Tips Cara Sukses Usaha Jualan Es Buah Sederhana Kekinian

Cara sukses usaha jualan es buah – Selain aneka jajanan kue, salah satu cara mendapatkan uang yang sangat menjanjikan saat ini adalah bisnis dalam bidang minuman. Karena pada siang hari biasanya manusia merasakan dahaga atau haus.



 

Untuk melepaskan rasa haus mereka seringkali minum minuman dingin. Seperti minum aneka es buah seperti es lilin atau sop buah.

Hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia menggemari es buah.

Maka dari itu, usaha jualan es buah merupakan salah satu usaha yang prospektif dan salah satu usaha modal minim.

Masyarakat menyukai es buah karena terdapat campuran buah, sirup dan susu yang sangat menyehatkan.

Bahkan, rasanya yang segar biasa dinikmati oleh para konsumen di siang hari sebagai penghilang dahaga mereka di cuaca yang panas.

Tips Cara Sukses Usaha Jualan Es Buah
Tips Cara Sukses Usaha Jualan Es Buah

 

Agar es buah yang Anda tawarkan berbeda dengan es buah pada umumnya, maka sebaiknya gunakan sirup yang memang dipakai untuk berjualan es buah agar rasa manis gulanya tetap asli dan terjaga.

Sedangkan buah yang menjadi bahan baku es sari buahnya antara lain melon, apel, jeruk, anggur, sirsak, mangga, pear, alpukat, semangka, stroberi, dan jambu biji.

Untuk menambah kenikmatan rasa es buah, ditambahkan pula susu kental manis putih yang akan menambah kenikmatannya.

Dan untuk semangkok es sari buah, bisa Anda hargai 5 ribu Rupiah saja, target pembeli umum saja, biar untung sedikit asalkan es buah laris.

Gerai usaha es buah tidak ada istilah sepi pembeli. Tapi ia laris manis diserbu para konsumen dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Mencari lapangan kerja saat ini sangat sulit. Kalaupun ada biasanya hanya untuk orang yang masih sangat muda. Dengan kriteria khusus seperti usia maksimal dan tinggi badan minimal.

Selain itu, mendapatkan lowongan pekerja sesuai dengan passion kita sangat sulit. Untuk apa sobat mendapatkan pekerjaan tapi kita terpaksa atau tak enjoy. Maka pilihlah pekerjaan yang enjoy.

Lalu mengapa mendapatkan pekerjaan itu sukar sekali saat ini?

Hal tersebut tak terlepas dari persaingan yang sangat ketat. Satu lowongan pekerjaan baru diperebutkan oleh ribuan orang.

Mengkhawatirkan…

Oleh sebab itu, bagi orang yang cerdas dan pintar maka menjadi pengusaha adalah pilihan yang sangat tepat.

Sebab menjadi pengusaha bisa cepat kaya dan bekerja bebas tergantung semau kita.

Jika anda ingin membuka suatu usaha maka anda harus memilih jenis usaha yang menguntungkan dan omset harian.

Contohnya adalah usaha rumahan jualan es buah, terlebih lagi di bulan puasa bisa sangat menguntungkan sangat cocok dijadikan pilihan bisnis sampingan ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan.

Jika lokasi rumah anda berada di tempat yang strategis seperti banyak anak-anak yang bermain maka anda bisa membuka usaha jualan es buah di depan rumah.

Dipastikan usaha ini akan laris manis. Mengingat anak-anak suka jajan dan berolahraga. Ketika mereka haus maka mereka minum es buah. Seperti yang dilakukan oleh kawan saya yang buka usaha jualan ‘es buah aquarium kekinian’.

 

Tips cara sukses agar jualan es buah laris manis



 

Jika anda ingin meraup untung besar dari peluang usaha rumahan jualan es buah, berikut ini cara membuka usaha es buah yang laris manis dan menguntungkan, antara lain :

 

1. Lokasi strategis

Untuk membuka usaha jualan es buah diperlukan loksi usaha yang strategis. Dimana lokasi usaha mudah dijangkau banyak orang, mudah dilihat banyak orang, di pusat keramaian orang dan lain sebagainya.

 

2. Harga murah

Anda mesti memberikan harga murah dari es buah yang anda jual. Sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli es buah buatan anda. Harga es buah yang normal di psaran sekitar Rp 5000 per gelas.

 

3. Segar dan Berkualitas Baik

Ada kerabat saya pernah minum es buah di sebuah gerai usaha jualan es buah di daerah subang. Harga yang ditawarkan cukup murah dari pesaing sekitar Rp 5000 per porsi.

Ketika makan terasa nikmat. Namun sayang beberapa lama kemudian, perut terasa mual dan kepala terasa pusing. Hingga penulis mengalami sakit perut. Setelah diperiksa oleh dokter dinyatakan bahwa penulis kracunan makanan mengkonsumsi es buah.

Dari cerita di atas, penulis hendak menekankan bagi anda sebagai pemula yang hendak membuka usaha jualan es buah agar menyediakan es buah yang berkualitas baik.

Dalam arti, berbagai jenis buah-buahan yang ada haruslah masih segar dan air harus benar-benar masak. Sehingga konsumen tidak merasakan sakit sesudah makan es buah.

 

4. Merekrut tenaga penjual

Dan terakhir tak kalah penting untuk membuka usaha jualan es buah yang menguntungkan dan laris pelanggan adalah merekrut tenaga penjual sebanyak-banyaknya.

Anda tidak bisa mengandalkan tenaga sendiri untuk berjualan es buah. Sebab penghasilan harian yang didapatkan terbatas. Anda perlu meningkatkan dengan cara merekrut tenaga penjual yang handal. Seperti menitipkan di gerai warung dan kantin dekat sekolah.

 

Cara Sukses Pemasaran Es Buah



 

Untuk memasarkan usaha es buah ini, Anda bisa memasang banner yang bertuliskan es buah lengkap dengan gambar-gambar buahnya yang kelihatan segar agar dapat menarik minat para konsumen.

Selain itu, jaga kualitas rasa es buah agar para pelanggan selalu ingin kembali lagi untuk membeli es buah di tempat Anda.

Dan yang terakhir, pemasaran es buah ini bisa Anda serahkan dengan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut para konsumen yang datang berkunjung ke lokasi usaha es buah Anda.

Salah satu kelebihan dari jualan es buah adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Bahkan, usaha es buah ini juga cukup mudah untuk dijalankan dikarenakan proses pembuatan produknya tidak sulit, hanya membutuhkan buah segar dan sirup yang berkualitas.

Bahkan, waktu operasionalnya juga tidak lama sehingga diluar jam operasional Anda bisa beristirahat atau mencoba usaha lainnya.

Biasanya, usaha es buah beroperasi mulai jam 10.00 sampai jam 17.00. namun usaha es buah ini juga memiliki kekurangan sebagaimana usaha-usaha minuman dingin lainnya.

Seperti masalah cuaca yang sering hujan menjadi resiko bagi pelaku usaha ini, sebab jika sering hujan di siang hari minat konsumen untuk menikmati es buah juga menurun.

Nah, agar usaha yang Anda geluti berjalan dengan sukses dan tetap diminati oleh para konsumen maka Anda pun dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam mengkreasikan es buah buatan Anda.

 

Resep Es Buah Untuk Jualan



 

Resep es lilin buah alpukat + Choki-Choki

Resep es lilin buah alpukat + Choki-Choki
Resep dan Gambar By Instagram @banususanto

 

Bahan-bahan:

  1. 8 – 10 buah plastik es lilin
  2. 300gr kerukan dari daging buah alpukat mentega
  3. 200cc susu kental manis
  4. 500cc air
  5. Garam secukupnya
  6. 3 buah choki-choki

 

Cara membuat:

  • Pertama masukkan terlebih dulu choki-choki secukupnya ke dalam plastik es lilin. Pencet sampai choki-choki menempel di dinding plastik es lilin.
  • Masukkan kedalam blender kerukan daging buah alpukat, susu kental manis, air, garam secukupnya kemudian blender hingga lembut.
  • Kalau selesai, masukkan ke dalam piping bag agar lebih mudah pengisian ke dalam plastik es lilin.
  • Lalu masukkan ke dalam freezer. Sajikan bila sudah beku.

 

Resep es buah puding susu ala @Rhiniewidya

Resep es buah puding susu
Resep dan Gambar By Instagram @Rhiniewidya

 

Bahan-bahan :

  1. 1 kaleng SKM Putih
  2. 1250 ml air
  3. 1 bungkus agar-agar Plain
  4. 1 sdt vanili
  5. Selasih (secukupnya)
  6. Nata de coco (secukupnya)
  7. Sirup jeruk ABC

*Pilihan buah : Sesuai selera, potong-potong

 

Cara membuat :

  • Campur agar-agar, SKM, vanili dan Air aduk hinggan rata.
  • Masak diatas api sedang aduk terus sampai mendidih.
  • Matikan api tuang ke dalam mangkok cetakan atau wadah kaca.
  • Diamkan hingga dingin lalu susun buah diatas puding beri selasih dan sirup jeruk.
  • Simpan di kulkas minimal 4 jam.
  • Selamat mencoba

 

Untuk resep es buah sederhana kekinian untuk jualan Anda bisa mencarinya di Instagram seperti es buah aquarium, koktail, ximilu, melon, sirsak, segar tanpa susu dan santan dll.

Itulah beberapa tips cara sukses usaha jualan es buah untuk meraup untung besar.

Untuk sukses dalam bisnis minuman ini adalah anda mesti mempunyai semangat yang kuat, kerja keras dan pantang menyerah setiap hari.

Tanpa itu semua bisnis es buah akan rugi. Selanjutnya untuk meningkatkan omset harian, sobat bisa buka usaha jualan es krim, berjualan jus buah, buka warung kecil-kecilan, usaha mainan anak-anak dan lain sebagainya. Selamat berwirausaha dan semoga anda bisa sukses, silahkan di share.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: