda jeli dalam melihatnya, yaitu usaha service hp, komputer/laptop.

 

Baca juga : Tips Sukses Cara Membuka Usaha Sendiri Di Rumah

Untuk memulai usaha kecil-kecilan di bidang elektronik yakni service komputer/laptop, hp ini yang Anda butuhkan hanyalah :

Kemampuan dan keahlian

 

Konsumen dari usaha reparasi komputer dan laptop ini tentu saja para pemilik dan pengguna komputer dan laptop.

Hal ini dikarenakan tidak semua pemilik pemilik komputer dan laptop, bisa memperbaiki kerusakan pada komputer atau pun laptop mereka walaupun itu sangat mudah di lakukan.

 

Tempat usaha

 

Untuk memulai bisnis reparasi Komputer dan Laptop ini, yang perlu Anda persiapkan pertama kali adalah Tempat usaha haruslah berlokasi di tempat yang strategis dengan luas ruangan yang cukup.

Meski tidak menggunakan ruangan yang terlalu luas, cukup gunakan ruang berukuran 4 x 5 meter untuk memulai usaha ini.

Selain itu, sediakan rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, meja dan kursi, serta peralatan pendukung reparasi lainnya.

Dan jangan lupa proposal usaha service komputer dan laptop sudah harus anda persiapkan agar usaha yang nanti di jalankan lancar dan tidak dipersulit. Dan untuk contoh proposalnya bisa anda download di www.academia.edu.

Yang terakhir, siapkan komputer minimal 1 unit dengan spesifikasi tinggi yang digunakan untuk mencoba CPU atau komputer yang sudah jadi.

Agar display-nya terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan display seperti dengan menyediakan berbagai macam keperluan aksesoris komputer maupun laptop misalnya saja keyboard, mouse, speaker, monitor dan lain sebagainya.

Adapun untuk tarif service komputer dan laptop, biasanya harga yang ditawarkan bervariasi dan tergantung pada tingkat kesulitannya.

Sebagai tips untuk menambah penghasilan dan memperluas target konsumen padukan dengan usaha cetak photo agar target konsumen ini juga tahu kalau anda juga menerima berbagai service elektronik. Lumayan kan kalau konsumen tersebut sudah tahu tempat anda.

 

Kelebihan usaha reparasi komputer dan laptop

 

Tentu saja dengan kurangnya pengetahuan dan keahlian para pemilik komputer dan laptop sehingga ini bisa menjadi lahan bisnis bagi penyedia jasa reparasi komputer dan laptop.

Jika konsumen yang tidak bisa memperbaiki sendiri komputer dan laptop-nya semakin banyak maka semakin besar pula permintaan pasar untuk menggunakan jasa reparasinya.

Disamping itu peluang pasar bisnis reparasi juga semakin luas karena saat ini jumlah pengguna komputer dan laptop semakin meningkat.

 

Kendala dalam membuka usaha reparasi komputer dan laptop

 

Namun, usaha ini juga memiliki kendala. Salah satunya adalah Anda harus memiliki keahlian khusus untuk memperbaiki komputer dan laptop yang rusak.

Maka dari itu, sebaiknya pilih karyawan dengan seleksi yang cukup ketat agar kualitas pelayanan yang diberikan bisa terjaga.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan jaga kualitas pelayanan dikarenakan saat ini persaingan bisnis usaha reparasi komputer dan laptop bisa dibilang cukup tinggi.

Untuk memasarkan usaha ini, coba dengan beriklan di media massa atau menyebarkan brosur-brosur kecil di sekitar lokasi usaha anda, kampus atau sekolah-sekolah.

Jangan lupa juga untuk menjalin kerja sma dengan toko yang menjual komputer atau laptop untuk memberikan pelayanan jasa servis bagi barang dagangan mereka yang mengalami kerusakan.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Yang Sukses

 

Cara Mempromosikan

 

Sekarang kita lanjut membahas bagaimana cara mempromosikan jasa usaha service elektronik yang jitu. Tentu barang yang ditawarkan bukan produk fisik tapi berupa jasa.

Berikut ini cara berpromosi yang jitu berdasarkan pengalaman saya sendiri di lapangan, antara lain :

 

Promosi Online

 

Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi dalam bidang internet maka anda bisa mempromosikan usaha dan jasa anda melalui online.

Langkah ini terbilang efektif untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak berdasarkan lokasi yang anda inginkan.

Saya sendiri pernah membantu teman mengiklankan jasa service ac di forum ads id dan internet ternyata banyak sekali konsumen yang membutuhkannya.

Cara ini mudah sekali bagi orang yang terbiasa gaul di media sosial dan mampu menulis deskripsi secara tepat yang mampu membuat orang penasaran untuk melihatnya.

Promosi online itu banyak caranya seperti promosi usaha jasa perbaikan barang elektronik di medsos facebook, twitter, instagram, line dan lain sebagainya dengan menggunakan alat promosi.

Dan tak kalah penting promosi di halaman pertama google dengan kata pencarian terbanyak. Bisa dengan menggunakan iklan berbayar google ads atau menerapkan teknik seo agar bisa muncul di halaman pertama ketika orang mencari jasa service.

 

Buka usaha di tempat strategis

 

Cara efektif lain untuk promosi usaha jasa anda sekaligus menarik sebanyak mungkin konsumen dengan cara membuka usaha di tempat strategis yang sangat mudah dilihat banyak orang seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Seperti buka usaha perbaikan di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor.

Sehingga jika ada prospek atau orang yang mengalami kerusakan terhadap barang elektronik mereka tidak akan segan datang ke tempat usaha anda untuk melihat. Baik itu sekedar bertanya atau langsung melakukan perbaikan.

Agar usaha service anda laris manis maka:

  1. Berikanlah harga jasa perbaikan yang murah meriah atau lebih murah dari pesaing
  2. Berikan pelayanan yang cepat, ramah dan menyenangkan
  3. Berikanlah masa garansi
  4. Berikan komisi bagi siapa saja yang bisa mendatangkan konsumen
  5. Beriklan di media massa cetak dan elektronik lokal dan lain sebagainya.

 

Semoga artikel tips membuka usaha reparasi komputer/laptop ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi buat anda yang mencari peluang usaha rumahan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: