Tujuan Investasi Paling Menguntungkan Dan Perbedaan Menabung

Tujuan Investasi Paling Menguntungkan Dan Perbedaan Menabung | Setiap pekerjaan ataupun aktifitas harus mempunyai tujuan. Tujuan memberi semangat atau gairah karena hal itu berkaitan dengan AMBAK atau apa manfaat bagiku. Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari suatu pekerjaan atau aktifitas itu berarti selangkah lebih maju. Langkah selanjutnya adalah melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan benar.




 

Tujuan Investasi Dan Perbedaan Investasi Dan Menabung

Tujuan investasi adalah untuk memenuhi keperluan keuangan di masa yang akan datang dimana dana tersebut belum ada untuk sekarang ini. Hal ini berarti investasi untuk masa depan bukan untuk masa sekarang tetapi untuk jangka panjang.

Baca juga : Tips mendapatkan dana pinjaman

 

Tujuan Investasi Paling Menguntungkan
Image Source : pexels.com

Adapun berinvestasi di masyarakat Indonesia bukanlah merupakan sebuah kebiasaan atau tradisi. Hanya sedikit orang saja yang menjadikan investasi sebagai sebuah kebiasaan.

Justru bangsa Indonesia sekarang ini terkenal sebagai bangsa konsumtif, apa-apa keperluan sebagian diimpor dari luarnegeri. Yang menjadi pertanyaan adalah :

Apa bedanya investasi dengan menabung?

 

Menabung adalah menyisihkan sebagian penghasilan atau pendapatan kita sehingga terkumpul dana lumayan besar di masa datang. Begitupula tujuan investasi adalah salah satu strateginya menyisihkan penghasilan dan dana kita untuk diinvestasikan atau disimpan dalam bentuk investasi tertentu. Yang pasti yang membedakan tabungan dan investasi terletak pada hasil akhir.

 

Hasil akhir menabung adalah anda mendapatkan bunga bank sekitar 1 persen hingga dua persen pertahun. Sedangkan kenaikan barang-barang kebutuhan pokok atau angka inflasi di tanah air pertahun mencapai 7 persen hingga 8 persen.

Hal ini berarti uang yang kita tabung bersama bunganya tidak mencukupi untuk menyamai laju inflasi atau menyamai kenaikan harga-harga barang kebutuhan pokok.

Bisa dikatakan uang yang kita tabung di bank menyusut dalam jangka panjang sebab tidak bisa menyamai atau mengimbangi kenaikan harga barang kebutuhan pokok.

Sementara itu, investasi berpeluang besar memberikan imbal hasil atau return yang jauh lebih besar dari yang diberikan perbankan. Investasi akan sanggup menyamai kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok atau mengimbangi laju inflasi, bahkan dapat melebihi laju inflasi sehingga mampu mencukupi keperluan keuangan di masa datang.

Tanpa uang menyusut atau berkurang bahkan berlebih, itulah investasi. Banyak jenis investasi yang bisa anda garap seperti :

  • Investasi tanah
  • Investasi rumah
  • Investasi emas
  • Investasi properti
  • Investasi reksadana
  • Dan lain sebagainya.

 

Adapun jika investasi yang likuid di pasar modal yang mudah dipahami adalah investasi reksadana yang dikelola oleh manajer investasi.

Anda bisa mencari daftar manajer yang mengelola investasi reksadana di Otoritas Jasa Keuangan atau melalui bank tempat anda menabung uang. Sebab hampir semua bank besar di tanah air menjadi agen penjual investasi reksadana.

 

Tujuan Investasi Paling Menguntungkan



 

Banyaknya investasi yang tersedia dan ditawarkan kepada masyarakat menambah bingung sebagian masyarakat dalam menentukan jenis investasi yang hendak dipilih. Ada resiko yang berbeda-beda dari setiap jenis investasi.

Oleh sebab itu, anda mesti bersikap bijak dalam menimbang dan memilih investasi. Pilihlah investasi yang paling menguntungkan untuk tujuan akhir.

Berikut ini sejumlah investasi jangka panjang yang dapat anda pilih untuk masa depan anda, antara lain :

 

1. Investasi emas





Emas merupakan logam mulia yang berharga. Emas dinilai langka keberadaannya dengan memiliki keindahan sehingga bernilai tinggi dan diterima semua kalangan.

Emas sering digunakan sebagai perhiasan dan mudah dibentuk. Namun bukan hanya itu, keunggulan emas lainnya adalah sebagai alat investasi yang menguntungkan sekali dan paling aman.

Banyak orang lebih memilih investasi ke dalam bentuk emas sebab emas memiliki nilai yang stabil dan bisa diuangkan setiap waktu apabila diperlukan.

Adapun investasi dalam bentuk tabungan atau deposito bank tidak bisa disebut investasi yang menguntungkan sebab bunga tabungan dan bunga deposito di tanah air rendah sekali tidak sesuai dengan tingkat inflasi.

Uang dalam deposito dan tabungan bank kelak akan tak berarti apa-apa lagi masa mendatang dimakan inflasi.

Namun investasi dalam bentuk deposito atau tabungan bank lebih bagus ketimbang menyimpan uang di dalam rumah sih.

Baca juga : Keuntungan Membuka Deposito Di Bank Mandiri

 

2. Investasi asuransi

Asuransi merupakan alat investasi untuk memproteksi diri jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan atau asuransi sebagai alat untuk meminimalisir kehilangan uang atau finansial kita

 

3. Investasi reksadana

Banyak sekali jenis investasi reksadana yang bisa anda pilih seperti obligasi, saham, atau pasar uang. Para investor hendaknya memilih jenis reksadana yang cocok dengan keinginan dan resiko yang akan ditanggung

 

4. Investasi saham obligasi

Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau negara menarik sekali untuk dijadikan sebuah investasi sebab bunganya relatif lebih tinggi dari bunga deposito.

Akan tetapi, saham obligasi yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan atau korporasi perlu kehatian-hatian terhadapnya dan waspada tingkat tinggi sebab tingkat keamanannya belum terjamin.

Baca juga : Jenis Jenis Saham

 

5. Investasi tanah dan rumah

Jenis investasi tanah dan rumah merupakan jenis investasi paling menguntungkan yang bersifat jangka panjang. Karena harga bangunan dan tanah semakin lama maka kian naik selangit

Dari semua investasi di atas mana yang lebih menjanjikan dan menguntungkan?

Semua investasi di atas mesti anda miliki. Investasi tabungan bank untuk keperluan keuangan anda sehari-hari dan sebagai dana cadangan.

Reksadana mempunyai resiko lebih kecil daripada obligasi. Lalu investasi bangunan dan rumah mempunyai resiko yang lebih kecil dan kita bisa memperoleh keuntungan sebab nilainya semakin tinggi.

Demikianlah artikel yang bisa penulis sampaikan berkenaan dengan tujuan investasi, investasi paling menguntungkan dan perbedaannya untuk mencukupi tujuan kebutuhan di masa mendatang. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca dalam memahami seluk beluk dan dunia investasi.