Tips Sukses Usaha ‘Pembuatan Mie’ atau ‘Mie Ayam’

Mie adalah makanan yang banyak peminatnya di Negara Indonesia. Meski tidak berasal dari Indonesia, makanan ini sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia.

Bahkan ada pula masyarakat Indonesia yang menjadikan mie sebagai makanan pokok kedua bagi mereka.

Kandungan karbohidrat yang ada pada mie ini membuat makanan ini sering di jadikan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat.

Baca juga : Peluang Usaha Jualan Kue Pukis

 

Tips Sukses Usaha Pembuatan Mie
Tips Sukses Usaha Pembuatan Mie

 

Minat masyarakat akan mie yang besar tentu bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha dalam hal cara mendapatkan uang. Saatnya Anda melangkah setelah membaca tips berikut.

 

Tips Sukses Usaha Pembuatan Mie



 

Untuk cara membuat mie, bahan bakunya mudah di dapatkan seperti tepung terigu, tepung tapioca, tepung jagung, tepung sagu, tepung beras, serta bahan – bahan tambahan (air ki, carboxymethyl cellulose, tepung pati, pewarna makanan, telur, dan calcium propionate).

Adapun peralatan yang penting di perlukan adalah sebuah mixer dan mesin penggiling mie.

Usaha pembuatan mie ini bisa dibilang memiliki beberapa kelebihan.

Disamping modal yang dibutuhkan tidak besar, bahan baku dan peralatan untuk pembuatan mie ini juga mudah untuk didapatkan.

Tak hanya itu, pelaku usaha juga akan mendapatkan keuntungan yang besar karena masyarakat memiliki minat yang besar akan makanan yang satu ini.

Produk mie tersebut bisa kamu jual dalam bentuk mie yang belum masak maupun dijual menjadi berbagai varian menu makanan mie.

 

Namun, proses dan usaha pembuatan mie ini memiliki kelemahan juga.

Salah satunya ialah isu negative yang beredar di masyarakat mengenai penggunaan bahan pengawet pada produk mie.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi isu seperti ini kamu harus mendapatkan ijin usaha dari badan POM sehingga kualitas produk mie terjamin keamanannya dan berhasil meyakinkan konsumen kembali.

Untuk memasarkan produk buatan kamu, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha makanan yang menggunakan mie sebagai bahan utama mereka.

Sehingga pr0duk yang mereka buat, bisa dipasarkan dalam jumlah yang banyak dibandingkan harus memasarkannya kepada konsumen akhir.

Bahkan dengan bekerja sama, kamu bisa mengenalkan produk mereka sekaligus produk kamu jadi memiliki brand atau merek.

Pemberian brand yang dicantumkan pada plastik kemasan mie akan membuat konsumen mengenali produk mie yang kamu produksi.

Agar usaha pembuatan mie ini berjalan sukses, maka kamu harus menjaga kualitas bahan baku dan kebersihan peralatan produksi.

Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan bahan baku yang membahayaan kesehatan, seperti pewarna non makanan, atau bahan pengawet non makanan (formalin).

Baca juga : Peluang Usaha Sepatu Lukis Dan Tas Lukis

 

 Namun kalau Anda lebih memilih menjadi konsumen akhir untuk dijadikan usaha , sebaiknya mengelolanya menjadi sajian mie ayam yang lezat dan membuat konsumen kenyang.

 

Usaha Mie Ayam



 

Mie ayam merupakan salah satu kuliner yang laris dan disukai orang. Membuka usaha jualan mie ayam lebih menjanjikan ketimbang jualan bakso.

Sebab di daerah saya ada beberapa warung bakso yang mengkombinasikan usaha dengan jualan mie ayam. Baksonya masih ada sedangkan mie ayam habis terjual.

Masno dekat rumah saya merupakan salah seorang penjual mie ayam menggunakan gerobak keliling yang laku keras.

Ia berangkat jualan mie ayam pada pagi hari. Dan pulang pada malam hari.

Ketika ia pulang dari jualan mie ayam dipastikan mie ayam yang ia jual ludes terjual.

Dari sinilah jelas bahwa usaha jualan mie ayam memberikan untung besar.

Usaha jualan mie ayam merupakan bisnis non musiman. Ia akan laris manis ketika musim hujan maupun musim kemarau.

Apalagi saat hari raya lebaran, penjualan mie ayam melonjak drastis. Buka pagi hari maka mie ayam habis pada malam hari.

 

Namun untuk sukses dalam usaha jualan mie ayam, syarat utama adalah resep mie ayam yang disajikan mempunyai rasa yang enak dan lezat.

 

Saya ketika hendak menuju pulang ke rumah atau jalan-jalan, sering menemukan sebuah gerai usaha jualan mie ayam secara rumahan yang dilakoni oleh seorang ibu rumah tangga.

Pendek kata, usaha jual mie ayam sangat cocok dijalankan oleh seorang ibu secara rumahan sambil mengurus rumah tangga di rumah.

Adapun rincian biaya modal usaha mie ayam sangatlah sederhana.

Anda hanya perlu mempersiapkan gerobak atau booth, lokasi usaha yang strategis, peralatan memasak seperti sendok, garpu, mangkok, gelas dan lain sebagainya.

Perkiraan modal usaha awal menghabiskan dana sekitar Rp 5 juta.

Prospek usaha jualan mie ayam masih cerah. Mengingat mie ayam termasuk produk kuliner yang dibutuhkan oleh banyak orang setiap hari. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia yakni makan.

Mie ayam disukai semua kalangan orang dari anak anak, pelajar, mahasiswa, masyarakat umum hingga orang desa dan kota.

 

Kiat sukses usaha mie ayam ibu rumah tangga



 

Berikut ini kiat sukses kalau ingin membuka usaha mie ayam dan cocok buat ibu rumah tangga dari awal sampai siap berdiri, antara lain :

 

1. Lokasi strategis

Dalam rangka membuka bisnis usaha mie ayam maka sobat harus memperhatikan lokasi usaha.

Dan ini paling perlu selain dari resep mie ayam lezat yaitu selalu memastikan kalau lokasi atau tempat usaha di tempat yang strategis.  Sangat mudah untuk dilihat serta dijangkau orang banyak, agar lebih memudahkan terjadinya penjualan.

 

2. Harga jual mie ayam

Untuk memastikan usaha jualan mie ayam bisa laris manis maka anda harus menjual mie ayam dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

Harga mie ayam yang normal sekitar Rp 8000 per mangkok. Namun anda bisa menjualnya dengan harga Rp 5000 per porsi untuk menjangkau semua kalangan.

 

3. Rasa enak

Yang dicari dari konsumen dalam membeli mie ayam adalah mendapatkan mie ayam dengan rasa yang lezat dan nikmat.

Oleh sebab itu, sobat harus menjual mie ayam dengan citarasa khas, enak dan lezat.

Sebab percuma jika sobat menjual mie ayam dengan rasa yang tak enak dan tidak disukai pasar. Usaha mie ayam akan bangkrut dalam waktu cepat.

 

4. Pelayanan bagus

Supaya usaha jual mie ayam untuk ibu rumah tangga laris manis maka perlu dilakukan beberapa strategi.

Seperti membuka kios mie ayam yang lebih luas dan lebih lengkap dari pesaing. Anda bisa menjual mie ayam baso, mie ayam ceker dan lain sebagainya.

Nah, itu dia beberapa tips dan kiatnya. Sangat sayang jika anda melewatkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan ini. Tinggal Anda pilih ingin memulai usaha pembuatan mie atau hanya memilih usaha jualan mie ayam.

Selamat menikmati artikel-artikel kami selanjutnya yang lebih menarik! dan Jika berkenan silahkan di share biar bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: