Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan, Mudah Dan Pasti Laku

Pusing sekali jika seseorang memutuskan untuk membuka sebuah usaha kecil kecilan ya. Karena dipastikan akan banyak pesaing dan kompetitor. Berbagai penolakan tawaran terjadi.



 

Pemutusan hubungan kerjasama usaha terjadi. Usaha rawan mengalami yang namanya bangkrut. Begitupula berprofesi sebagai karyawan swasta rawan terjadi phk atau pemutusan hubungan kerja.

Karena persaingan bisnis sangat ketat. Sebuah bisnis bisa langsung gulung tikar saat ini.

Maka jalan terbaik adalah menjadi PNS atau pegawai negeri. Namun hidup tidak bebas. Hanya cukup untuk makan sehari. Untuk meningkatkan income, seorang PNS harus membuka usaha sampingan kecil-kecilan agar bisa kaya raya.

Memang hidup itu sesusah demikian. Tidak ada yang enak. Semuanya hanya diserahkan kepada Allah SWT. Kita harus pandai dalam berbisnis.

Salah satu pilihan dalam mendapatkan penghasilan adalah melalui bisnis atau perdagangan.

Sebagaimana Rasulullah SAW berpesan bahwa 90 persen pintu rejeki berada dalam perniagaan. Nabi Muhammad SAW pun dikenal sebagai pedagang yang ulung dan sukses. Umat Islam harus mencontoh beliau yang mengukir prestasi dalam penjualan dan omzet.

Untuk memulai suatu bisnis baik usaha kecil-kecilan maupun bisnis besar tentu diperlukan modal usaha. Namun semua bisnis harus dimulai dari bawah atau kecil.

Berjalan waktu, bisnis akan membesar. Baik membesar dalam omzet, penjualan dan pelanggan dan lain sebagainya.

Seseorang mesti mempunyai beberapa bisnis agar ketika bisnis yang satu gulung tikar atau rugi maka ada bisnis lain yang menguntungkan untuk membiayai kehidupan.

Hal ini seperti diungkapkan para pakar finansial dan Robert T Kiyosaki. Ada banyak usaha kecil-kecilan yang mudah dijalankan, menguntungkan dan laris pembeli.

Ada dua hal yang berkaitan dengan bisnis. Bisnis adalah penjualan dan jaringan atau relasi.

Dengan memiliki banyak jaringan dan relasi maka akan semakin mudah kita menjual barang. Dan bagi yang alergi dalam menjual maka jangan berbisnis.

Karena bisnis tidak bisa lepas dari kemampuan menjual yang banyak sehingga keuntungan diperoleh dalam jumlah besar.

Dan salah satu hal yang paling banyak diimpikan banyak orang di seluruh dunia adalah mempunyai sebuah usaha yang sendiri di rumah tapi menguntungkan.

Panduan membuka bisnis yang menguntungkan haruslah dimulai dari bawah dengan modal kecil di dalam rumah.

Seperti yang teman saya lakukan dengan membuka bisnis es krim rumahan modal kecil. Namun berjalan waktu keuntungan terus tumbuh besar.

Ide Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Mudah Dilakukan Dan Pasti Laku
Ide Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan, Mudah Dilakukan Dan Pasti Laku

 

Dengan melakukan sebuah usaha kecil kecilan dari nol akan banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh seseorang, antara lain :

 

Resiko Kecil

Jika terjadi kerugian dari sebuah usaha maka resiko kerugian sangat kecil. Karena modal usaha yang dikeluarkan lumayan kecil. Namun jangan pernah berharap dengan bisnis modal kecil kebanyakan akan bangkrut dan rugi.

Tidak demikian sebab banyak perusahaan besar dimulai dari modal kecil. Seperti perusahaan google bermula dari garasi rumah. Tentu untuk jadi perusahaan besar dari usaha kecil diperlukan proses waktu lama.



 

Anggapan pengusaha pemula bahwa untuk menghasilkan uang atau berbisnis diperlukan uang. Padahal tidak demikian. Dalam memulai bisnis kadang tidak membutuhkan uang. Tapi menggunakan uang orang lain.

Contoh usaha kecil kecilan es krim. Dan belum tentu usaha dengan modal besar akan menghasilkan untung besar. Semua tergantung jenis usaha yang dijalani, prospek usaha dan sdm.

Seandainya anda mempunyai modal uang yang besar juga tetap harus memulai bisnis dari modal kecil. Perlahan usaha akan membesar.

Saat itulah kita disebut pengusaha sukses. Seorang pengusaha berhasil diciptakan tidak dalam waktu sekejap karena punya modal uang besar. Tapi diciptakan dalam waktu lama melalui perjuangan, kerja keras, sifat pantang menyerah dan seiring bertambah ilmu dan pengalaman.

Berikut ini sejumlah ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa sobat mulai dari dalam rumah dengan keuntungan sangat besar.

 

Ide Dan Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah



 

Usaha kecil kecilan cemilan

usaha kecil kecilan cemilan
Image By findabusinessthat.com

 

Usaha ini sangat mudah dijalankan dan sangat cocok untuk pemula. Anda bisa membuka warung di depan rumah berupa meja kecil. Adapun cemilan ringan yang dijual seperti aneka kripik atau kerupuk yang berasal dari para pemasok, pabrik, distributor.

Dan yang lebih menjanjikan adalah anda membuat sendiri cemilan ringan kemudian mengemas dengan memberikan logo brand anda sendiri.

Sedangkan cara pemasaran bisa dijual langsung di depan rumah atau dititipkan di sejumlah kantin untuk anak sekolah atau mahasiswa, warung maupun toko kelontongan.

Untuk contoh anda bisa jual cemilan siang hari sore dan malam hari:

  • Keripik udang, Ikan, kentang dan sejenisnya.
  • Sop, rujak asinan asinan buah dan lainnya.
  • Agar-agar dan sejenisnya.
  • Stik kentang, Keju dan Stik Talas.

 

Pulsa usaha kecil kecilan yang lagi trend

usaha kecil kecilan yang cepat laku
Image By kata-baca.blogspot.com

 

Seiring dengan kemajuan jaman, kini setiap orang hampir dipastikan memiliki ponsel. Untuk menjalankan hp diperlukan pulsa.

Kebutuhan akan pulsa di jaman modern saat ini sangat tinggi untuk kebutuhan whatsapp-an, nelpon hingga untuk facebook-an. Sangat cocok dilakoni untuk anak kost.

Peluang usaha yang cepat laku yaitu berjualan pulsa elektrik karena sangat menjanjikan dijalankan di kota maupun di kampung.

Sebab bisnis ini anti rugi dan selalu menguntungkan. Yang penting adalah sabar dan kerja keras untuk sukses dalam usaha kecil kecilan pulsa elektrik.

Mengapa bisnis berjualan pulsa elektrik cenderung disebut usaha yang mudah dilakukan dan laris pembeli?

Karena berdasarkan pengalaman memang demikian. Modal usaha yang harus dikeluarkan sangat kecil.

Hanya uang sebesar Rp 100 ribu, seseorang sudah bisa mulai bisnis jualan pulsa elektrik. Sebab modal handphone sudah dimiliki dan hampir setiap orang mempunyai hp jadul atau terbaru.

Lalu mengapa banyak usaha jualan pulsa elektrik mengalami kebangkrutan dan tutup usaha?

  1. Dikarenakan banyak faktor. Seperti jualan pulsa dengan cara dihutangkan sehingga modal usaha tidak berputar.
  2. Lalu yang utama adalah kurangnya jaringan sehingga sedikit orang yang membeli pulsa dari anda. Maka keuntungan perhari pun jadi sangat sedikit.

 

Perlu dipahami keuntungan bersih usaha jualan pulsa elektrik sekitar Rp 500 – Rp 1.000 per sekali transaksi.

Jadi dalam satu hari diperlukan 1000 transaksi pulsa untuk mendapatkan omset bersih di atas Rp 500 ribu perhari.

Untuk mendapatkan jaringan sebanyak 1000 orang tentu tidak mudah. Namun anda bisa memulainya dari anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, kenalan di medsos, rekan kerja, sahabat dan teman, dan lain sebagainya.

Bacaan terkait: Usaha studio foto kecil-kecilan

 

Kue Basah

Usaha Kue Basah
Image By mumsbakecakes.co.uk

 

Di kota saya, kue basah salah satu makanan yang sering di cari orang di pagi hari sebelum berangkat kerja sebagai suguhan sarapan pagi biar tidak terlalu kekenyangan. Bisnis kuliner memang tidak akan ada habisnya.

Namun resep sukses bisnis ini maupun lainnya terdapat pada inovasi dan kreatifitas dari anda sendiri. Jadi sangat perlu menemukan ide agar bisa meningkatkan permintaan pasar. Dari inovasi dan kreatifitas cerita-cerita sukses di bidang kuliner selalu bermunculan untuk kita tiru.

Untuk contoh anda bisa menjual:

  • Bolu Kukus seperti milik @PippoBocu
  • Donat kentang
  • Onde – onde
  • Kue Lapis
  • Ongol – Ongol
  • Dadar Gulung
  • Kue Putu
  • Dan sebagainya.

 

Minuman

usaha kecil kecilan minuman
Image By depositphotos.com

 

Ada sebuah ide bisnis yang cemerlang yang bisa di jalankan untuk ibu rumah tangga di desa atau perkotaan yakni bisnis dalam bidang minuman.

Anda membuat minuman jus buah-buahan beraneka rasa kemudian memasukkan dalam kemasan plastic dan dipress.

Dan yang sekarang yang lagi trend adalah minuman rasa buah dengan wadahnya menggunakan aquarium disebut es buah aquarium.

Untuk minuman yang bisa dikemas antara lain :

  • Susu dalam kemasan
  • Sop buah kemasan
  • Yogurt kemasan
  • Minuman coklat aneka rasa
  • Manisan dalam kemasan dll.

 

Baca juga: Tips Cara Sukses Usaha Jualan Es Buah

 

Bukan hanya minuman yang bisa dikemas dalam gelas plastik. Tapi makanan cemilan pun bisa dengan harga jual terjangkau bagi segala kalangan.Yang penting kemasan dibuat semenarik mungkin agar timbul keunikan dan daya tarik membeli, kuliner bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dll.

 

Makanan

usaha kecil kecilan makanan
Image By makeinbusiness.com

 

Jenis usaha kecil-kecilan lainnya yang bisa dilakoni seseorang yang pastinya menguntungkan, laris pembeli dan mudah dijalankan adalah bisnis dalam bidang makanan.

Mungkin bisnis dalam bidang penjualan barang tertentu lama terjual karena bukan kebutuhan hidup sehari-hari.

Tapi bisnis makanan cepat laku dan terjual disebabkan kebutuhan utama manusia. Sehingga salah satu kelebihan bisnis makanan adalah mempunyai omzet bersih dan kotor harian.

Semakin banyak penjualan maka semakin besar keuntungan. Anda bisa mencoba bisnis makanan online jika belum memiliki lahan jualan. Yang perlu anda jaga selalu yaitu kebersihan tempat makanan yang akan di sajikan.

Bagaimana anda tertarik menekuni usaha dalam bidang makanan?

Jika Anda suka memasak dalam skala besar, mengapa tidak memulai bisnis katering dari rumah Anda?

Berapa banyak yang Anda hasilkan tergantung pada skala layanan yang Anda ambil, dan kemampuan Anda untuk memutuskan dengan benar berapa biaya pengeluaran Anda.

Tetapi ini juga merupakan industri di mana Anda dapat memulai dari yang kecil dan bekerja sampai ke yang lebih besar.

 

Potong Rambut

Usaha Potong Rambut
Image By businessinsider.com

 

Jika Anda memiliki pengalaman memotong rambut dan memberikan manfaat lainnya, membuka tempat dari rumah adalah cara terbaik untuk memulai salon kecil Anda sendiri dengan modal kecil.

Peralatan untuk memulai usaha potong rambut ini juga harganya semua terjangkau dan bisa segera anda mulai karena sudah memiliki keahlian tersebut.

 

Menjahit

Usaha Menjahit
Image By blog.treasurie.com

 

Entah Anda membuat baju dan sprei untuk dijual secara online atau di pasar lokal atau melakukan perbaikan dan perubahan untuk penduduk setempat dengan pakaian yang tidak pas, mesin jahit Anda bisa menjadi tiket Anda memulai bisnis kecil di rumah.

 

Service elektronik

Jasa Service elektronik
Image By howtostartanllc.com

 

Jika Anda termasuk orang yang suka utak-atik komputer, TV atau Hp untuk memperbaikinya, mengoperasikan bengkel elektronik di luar rumah Anda adalah keputusan yang sangat bagus.

Secara khusus, memperbaiki Hp sekarang ini akan memberi Anda banyak peluang mendapatkan banyak uang, karena tidak sedikit pengguna Hp mencari tempat service hp terdekat dan cara yang lebih murah untuk memperbaiki layar yang hancur dan kerusakan lain yang bisa saja mahal kalau melalui service center.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Reparasi Komputer dan Service Laptop

 

Usaha kecil kecilan yang lagi hits: Ojek Online

Ojek online
Image By familymoneyplan.com

 

Menjadi pengemudi grab salah satu cara yang bagus saat ini bagi orang-orang untuk memulai bisnis kecil mereka sendiri, berkendara sambil menghasilkan uang.

Grab bukan lagi satu-satunya untuk mengawali usaha kecil. Ada beberapa seperti GOJEK yang perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki motor atau mobil dan ingin usaha kecil kecilan sambil kerja.

Namun sebelumnya, Anda harus melewati persyaratan tertentu seperti pemeriksaan latar belakang dan memiliki SIM atau kendaraan pribadi. Prosesnya bervariasi menurut perusahaan, tetapi sebagian besar tidak ribet dan layak untuk dilakoni jika tujuannya adalah bekerja untuk diri sendiri.

Baca juga: Peluang Usaha Menggunakan Mobil

 

Jual Beli Mobil Bekas

Jual Beli Mobil Bekas
Image By total-croatia-news.com

 

Ini adalah ide bisnis lain yang muncul terutama di negara-negara yang berkembang pesat di mana ada beberapa keluarga kelas menengah yang tidak mampu membeli mobil baru. Bahkan hanya mampu untuk kredit mobil bekas.

Inilah kesempatan, Anda dapat membeli mobil bekas kemudian reparasi kembali seperti mempoles atau ganti warna dan menjualnya dengan untung.

Seperti dari keluarga istri saya yang membuka layanan jasa poles mobil serta perbaikan, ia memiliki langganan khusus yang membeli mobil bekas kemudian bekerja sama untuk mempercantik mobil tersebut lalu di jualnya kembali dengan harga yang menguntungkan.

Bahkan jika Anda tidak berniat membeli mobil bekas, Anda dapat membuat pembeli dan penjual bertemu dan membebankan biaya komisi kepada Anda.

 

Mengajar Bahasa Inggris dari rumah

Mengajar Bahasa Inggris dari rumah
Image By blog.gaijinpot.com

 

Baru-baru ini saya bertemu dengan seorang guru bahasa Inggris dan bertanya di mana dia mengajar. Tanggapannya?

“Oh tidak, saya bekerja dari rumah dan mengajar siswa di rumah saya sendiri.”

Apa????

Mengajar Bahasa Inggris dulu merupakan pekerjaan dan bertujuan hanya untuk orang tertentu sebagai alasan untuk bepergian.

Namun sekarang tidak lagi! Saat ini, jika Anda memiliki ruangan yang bisa di manfaatkan di dalam rumah, mengapa tidak untuk membuka les privat bahasa inggris atau bisa memanfaatkan teknologi dan mengajar siswa secara online lewat channel youtube pribadi?

 



 

@grandSPEAK adalah rumah pengajaran dan pendidikan privat bahasa inggris yang berbasis di jakarta. Banyak Orang tua secara khusus ingin anak-anak mereka belajar bahasa Inggris dari penutur asli dan pastinya lebih berpengalaman.

 

Usaha Kecil Kecilan Di Internet

 

Peluang usaha kecil-kecilan yang belum ada 15 tahun lalu, cara mendapatkan uang dari internet.

Ketika teknologi berkembang, begitu pula dengan peluang wirausaha. Berikut adalah beberapa pekerjaan di rumah yang tidak pernah dirasakan oleh orang tua kita:

 

Toko Online

Toko Online
Image By doofinder.com

 

Dulu jika Anda memiliki produk untuk dijual, Anda juga harus memiliki etalase dan semua biaya yang terkait dengannya. Saat ini, Anda dapat menjual apa saja kepada siapa saja di dunia.

Apakah Anda memasarkan penurun berat badan, madu organik dari hasil peternakan lebah di halaman belakang rumah Anda, Sirup terong belanda dan markisa dari bahan hasil perkebunan sendiri atau menjual kebutuhan yang dikhususkan untuk orang tertentu, Anda pasti menemukan pasar untuk produk Anda secara online.

Teman baik saya papatu dari MerJob telah menciptakan kursus online yang memandu orang-orang selangkah demi selangkah membangun toko online sendiri. Istrinya mampu keluar dari pekerjaannya, dan bersama-sama mengembangkan bisnis online mereka hanya dalam 6 bulan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, lihat kursusnya: Toko Online yang Menguntungkan

 

Jualan Lewat Marketplace

Jualan Lewat Marketplace
Image By brikatsuper.com

 

Gagasan bisnis online lainnya adalah dengan sekadar menjadi perantara shopee, tokopedia atau bukalapak dan sejenisnya.

Jutaan vendor menjual dagangan mereka di shopee secara online. Jika Anda dapat menemukan sumber yang tidak mahal untuk barang dagangan laku (secara hukum!), Anda dapat masuk ke bisnis ini.

 

Fiverr

Fiverr
Image By fiverr.com

 

Dengan munculnya Fiverr, saya melihat cara baru untuk menetapkan dan menerima pekerjaan sampingan buat anda yang memiliki hobi atau kemampuan dalam hal desain.

Fiver sendiri merupakan wadah untuk orang-orang yang memiliki keahlian desain seperti membuat logo dan sebagainya untuk menghasilkan uang dengan cara mengambil penawaran yang sudah di sediakan.

 

Usaha kecil kecilan dari affiliate marketing

affiliate marketing
Image By bluefountainmedia.com

 

Jika Anda sudah memiliki situs web atau blog Anda sendiri, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjadi afiliasi.

Anda dapat menjual produk secara langsung dan mendapatkan uang, atau Anda dapat mendaftar orang lain sebagai afiliasi, seperti pemasaran multi-level.

Itulah usaha kecil kecilan yang menguntungkan, mudah dilakukan dan laris oleh pembeli. Semoga bermanfaat bagi anda semua dalam menambah wawasan keilmuan bisnis dan wirausaha.

Tetaplah semangat sebab rejeki sudah diatur oleh Allah SWT. Tugas kita hanyalah mencarinya. Saran saya sih mulailah anda belajar bisnis sekarang. Belajar menghasilkan uang dari usaha kecil kecilan. Kalau tidak sekarang kapan lagi?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: