Tips Mudah Agar Bisnis Makanan Online Anda Selalu Laris Pembeli

Tips mudah agar bisnis makanan online anda selalu laris pembeli – Bisnis online sekarang ini sudah menjadi pilihan yang paling menjanjikan bagi siapa saja yang ingin memulai berbisnis dengan sedikit modal tentunya. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin berbisnis makanan atau kuliner namun belum memiliki cukup modal untuk menyewa tempat.

 

Baca juga : Usaha Kuliner Modal Kecil

 

Tips mudah agar bisnis makanan online anda selalu laris pembeli
photo credit: cbinsights.com

 

Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah dari hari ke hari, tak terkecuali dalam hal transaksi jual beli.

Kalau dulu kita harus datang ke toko untuk membeli suatu barang, sekarang, hanya dengan menggunakan internet dan smartphone/laptop kita bisa dengan mudah membeli barang yang kita inginkan.

Bisnis secara online ini sudah merambah ke segala bidang, salah satunya adalah bidang makanan/kuliner.



 

Dan bisnis kuliner online memang menjadi pilihan paling tepat buat anda yang memiliki hobi memasak dan sekaligus menjadikannya sebagai peluang usaha.

Meskipun bisnis kuliner online sudah mulai marak di pasaran sejak 2 tahun yang lalu, akan tetapi tidak banyak yang berkembang atau bahkan tidak bertahan sampai sekarang.

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis online di bidang kuliner, ada tips-tips sukses di bawah ini yang bisa anda jadikan rules dalam memulai bisnis anda.

6 Tips supaya bisnis makanan online selalu laku terjual



 

1. Tampilkan produk bisnis makanan online semenarik mungkin

Saat memulai bisnis secara online, tampilan produk adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, terutama buat anda yang berbisnis di bidang kuliner.

Tampilan yang menarik akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya, sehingga membuat mereka penasaran untuk membeli dan mencicipi produk anda.

Ambil foto produk makanan anda dengan kamera beresolusi tinggi serta dari berbagai angle. Pastikan pencahayaannya cukup agar hasil fotonya juga semakin bagus dan menarik.

 

2. Cantumkan secara detail bahan-bahan yang terkandung dalam produk

Mencantumkan secara detail bahan-bahan yang anda gunakan dalam makanan juga akan sangat membantu menaikan kualitas produk kuliner anda.

Hal ini juga dapat menghindari rasa kecewa dari konsumen yang memiliki alergi pada bahan makanan tertentu.

Dan kalau perlu, cantumkan juga besar presentase kalori, karbohidrat, lemak, dll dalam produk makanan anda.

Dengan begini, konsumen yang menjalani program diet juga akan tertarik membeli makanan anda.

 

3. Jangan sampai membuat konsumen menunggu lama

Pada toko offline maupun online, semua pembeli pasti sangat menginginkan agar dilayani dengan cepat.

Pisahkan gadget pribadi anda dengan gadget untuk bisnis. Jangan biarkan konsumen menunggu respon balasan yang terlalu lama.

Hal ini akan berdampak buruk pada reputasi bisnis kuliner online anda jika para konsumen merasa kecewa karena kelambatan anda dalam merespon.

Jangan lupa untuk selalu bersikap friendly (ramah) pada setiap konsumen.

Kalau anda tidak ingin terganggu pada jam-jam tertentu karena urusan pribadi, sertakan pula keterangan tentang jam operasional online shop anda.

 

4. Perhatikan pengiriman dan kemasan

Bisnis kuliner secara online menjadikan anda harus mengantarkan produk makanan anda kepada konsumen.

Dalam hal ini anda harus cermat dan hati-hati dalam hal pengiriman. Bungkus dan susun produk anda dengan rapi menggunakan tempat yang pas (tidak terlalu besar/kecil).

Hal ini akan menjaga produk makanan anda sampai dengan selamat dan aman ke tangan konsumen.

Pastikan juga bentuk dan tampilan makanan yang anda kirimkan sesuai dengan yang ada di gambar.

Kalau anda belum atau tidak memiliki jasa delivery pribadi, gunakan jasa delivery umum yang cepat dan terpercaya.

 

5. Bisnis makanan online sangat erat dengan media sosial

Manfaatkan jejaring media sosial seperti facebook, instagram dan twitter untuk memperkenalkan produk makanan anda pada masyarakat luas.

Jika ingin bisnis makanan/kuliner online anda cepat dikenal dan dilihat kapan saja, jangan mengunci media sosial yang anda gunakan.

Unggah foto-foto makanan buatan anda di halaman-halaman media sosial tersebut secara berkala dengan sajian yang semenarik mungkin.

Sesekali lakukan “Tandai Secara Acak” agar banyak orang yang melihat produk anda.

Jangan melakukan “Tandai Secara Acak” terlalu sering, karena akan membuat online shop anda dianggap sebagai spam. Hal ini akan merusak citra dan nama online shop anda sendiri.

 

Baca juga : Usaha Kuliner Kekinian

 

6. “Perlihatkan” testimonial

Gunakan fitur screen capture di gadget anda untuk mengumpulkan testimonial dari para konsumen yang sudah membeli produk makanan anda secara online.

Semakin banyak testimonial dari konsumen, maka semakin terpercaya juga produk kuliner anda.

Jika anda menggunakan media instagram, buat instagram khusus untuk mengupload testimonial-testimonial dari konsumen.

Menyatukan screen capture testimonial dengan produk jualan anda di instagram akan membuat konsumen kesusahan memilih produk yang akan mereka beli.

Tips-tips di atas adalah kunci keberhasilan buat anda yang mau memulai bisnis kuliner atau makanan online. Selain itu usahakan untuk membuat inovasi baru seperti promo dan terus menambah variasi menu agar konsumen tidak bosan dan selalu melirik produk makanan anda. Semoga bermanfaat dan sukses ya!