Belajar Usaha Sablon Kaos Satuan Sederhana Untuk Pemula

Belajar membuka usaha sablon kaos satuan – Mencoba untuk membuka usaha sablon/cetak baju satuan sederhana dari tingkat nol bukanlah hal yang mudah, apalagi jika usaha tersebut dilakukan seorang diri tanpa adanya dukungan dari pihak lain.



 

Namun memulai usaha dari tingkat nol juga bukan hal yang mustahil, karena banyak diantara pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol dan tanpa bantuan pihak lain tentunya dengan kerja keras dan proses yang tidak sebentar.

Baca juga: Tips Sukses Cara Membuka Usaha Sendiri Di Rumah Paling Jitu

 

usaha sablon kaos satuan
Image source: reinfalldesign.com

 

Ada banyak jenis usaha yang dapat dilakukan kala ini, salah satunya adalah usaha sablon kaos.

Membuka usaha sablon baju satuan tentu perlu kematangan dalam memulainya, persiapan yang dilakukan serta hal apa saja yang perlu dilakukan sangat penting untuk diketahui ketika akan memulai usaha termasuk di dalamnya ketika akan memulai usaha sablon baju / kaos.

 

Persiapan Sebelum Membuka Usaha Sablon Kaos Satuan



 

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan memulai usaha sablon baju, diantaranya :

 

1. Keberanian dan pengetahuan memulai usaha

Hal terpenting dalam memulai usaha sablon baju ini adalah keberanian Anda dalam memulai usaha, karena meskipun modal sudah ada, lokasi strategis sudah tersedia, dukungan sudah diterima, peralatan sudah tersedia dengan lengkap namun tidak memiliki keberanian untuk memulai maka hal tersebut sia-sia belaka.

Selain keberanian, pengetahuan Anda dalam melakukan usaha juga sangat penting, jangan sampai Anda memulai usaha sablon baju ini namun tidak tahu sama sekali mengenai masalah sablon menyablon.

 

2. Menyediakan tempat untuk usaha sablon

Tempat usaha merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan di awal sebelum memulai usaha sablon kaos ini, tentunya sangat penting baik calon pengusaha untuk mempersiapkan tempat yang layak dan juga nyaman.

Selain itu, penempatan tempat di lokasi yang strategis juga sangat penting untuk dilakukan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap penghasilan Anda nantinya.

Selain itu, lokasi yang strategis dapat lebih mudah dalam menarik pelanggan.

 

3. Dana / modal usaha

Untuk memulai usaha, tentunya Anda memerlukan dana di dalamnya. Dana ini digunakan untuk menyediakan berbagai kebutuhan dalam menjalankan usaha sablon baju yang Anda kelola, seperti untuk pembelian mesin sablon, baju, gaji karyawan, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan tentunya.

Jika Anda benar-benar yakin dengan usaha yang dilakukan, Anda dapat melakukan pinjaman dana kepada pihak lain untuk memulai usaha ini.

Baca juga: Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha

 

4. Menyediakan peralatan dan bahan untuk sablon baju

Alat dan bahan sablon baju tentu sangat penting disediakan sedari awal, karena alat dan bahan ini menjadi hal yang utama ketika sablon baju mulai beroperasi.

Peralatan dan bahan untuk sablon baju disesuaikan dengan jenis sablon atau tawaran jasa sablon yang Anda tawarkan, misalnya Anda hanya menawarkan jasa sablon baju untuk bahan katun saja.

Maka secara otomatis peralatan dan bahan yang disediakan hanya untuk sablon baju dengan bahan katun saja.

 

5. Promosi

Dalam memulai usaha, penting tentunya dalam melakukan kegiatan promosi kepada masyarakat luas.

Tujuannya agar masyarakat tahu bahwa Anda tengah membuka usaha sablon baju ini, selain itu promosi juga memiliki tujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar melakukan sablon baju di tempat Anda.

Ada banyak jenis kegiatan promosi yang dilakukan, seperti misalnya dengan membuat banner, brosur, memberikan diskon, atau kegiatan promosi lainnya yang sekiranya menarik perhatian masyarakat.

 

6. Terapkan sifat ulet dan kerja keras serta pantang menyerah

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya kita akan dihadapi dengan berbagai masalah yang timbul nantinya.

Oleh karenanya, sikap pantang menyerah perlu diterapkan dalam memulai usaha apalagi usaha pertama yang tentunya minim akan pengalaman.

Kerja keras dan sikap ulet dalam memulai usaha sangatlah penting, terlebih lagi ketika masa-masa awal dalam memulai usaha.

 



 

Memiliki sebuah usaha adalah hal yang wajib sebagai seorang masyarakat, entah itu jenis usaha apapun yang dapat dikerjakan dan tentunya baik.

Untuk memulai sebuah usaha, diperlukan beberapa hal yang dilakukan ataupun dipersiapkan yang matang agar usaha tersebut nantinya dapat berjalan dengan lancar dan dapat berkembang baik.

Usaha yang satu ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat, hasil atau keuntungannya lumayan besar dan tentunya sangat cukup untuk menambah penghasilan sampingan ataupun dapat dijadikan sebagai penghasilan utama untuk biaya kehidupan.

 

3 Jenis Usaha Sablon Kaos Satuan



Setidaknya terdapat 3 macam cara sablon kaos yang biasanya kita temukan yaitu sablon digital/polyflex, sablon DTG dan sablon manual.

Berikut penjelasannya dan juga perkiraan biaya/modal awal yang anda harus persiapkan.

 

Sablon Digital/Polyflex

usaha sablon kaos satuan dengan mesin press polyflex
Image source: kaosdistroimport.blogspot.com

 

Sablon Digital/Polyflex merupakan sablon dengan cara mencetaknya menggunakan alat press. Dan adapun alat/perlengkapan yang dibutuhkan adalah:

  • Laptop/komputer
  • Printer
  • Kertas transfer (transfer paper)
  • Mesin Press Polyflex
  • Mesin cutting (pemotong)
  • Polyflex ( Stiker atau Media yang menempel )
  • Dan Alat Pengelupas

 

Kelebihan sablon polyflex adalah biaya yang lumayan murah untuk satu kali produksi atau mencetak kaos serta proses cetak juga cepat.

Kekurangan adalah tidak bisa mencetak banyak dan tidak bisa cetak gradasi warna hanya satu warna. Dan jika alat press yang akan digunakan suhu panasnya tidak teratur maka akan mengakibatkan bahan polyflex mudah terangkat dari kaos saat di cuci.

Jadi untuk mesin pressnya harus selalu terawat dan bahan polyflexnya juga harus yang benar-benar asli.

Perkiraan modal: sekitar Rp. 10.000.000,- lebih (belum termasuk laptop/komputer kalau belum punya).

 

Sablon Printer Direct To Garmen ( DTG )

usaha sablon kaos satuan dengan printer DTG
Image source: printerdtg-vjet.com

 

Sablon Direct To Garmen ( DTG ) merupakan sablon dengan cara cetak menggunakan printer khusus untuk cetak baju kaos saja. Jadi tidak membutuhkan lagi kertas transfer (transfer paper) tapi masih membutuhkan Komputer / Laptop untuk mengoperasikan.

Tinggal di pasang di tempat yang sudah di sediakan pada printer khusus ini. Untuk jenis tinta printer DTG yang dipakai adalah tinta textil namun bervariasi.

Kelebihan jenis sablon DTG adalah hasil cetak pada kaos sangat tajam dan bisa cetak gradasi warna atau mencetak gambar layaknya photo. Dan juga cepat digunakan untuk sablon kaos.

Kekurangannya jenis sablon DTG adalah modal/biaya awal terbilang cukup besar dari jenis sablon polyflex. Untuk harga per unit mesin printer DTG yang baru paling murah dan termasuk bagus yang saya cek di shopee adalah sekitar Rp. 14.000.000,-.

Perkiraan modal sekitar Rp. 15.000.000,- lebih (belum termasuk laptop/komputer kalau belum punya).

 

Sablon Manual

usaha sablon kaos satuan secara manual
Image source: wecanmag.com

 

Untuk membuka usaha kaos sablon manual, perlengkapan utama yang diperlukan adalah mesin sablon manual.

Berikut analisa perkiraan modal usaha kaos sablon manual.

Untuk modal usaha yang diperlukan ketika akan memulai usaha kaos secara manual ini sangat beragam, seperti misalnya modal untuk sewa tempat jika tidak memiliki tempat usaha untuk sablon namun jika tempat sudah tersedia modal untuk sewa tempat tidak diperlukan.

Setidaknya dibutuhkan modal Rp. 5 juta untuk anggaran sewa tempat usaha, besar kecilnya harga sewa ditentukan dari tempat sewa dan lokasi tempat sewa itu sendiri.

Selain dari tempat usaha, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini selanjutnya adalah instalasi listrik baru.

Hal ini sebenarnya tidak harus dilakukan, namun sebagai pencegahan jika tidak tersedia maka biaya untuk instalasi listrik baru ini perlu dianggarkan.

Modal yang diperlukan kita asumsikan sekitar Rp. 1 juta, mungkin biaya ini dapat lebih besar disesuaikan dengan besar kebutuhan tempat usaha.

Kemudian modal yang berikutnya yakni untuk membeli perlengkapan dari peralatan administrasi, termasuk di dalamnya untuk pembelian peralatan seperti komputer dan juga printer untuk ukuran A4.

Anggaran untuk pembelian perlengkapan peralatan ini berkisar minimalnya Rp. 4 juta.

Jika ditotalkan, setidaknya untuk sementara kebutuhan modal pembukaan usaha kaos sablon berkisar Rp. 10 juta.

Modal yang diperlukan ini belum termasuk perlengkapan mesin sablon dan juga peralatan lainnya, untuk kebutuhan peralatan untuk kaos sablon.

 

Rincian biaya usaha sablon manual

Berikut ini rincian biaya untuk membuka usaha kaos sablon manual, diantaranya:

  • Alat untuk sablon kaos dengan menggunakan model rame presisi dengan isi paket 50, harganya Rp. 775.000.
  • Triplek sebanyak 10 lembar untuk kebuthan 50 papa kaos bahan, biaya yang dibutuhkan Rp. 440.000.
  • Lem aibon, harganya sekitar Rp. 25.000.
  • Screen sablon kaos T55 dengan ukuran 40 x 50 sebanyak 6 buah, harganya Rp. 210.000.
  • Screen sablon kaos T61 dengan ukuran 40 x 50 sebanyak 6 buah, harganya Rp. 240.000.
  • Rakel sablon kaos dengan ukran panjangnya 37 cm sebanyak 1 buah, harganya Rp. 185.000.
  • Rakel sablon kaos dengan ukran panjangnya 25 cm sebanyak 1 buah, harganya Rp. 125.000.
  • Isolasi yang lebar sebanyak 1 pak, harganya Rp. 25.000.
  • Adukan adonan roti 1 lusin, harganya Rp. 12.000.
  • Meja sablon kombinasi dengan meja afdruk standart plus sebanyak 6 buah TL 20 watt terbuat kayu mahoni dengan ukuran 2 meter x 1 meter, harganya Rp. 1 juta (bisa diganti dengan harga yang lebih murah).
  • Obat afdruk medium EMKASOL sebanyak 2 botol, harganya Rp. 80.000.
  • Semprotan air tudor sebanyak 1 buah, harganya Rp. 16 ribu (bisa diganti dengan yang lebih biasa).
  • Mesin semprotan air, harganya Rp. 900.000.
  • Mesin press dengan kualitas terbaik, harganya Rp. 3.600.000.
  • Dan masih banyak lagi perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

 

Perkiraan modal sekitar Rp. 40.000.000,- lebih.

Setidaknya ketika akan membuka usaha ini berkisar Rp. 20 – 40 jutaan lebih, termasuk di dalamnya perlengkapan yang lebih kecil.

*Harga tersebut hanyalah perkiraan saja. Mungkin bisa lebih mahal lagi untuk saat ini.

Jadi banyaknya modal untuk usaha sablon kaos satuan ini juga ditentukan dari alat atau jenis sablon mana yang ingin anda terapkan nanti. Sebab semakin mahal alat sablon yang anda pilih maka semakin besar juga modal awal yang harus anda siapkan.

Namun kalau anda termasuk pemula sebaiknya pilih cara sablon menggunakan alat polyflex terlebih dulu. Nanti kalau sudah banyak konsumen berdatangan dan sudah banyak pelanggan, baru kemudian anda tingkatkan ke level selanjutnya. Semoga bermanfaat…

%d blogger menyukai ini: